Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketika Sudah Menikah Tapi Belum Dikaruniai Anak, Ini Hikmahnya

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya ketika sudah menikah namun tidak segera bisa punya anak karena beberapa alasan.

Ketika Sudah Menikah Tapi Belum Dikaruniai Anak, Ini Hikmahnya


Setiap orang yang berkomitmen untuk menikah adalah untuk hidup bersama antara dua insan yang saling mencintai, namun selain itu menikah juga punya tujuan untuk punya keturunan atau anak.

Kadang hidup orang ada yang mudah, dimana setelah menikah sudah bisa punya anak, bahkan ada yang terpaksa menikah karena yang wanita sudah hamil duluan.

Namun ada juga pasangan yang sudah menikah, tidak serta merta bisa langsung hamil dan punya anak, jangan kan pengantin baru, bahkan ada juga yang sudah menikah puluhan tahun, masih belum bisa punya anak dengan berbagai faktor penyebab (menurut orang Bali dan pengalaman saya) yang sudah saya tulis pada tulisan saya sebelumnya disini.

Bagi saat ini yang sedang berjuang garis dua, saya doakan semoga segera bisa mendapatkannya. Pengalaman saya juga begitu, setelah menikah istri tidak bisa langsung hamil, singkat cerita, setelah lima tahun lebih baru bisa punya anak. Saya sudah pernah menulisnya di blog ini dengan judul Perjuangan Panjang untuk Punya Anak.

Dari kejadian itu mungkin ada beberapa hal atau hikmah yang bisa saya dapatkan. Mungkin ada yang berfikiran sama dengan saya, dimana kita harus melihat juga dari segi positifnya dari setiap kejadian. Kalau dari segi negatifnya mungkin gak perlu di bahas lagi.

Biasanya kalau pasangan yang sudah nikah tapi belum punya anak, paling banyak dapat pertanyaan seperti ini "udah lama nikah kok belum hamil?" atau bisa juga "kapan nih mertuanya dibuatin cucu?" dan pertanyaan lain yang seharusnya tidak perlu ditanyakan.

Nah bagi saya ada beberapa hal positif atau keuntungan yang bisa kita dapatkan kalau belum punya anaka setelah menikah.
  1. Paling pertama kita pastinya bisa menjadi orang yang sabar dari kejadian ini, karena setiap ujian / cobaan yang diberikan kepada kita, maka sudah pasti ada hikmahnya dan ada pelajaran yang bisa kita dapatkan dan berguna di kemudian hari, baik bagi diri kita atau orang lain.
  2. Kita akan menjadi orang yang akan terus berjuang tanpa putus asa, meski harus mengorbankan waktu, tenaga dan bahkan materi yang tidak sedikit, tapi selalu saja ada limpahan rezeki untuk semua itu.
  3. Memiliki masa pacaran yang lebih, nikmatilah masa-masa berdua lebih lama sebelum ada buah hati. Apa lagi saya dulu pacaran cuma dua bulan saja, langsung nikah. Kita bebas jalan-jalan kemana saja berdua. Karena pengalaman saya, ketika sudah ada anak, maka waktu akan fokus ke anak, apalagi anak masih kecil / balita.
  4. Saat menikah mungkin keluar biaya yang banyak, bahkan mungkin sampai ada punya hutang, jadi ketika kita belum punya anak, maka kita bisa fokus dulu menabung untuk keperluan anak kita nanti atau melunasi hutang yang dipakai untuk biaya menikah. Jadi ketika kita sudah diberikan anak, jadi kita sudah punya persiapan biaya untuk lahiran, upacara anak dan lain-lain.
  5. Namanya hidup, bukan kita sendiri saja yang punya masalah belum punya anak setelah lama menikah. Nah kita juga bisa dijadikan bahan referensi bagi pasangan muda yang baru menikah namun punya masalah yang sama yakni sudah beberapa bulan/tahun menikah belum punya anak. Kadang ada orang bertanya "dulu susah punya anak, sekarang sudah bisa punya anak, berobat dimana?" nah seperti poin yang satu di awal, kita bisa punya pelajaran/pengalaman yang bisa kita bagi ke orang lain. Karena saya juga begitu, bertanya kepada orang yang punya pengalaman yang sama.
  6. Ketika nanti punya anak dipastikan kita akan sudah benar-benar siap baik secara materi dan juga mental. Karena kita sudah punya banyak waktu untuk persiapan. Saya yakin ketika kita belum diberikan buah hati, Tuhan menganggap kita belum siap untuk punya anak, terutama mental, saya percaya itu. Nah jika sudah waktunya, pasti akan ada dikaruniai anak.
  7. Nah itulah beberapa hikmah yang bisa kita petik ketika sudah menikah tapi belum punya anak, intinya kita harus tetap berusaha dan berdoa semoga bisa segera diberikan momongan.
Nah itulah hikmah yang bisa kita petik ketika sudah menikah namun tidak serta merta di berikan momongan. Ini adalah  berdasarkan pengalaman pribadi saya atau opini saya pribadi, jika masih ada yang kurang, silakan tambahkan pada kolom komentar, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Ketika Sudah Menikah Tapi Belum Dikaruniai Anak, Ini Hikmahnya"