Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 9 Lagu Bali Tentang Ogoh-Ogoh Saat Ngerupuk

Akriko.com - Halo Semetons jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan informasi tentang lagu Bali yang bertemakan Ogoh-ogoh dari yang baru sampai yang legend.


Ogoh-ogoh merupakan seni bentuk yang dibuat menyerupai raksasa atau makhluk seram lainnya yang di identikkan dengan butha kala dan di arak saat hari pengerupukan sehari sebelum Nyepi.

Seni ogoh-ogoh ini tidak bisa lepas dari perayaan Nyepi, karena merupakan bagian dari rangkaian hari Nyepi untuk menyambut tahun baru Caka bagi umat hindu.

Biasanya saat pengarakan ogoh-ogoh diringi dengan gamelan beleganjur atau music lainnya seperti kulkul dan lain-lain supaya suasana menjadi ramai.

Selain memakai music tradisional, juga ada memakai musik modern dengan lagu-lagu yang bernuansa ogoh-ogoh. Lagu pop bali yang bernuansa ogoh-ogoh sudah ada sejak tahun 1990an. Nah berikut ini adalah daftar lagu bali yang bernuansa ogoh-ogoh, baik yang baru atau pun yang legend.

  1. Ogoh-ogoh (lestarikan budaya bali) dari Gepp TV, lagu Bali yang diunggah di youtube pada tahun 2018 lalu, merupakan salah satu lagu Bali yang liriknya tentang ogoh-ogoh. Lagu yang diciptakan dan juga dinyanyikan oleh Surya Dirawan ini sudah ditonton lebih dari 15 juta kali.
  2. Ogoh-ogoh dari Mr Botax yang merupakan bassis dari band Lolot, kali ini Mr botak mengeluarkan single tentang ogoh-ogoh, lagu ini sudah ada sejak 12 tahun lalu, namun mungkin belum banyak orang yang tahu tentang lagu ini, meski sudah lama diunggah di Youtube, lagu ini baru ditonton sekitar 3,2 juta kali.
  3. Ogoh-ogoh dari Joni Agung & Duouble T Band, lagu ini juga bertema tentang ogoh-ogoh, lagu ini sudah diunggah di Youtube sejak 4 tahun lalu, sampai saat ini lagu ini baru ditonton sebanyak 152 ribu kali.
  4. Tilem Kesanga dari Trio M.A.G Pro mungkin lagu ini lagu terbaru tentang Ogoh-ogoh, karena lagu ini baru diunggah sekitar 2 minggu lalu di Youtube dan baru ditonton sekitar 33ribu kali.
  5. Ogoh-ogoh dari Widya Etnik Band Official, lagu ini juga salah satu lagu Bali yang bertema ogoh-ogoh, lagu ini sudah diunggah di Youtube sejak 5 tahun lalu dan sudah di tonton sekitar 246ribu kali.
  6. Lagu Ogoh-ogoh dari Yantino Music Bali, lagu ini merupakan lagu paling baru tentang ogoh-ogoh karena baru diunggah pada tanggal 20 Maret 2023, namun lagu ini nadanya mirip dengan lagu bali lawas yakni lagu Ngelud-ngeludin dari Mang Wi, lagu ini sudah di tonton sekitar 10 ribu kali.
  7. Ogoh-ogoh dari Meneer merupakan lagu Bali tentang ogoh-ogoh, lagu ini sudah diunggah pada 5 tahun lalu, sampai saat ini lagu ini sudah ditonton lebih dari 25 ribu saja.
  8. Ogoh-ogoh dari Avara, lagu ini juga lagu yang bernuansa Ogoh-ogoh dengan aliran musik rock, lagu ini sudah ada di youtbe sejak 4 tahun lalu dan sudah di tonton sebanyak 14 ribu kali.
  9. Ogoh-ogoh dari Yan Bero dan Okid Kress, nah lagu Bali ini merupakan lagu legend tentang ogoh-ogoh, lagu ini sudah ada sejak tahun 1990an dan sampai sekarang lagu ini tidak pernah bosan untuk didengarkan, apalagi menjelang ngerupuk, wow, dengan lagu ini ngerupuk jadi lebih seru.
  10. Bonus satu lagu ciptaan admin sendiri dengan judul Ogoh-Ogoh, silakan cek di channel Kriana Patih, Suksma
Itulah sembilan lagu Bali yang bernuansa Ogoh-ogoh, jika ada lagu Bali tentang ogoh-ogoh yang belum masuk ke daftar ini, silakan informasikan pada kolom komentar, terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Inilah 9 Lagu Bali Tentang Ogoh-Ogoh Saat Ngerupuk"