Cara Benar Unggah Video di Youtube

Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini  saya akan memberikan sedikit tips tentang cara benar unggah video pada channel Youtube, supaya hasilnya maksimal pada daftar hasil pencarian. Mungkin unggah video di youtube terlihat sederhana dan mudah. Namun ada hal mendalam yang perlu diperhatikan dan itu pun sudah disediakan oleh pihak Youtube.

Cara Benar Unggah Video di Youtube

Yang terpenting disini ada beberapa hal yang harus ada saat unggah video ke Youtube, salah satunya yang penting adalah kata kunci pada deskripsi dan juga pada tagar. Nah seperti apa dan seberapa penting kata kunci ini pada saat unggah video pada channel Youtube?

Baiklah saya tidak akan berlama-lama lagi, seperti apa cara benar unggah video di channel Youtube, silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.
  • Pastikan format videonya diterima oleh Youtube dan juga untuk unggah yang lebih mudah seperti format mp4.
  • Silakan ubah nama file video yang akan diunggah sesuai dengan nama judul yang akan dipakai di channel Youtube. Misalnya judul video yang akan dipakai adalah "Lagu Bali Ulian Pipis - Made Kri" maka untuk nama file videonya silakan ubah menjadi Lagu Bali Ulian Pipis.
  • Saat unggah video pastikan koneksi Internetnya bagus, supaya unggah videonya berjalan lancar.
  • Nah setelah selesai unggah dan video belum dipublish ada beberapa hal yang harus diisi dengan benar seperti di bawah ini:
    • Info dasar, pada Info dasar ini ada Judul dari video, judul diusahakan untuk singkat padat dan jelas, sesuai dengan isi video, jangan bikin judul klikbait, yang bisa membuat penonton kecewa.
    • Deskripsi, pada kolom deskripsi ini juga harus menceritakan tentang apa yang ada pada video itu, misalnya kalau lagu Bali, setidaknya berisi tentang judul lagu itu dan juga sedikit cerita tentang lagu itu dan paling penting lagu itu lagu apa, lagu bali aliran apa dan siapa penyanyinya, termasuk info lainnya seperti siapa penciptanya, komposer musiknya dan siapa direktor videonya dan lain-lain.
    • Setelah itu ada tagar / tag, bagian ini berfungsi untuk konten keterkaitan dan juga sesuaikan dengan video yang diunggah, misalnya kalau lagu Bali, setidaknya ada tag dengan kata #Lagu Bali, Musik Bali, Pop Bali, video lagu bali, termasuk nama penyanyinya juga dimasukkan sebagai tag.
    • Selanjutnya ada Terjemahan, jika memungkinkan maka silakan aktifkan terjemahan ini, jika tidak maka biarkan saja.
    • Selanjutnya ada setelan lanjutan, pada bagian ini juga ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Yang paling penting pada bagian ini adalah Kategori, jika yang diunggah adalah video musik maka sudah pasti masuk ke kategori Musik. Biasanya banyak yang tidak mempedulikan ini, sehingga video yang diunggah salah kategori. Selanjutnya adalah Bahasa, dan juga kapan video ini direkam, silakan isi dengan benar kedua kolom itu.
  • Selain itu ada juga fitur lain yang bisa dimanfaatkan yakni fitur Thumbnail, silakan buat Thumbnail video dengan bagus, supaya terlihat bagus di hasil pencarian.
Jika semua itu sudah diisi dengan benar, lalu apa pengaruhnya terhadap video? tentu saja ada pengaruhnya, terutama dari hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Misalnya jika video yang dicari adalah video lagu Bali dan kemudian ada penonton yang mencari lagu Bali dengan kata kunci "Lagu Bali" pada kolom pencarian, maka sudah pasti video yang diunggah akan muncul pada daftar hasil pencarian. Selain itu jika ada yang mencari video berdasarkan kategori musik maka video juga akan muncul.

Saya sering mengalami kendala untuk mencari lagu-lagu Bali yang baru di youtube, ketika saya mencari dengan kata kunci "Lagu Bali" maka ada beberapa video yang tidak muncul karena saat diunggah tidak berisi kata kunci Lagu Bali. Oleh sebab itu saya kesusahan untuk mencari lagu bali terbaru untuk saya dengarkan dan saya tulis liriknya di blog saya yang khusus menulis lirik lagu Bali terbaru.

Jadi jika ada video lagu Bali yang diunggah di Youtube tapi tidak memiliki kata kunci lagu Bali maka akan susah ditemukan dalam hasil pencarian dengan kata kunci Lagu Bali, meskipun sudah di filter dengan sub pencarian yang diurutkan dengan tanggal upload di Youtube.

Sebagai contoh, hari ini saya mencari lagu Bali terbaru dengan kata kunci "Lagu Bali" dan difilter dengan tanggal upload minggu ini, hasilnya adalah banyak lagu Bali baru yang diunggah pada rentang waktu itu tidak muncul pada hasil pencarian. Contohnya, lagu Janji Suci yang video klipnya diunggah minggu lalu, tidak muncul pada hasil pencarian, hal itu pasti karena pada video itu, baik pada judul, deskripsi dan tag tidak ada menulis kata lagu Bali.

Jadi tips di atas adalah untuk memaksimalkan di hasil pencarian video di Youtube, silakan coba trik diatas untuk memaksimalkan hasil pencarian video di Youtube dengan menambahkan kata kunci yang relevan dengan video, misalnya untuk kata kunci lagu bali yang relevan adalah Musik Bali, pop Bali, dan lain-lain.

Selain beberapa hal diatas, ada juga beberapa hal yang mempengaruhi hasil pencarian, misalnya umur channel Youtube Anda. Jika umurnya masih muda maka susah untuk tampil di hasil pencarian. Nah itulah tips kali ini tentang cara benar unggah video pada channel Youtube, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Benar Unggah Video di Youtube"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel