Pengalaman Perpanjangan SIM C di SIM Keliling Badung

Halo Brosis, Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi ketika kita akan berkendara di jalan raya. SIM bisa kita dapatkan jika sudah cukup umur untuk memilikinya dan juga sudah melewati beberapa tes saat mencari SIM perdana di satpas. SIM perdana hanya bisa diterbitkan di Satpas, untuk pelayanan SIM Keliling hanya melayani perpanjangan SIM A dan C saja tidak bisa menerbitkan SIM baru.

Pengalaman Perpanjangan SIM C di SIM Keliling Badung

Namun meski SIM merupakan syarat wajib kadang ada juga orang yang malas untuk mencari SIM dengan alasan karena ribet mengurus SIM baik untuk SIM perdana maupun perpanjangan. Untuk perpanjangan masa berlaku SIM A dan C sekarang sudah mudah sekali karena adanya SIM Online. Seperti saya yang KTP Buleleng bisa perpanjang SIM di SIM Keliling kabupaten Badung.

Sebagai informasi, syarat untuk perpanjangan SIM C adalah Fotokopi KTP, SIM asli dan fotokopian, surat keterangan sehat dan psikologi dari Dokter yang ditunjuk oleh Polri. Nah dengan empat persyaratan tersebut kamu sudah bisa perpanjangan masa berlaku SIM kamu sampai lima tahun kedepan.

Jadwal hari ini 19 Januari 2019 SIM Keliling kabupaten Badung berlokasi di kantor Camat Kuta Utara yang mulai buka pukul 08.00 Wita sampai pukul 13.00 WIta, jadi saya putuskan untuk berangkat kesana pada pukul 07.30 wita dan sampai disana pukul 07.50 wita dan mobil SIM keliling belum terlihat. Namun sudah ada petugas di sana. Setelah beberapa menit menunggu akhirnya mobil SIM keliling datang

Langsung saya samperin Bapak itu di Balebengong itu, saya langsung bertanya, "Permisi Pak, saya KTP Buleleng bisa perpanjang SIM disini? dia menjawab " KTP bapak sudah elektronik, kalau iya, bapak bisa perpanjang SIM disini". Setelah itu langsung fotocopi SIM dan KTP dan juga isi formulir pengajuan perpanjangan SIM. Disini kita bayar Rp 10.000 untuk biaya fotokopi KTP, SIM, formulir dan juga MAP.

Setelah itu isi formulir dengan lengkap, jika ada yang belum jelas, silakan tanyakan saja kepada petugas itu. Setelah selesai isi formulir jangan lupa isi tanda tangan, silakan masukkan SIM lama Anda pada map tersebut. Setelah itu akan dipanggil untuk tes kesehatan dan psikologi.

Setelah mendapat giliran saya untuk tes kesehatan dan Psikologi, saya pun duduk di dekat Bapak yang memeriksa tersebut. Karena saya sudah membawa surat keterangan sehat dan psikologi yang saya cari di RSUD Wangaya, maka saya mencoba untuk tidak diperiksa lagi supaya tidak bayar lagi. Ternyata surat keterangan sehat dan psikologi tersebut tidak berlaku dan saya harus tetap diperiksa disana. Sempat disuruh untuk datang ke Poltabes membawa surat tersebut, namun saya putuskan untuk diperiksa saja.

Pengalaman Perpanjangan SIM C di SIM Keliling Badung
Petugas tes kesehatan dan tes psikologi di Lokasi SIM Keliling
Tes kesehatan hanya di cek tekanan darah saja sedangkan untuk cek psikologi hanya di suruh menggambar manusia secara utuh dan saya harus membayar biaya cek kesehatan Rp 25.000 dan Psikologi Rp 90.000 jadi total membayar tes kesehatan dan Psikologi Rp 115.000,- dan uang saya pun tinggal Rp 50.000 padahal budgetnya sudah pas untuk membayar SIM saja. Setelah itu saya pun harus keluar mencari mesin ATM untuk mengambil uang tunai karena uang saya kurang untuk bayar SIM C.

Pengalaman Perpanjangan SIM C di SIM Keliling Badung
Jadwal SIM Keliling, perhatikan syaratnya ada tulisan yang ditunjuk Polri.
Kenapa surat kesehatan dan psikologi yang saya cari di RSUD Wangaya tidak berlaku? karena RSUD Wangaya bukan rumah sakit yang ditunjuk oleh Polri. Sempat saya berdebat disana, kenapa tidak ada sosialisasi untuk tempat mencari surat keterangan sehat dan psikologi yang ditunjuk oleh Polri. Atau pada pengumuman informasi SIM keliling, langsung saja isi tulisan, Tidak usah bawa surat keterangan sehat dan Psikologi, karena sudah disiapkan di SIM Keliling. Jika sudah begitu maka pencari SIM tidak akan bingung dan buang-buang uang untuk sesuatu yang tidak berguna.

Setelah selesai tes, maka map tadi langsung diberikan kepada petugas yang ada di dalam mobil SIM keliling. Setelah mendapat giliran maka akan dipanggil oleh petugas. Akhirnya saya pun mendapat giliran masuk ke dalam mobil SIM keliling. Saat didalam mobil, kita akan ditanya data diri kita apakah sudah sesuai. Setelah itu kita di foto, kemudian ambil sidik jempol kiri dan kanan dan terakhir tanda tangan.

Setelah itu kita tunggu lagi beberapa menit maka SIM kita sudah selesai, eits... sebelum SIM diberikan oleh petugas, kita harus bayar dulu sebesar Rp 75.000 untuk biaya perpanjangan SIM C. Nah setelah itu SIM C pun diserahkan oleh petugas tersebut dan perpanjangan SIM C pun sudah selesai. Tidak perlu waktu lama untuk perpanjangan SIM disini, kurang dari satu jam SIM C kita sudah selesai.

Jadi bagi kamu yang akan memperpanjang SIM di SIM keliling maka sebaiknya tidak usah bawa surat keterangan sehat dan psikologi karena sudah ada dipersiapkan petugas disana untuk cek kesehatan dan psikologi. Nah itulah cerita saya saat perpanjangan SIM C di SIM keliling Badung dengan total biaya sebesar Rp 115.000 + Rp 75.000 + Rp 10.000 = Rp 200.000,- murah banget bukan? semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Perpanjangan SIM C di SIM Keliling Badung"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel