Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merekam Video dengan HP memakai Mic External

Akriko.com - Kegiatan rekam-merekam video dengan kamera HP memang sangat mengasikkan, apalagi saat ini mungkin masih bisa dikatakan dengan adanya demam Vlog dimana setiap kegiatan sehari-hari sebisa mungkin divideokan dan hasilnya diedit dulu atau langsung diunggah di media sosial.

Merekam Video dengan HP memakai Mic External
Foto: keepo.me

Untuk proses merekamnya itu kadang orang memakai kamera action atau bisa juga dengan memakai kamera HP dan hasilnya juga cukup bagus karena saat ini resolusi kamera HP sudah sangat bagus untuk merekam sebuah video.

Kadang dalam waktu tertentu kita tidak bisa mendapatkan hasil audio yang bagus atau jelas dari video yang direkam mungkin karena jaraknya agak jauh dan mungkin juga bising. Oleh sebab itu hasil rekaman video menjadi kurang bagus.

Video yang direkam akan memiliki nilai yang lebih baik  jika memiliki audio yang bagus. Percuma punya video yang bagus tapi kalau suaranya jelek dan tidak jelas apa yang ingin disampaikan dalam sebuah video rekaman tersebut.

Untuk mengatasi masalah itu salah satu caranya biasanya orang memakai mic external yang disambungkan ke HP. Ada yang memakai mic external dengan kabel ada juga yang wireless. Atau bisa juga memakai alat terpisah, dimana perekam video dan suara memakai alat yang berbeda dan untuk hasil video dan audio nanti di mix.

Kali ini saya akan lebih menekankan pada memakai mic external. Kadang sebuah HP Android tidak bisa serta merta merekam suara video jika memakai mic external. Biasanya kita harus memakai bantuan aplikasi lain untuk bisa merekam video memakai mic external.

Seperti yang saya alami, saya memakai OPPO A7 dan Infinix S4 untuk merekam video, untuk menghasilkan suara yang lebih bagus saya memakai mic external, namun ketika langsung dipakai merekam suara tidak mau terekam karena kamera bawaan tidak bisa memakai mic external.

Untuk itu kita bisa memakai aplikasi perekam video yang ada di Play Store, pilih yang gratis saja dan banyak pilihannya. Bisa memakai Cinema FV-5 Lite, Open Camera dan lain-lain. Kali ini saya pilih memakai Open Camera karena bagi saya aplikasi ini sangat simpel dan mudah di pakai dan mungkin karena sudah terbiasa memakai Open Camera.

Baca juga: Cara Supaya Video Open Camera Tersimpan pada SD Card

Bagi kamu yang ingin memakai aplikasi Open Camera, silakan unduh dulu Open Camera di Play Store, jika sudah selesai silakan jalankan atau buka aplikasinya. Supaya bisa merekam dengan mic external memakai aplikasi Open Camera, maka silakan cari pengaturan, silakan pilih Video Setting >> Audio Source >> External Mic (if present).



Nah itulah cara untuk merekam video dengan HP memakai mic luar. Jika sudah memakai aplikasi kamera pihak ketiga namun suara juga tidak mau masuk ke video? mungkin ada satu masalah lagi yakni cuk mic eksternal tidak cocok dengan lubang audio jack yang ada pada HP.

Baca Juga: Apa itu TS, TRS dan TRRS pada Mic?

Bagi kamu yang memakai mic clip on Boya M1, biasanya bisa langsung dicolokan di Hp atau pakai headset bawaan HP terdapat tiga lingkaran pada cuknya yang artinya jack audio itu stereo yakni satu untuk mic dan satu untuk speaker (TRRS). Sedangkan untuk mic eksternal kadang biasanya lingkar pada cuk cuma ada dua (TRS) jadi tentu tidak akan cocok dengan lubang jack audio pada HP.

Merekam Video dengan HP memakai Mic External
Contoh kabel audio splitter
Dengan demikian supaya suara mau masuk ke video lewat mic eksternal maka kita perlu satu alat lagi yakni kabel audio spliter yang dipakai untuk menyambung mic dengan HP. Bentuk kabel audio splitter ini macam-macam ada yang pisah ada juga yang gabung. Kabel audio splitter ini terdiri dari male (jack) dan female (colokan cuk mic) dan female (colokan cuk speaker). Nah itulah tambahan alat yang dipakai ketika mic eksternal tidak bisa memasukkan suara ke rekaman video dengan HP, semoga bermanfaat.

Update 27 Juli 2022:

Saat ini sudah banyak jenis / merk HP sudah suport mic external meski tidak memakai aplikasi tambahan, nah bagi kamu yang mau tahu cara memakai mic external pada HP Oppo tanpa aplikasi Open Camera silakan baca artikel tutorial saya dengan judul cara memakai mic external pada HP Oppo tanpa aplikasi Open Camera, Terima kasih
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

1 komentar untuk "Merekam Video dengan HP memakai Mic External"

  1. Thanks untuk infonya, saya cari di Youtube gak dapat-dapat dan akhirnya aku dapatnya di sini. (y)

    BalasHapus

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih