Apa itu TS, TRS dan TRRS pada Microphone?

Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya kali ini saya akan memberikan sedikit info tentang cuk audio jack atau microphone atau headset nah dari ketiga jenis benda itu maka sudah pasti memiliki bentuk yang sama namun ternyata ada beberapa perbedaan. Biasanya saat ini pada umumnya lubang audio jack pada HP memakai ukuran 3.5 mm. Selain itu ada juga ukuran yang lebih besar terutama pada Mic konvensional.

Apakah sebelumnya kamu pernah melihat tulisan TS, TRS atau TRRS pada saat membeli mic atau headset atau benda lain yang memiliki cuk audio? Nah jika kalian pernah melihatnya apakah sudah tahu apa yang dimaksud dengan TS, TRS atau TRRS tersebut?

Nah kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang TS, TRS atau TRRS tersebut, namun sebelum itu saya akan berikan kepanjangan dari singkatan tersebut. Huruf T = Tip, huruf S = Sleeve sedangkan huruf R = Ring. Jadi kepanjangan singkatan dari TS adalah Tip Sleeve, TRS adalah Tip Ring Sleeve dan TRRS adalah Tip Ring Ring Sleeve.

Nah apa arti dan fungsi dari ketiga singkatan diatas ketika kita membeli microphone atau headset atau earphone yang akan kita pakai pada HP kita? Sebelum lanjut silakan perhatikan dulu gambar di bawah ini yang menunjukkan beberapa jenis cuk mic / headset.


Seperti yang terlihat pada gambar di atas, jadi masing-masing plat/konduktor yang dibatasi lingkaran atau pemisah warna hitam/putih dan ini punya fungsi masing-masing. Umumnya untuk mic konvensional memiliki dua plat konduktor dan satu ring saja (TS) dan tidak stereo biasanya untuk mic Tape atau amplifier.

Sedangkan untuk mic stereo yang ujungnya TRS punya 3 plat konduktor yang dibatasi oleh dua ring ini punya fungsi masing-masing. Dengan bagian tip dan setelah ring pertama adalah mic kiri dan kanan, kemudian bagian sleeve sebagai ground biasanya jack ini untuk kamera yang suport mic eksternal.
.
Kemudian untuk yang TRRS ada 4 plat konduktor, dimana bagian tip dan plat setelah ring pertama biasanya untuk audio headphone kiri dan kanan, kemudian untuk bagian plat setelah ring kedua adalah untuk fungsi ground, baru pada bagian sleeve difungsikan sebagai mic mono, biasanya mic TRRS ini dipakai untuk HP.

Apakah mic TRS bisa dipakai pada HP? jawabannya tentu saja bisa namun kita perlu satu kabel lagi untuk bisa memakai Mic TRS pada HP, nama kabel itu adalah kabel audio spliter seperti pada gambar di bawah ini.


Pada gambar di atas terlihat ada tiga jenis kabel audio splitter dan semua cuknya (male) adalah TRRS jadi bisa untuk HP dan disana juga terlihat ada dua lubang (female) yang satu berfungsi untuk memasukkan mic dan satunya lagi untuk memasukkan headset / earphone. Seperti gambar di bawah ini, gambar dibawah adalah sebuah mic sidande untuk kamera, namun bisa dipakai pada HP.

Sedikit tips memilih kabel audio spliter, saya lebih suka memilih kabel audio spliter paling kanan atau yang ditengah-tengah, karena jack (female) antara lubang mic dan earphone terpisah, jadi jika ada cuk mic yang agak besar maka akan mudah memasangnya jika bersamaan dengan memasang erphone. Sedangkan jika lubang mic dan earphone menempel, kaka ketika cuk mic besar dan cuk earphone dipasang maka keduanya akan mentok dan bahkan susah untuk dipasang.


Cara memakai mic Sidande ini pada HP adalah, silakan colokkan jack (male) pada mic ke lubang (female) untuk mic pada kabel audio splitter, setelah itu silakan masukkan cuk male (TRRS) kabel audio splitter pada HP, dengan demikian mic ini akan berfungsi pada HP. Nah selain itu untuk bisa merekan video dengan memakai mic eksternal kamu harus memakai aplikasi kamera pihak ketika, misalnya aplikasi Open Camera, jika langsung memakai kamera bawaan mama dipastikan suara dari mic eksternal tidak akan terekam.

Nah itulah sedikit tips tentang pengertian dan kegunaan serta kepanjangan dari TS, TRS dan TRRS, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu TS, TRS dan TRRS pada Microphone?"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel