Begini Cara Berkendara yang Benar

Advertisement
Advertisement
Brosis, saya yakin semua pembaca blog ini pernah naik kendaraan di jalan raya baik sepeda motor atau pun mobil, karena jalan raya milik umum maka sudah pasti di jalan raya itu akan ada banyak pengendara dengan tipe yang berbeda beda. Nah kali ini saya ingin sedikit bercerita saat di jalan raya tentang pengendara yang tak peduli dengan pengendara yang ada dibelakangnya terutama Bapak-bapak atau Ibu-ibu yang bawa motornya pelan kayak jalan kaki, udah bawa motornya ditengah, pas diklakson beberapa kali saat mau di salip tidak mau menepi, kesel gak tuh? nah oleh karena itu saya tumpahkan kekesalan saya dengan menulis dan memberikan tips cara berkendara yang baik dan benar dan semoga juga mereka membaca tulisan ini supaya mereka lebih tertib dan tau aturan dalam berkendara dan tidak mengganggu pengendara lainnya, baiklah berikut adalah tipsnya:

Begini Cara Berkendara yang Benar


  1. Sebelum berkendara pastikan kendaraan kamu dalam kondisi baik serta  ada kelengkapan berkendara seperti SIM dan STNK.
  2. Pakailah Helmet untuk keamanan dan sabuk pengamanan jika kamu naik mobil.
  3. Berkendaralah di lajur yang benar, jika kecepatan rendah maka berkendara agak menepi ke kiri supaya tidak mengganggu pengendara lain yang ada dibelakang.
  4. Sesuaikan kecepatan kendaraan kamu supaya tidak mengganggu pengendara lain, jangan naik motor kecepatannya kayak orang jalan kaki padahal disana jalur bisa sedikit lebih cepat.
  5. Dengarkan klakson, jika ada orang membunyikan klakson dibelakang kamu, kemungkinan mereka akan menyalip, maka menepilah jika itu memungkinkan berikan mereka kesempatan untuk menyalip.
  6. Pada saat mau memotong jalan, nyalakan lampu sein setidaknya 10 M sebelum kamu benar-benar keluar dari jalur utama, jangan langsung potong saja lihat juga kondisi disekitar kamu supaya tidak mengganggu pengendara lain, apakah memungkinkan untuk langsung menyeberang atau ada halangan.
  7. Ketika kamu berhenti di Lampu merah, jika ada RHK (yang belum tahu RHK silahkan baca > Ruang Henti Khusus) motor maka penuhi dulu RHK, jangan menutup akses untuk menuju RHK bagi pengendara lain yang ingin masuk kesana. 
  8. Jika kamu naik mobil maka jangan berhenti di RHK ketika Lampu menyala merah, karena itu mengganggu pengendara sepeda motor.
  9. Untuk pengendara motor jangan ngobrol dijalan sesama pengendara, karena itu sangat mengganggu.
  10. Jangan Zigzag saat berkendara karena itu sangat beresiko untuk terjadi kecelakaan.
  11. Jangan naik motor di trotoar, hargai hak pejalan kaki karena trotoar itu untuk pejalan kaki, bukan motor.
  12. Jangan menerobos lampu merah karena itu sangat berbahaya bagi dirimu sendiri dan juga orang lain, apa sih susahnya berhenti di lampu merah barang 1 menit?
  13. Patuhilah Tata tertib, Rambu-rambu dan marka jalan supaya dijalan menjadi tertib, jika semua sudah tertib maka saya yakin akan menjadi lancar.
Nah mungkin hanya itu sedikit tips yang sering saya terapkan di jalan raya tentang Cara Berkendara yang baik dan Benar, mungkin ada yang mau menambahkan lagi supaya menjadi lebih banyak? nah untuk para Polantas aturlah lalu-lintas dengan benar tegakan aturan yang jelas, jika ada yang melanggar, berikan sanksi supaya ada efek jera, nah mungkin hanya itu kekesalan saya, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Begini Cara Berkendara yang Benar"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih