Hati-hati Dengan Penipuan Seperti Ini.

Advertisement
Advertisement
Beberapa hari yang lalu temen akriko sempat bercerita tentang pengalamannya yang akan mencari satu unit motor bekas di salah satu media jual beli online itu. Temen akriko tertarik dengan sebuah motor bekas yang dijual disana, kemudian teman akriko menghubungi nomor yang ada di iklan tersebut. Penjual mengatakan dia lagi ada di luar kota, tetapi motor masih di kota tempat tinggalnya dan di titip di tetangganya, tetapi ketika saat mau dilihat ke tetangganya tidak diperbolehkan, kemudian pembeli minta kirim DP untuk tanda transaksi, tetapi teman akriko tidak mau, penjual ngotot minta dikirim DP dulu, sedangkan teman akriko ngotot juga ingin lihat barang dulu, akhirnya lama tidak ada komunikasi, penjual itu nelpon lagi dan menanyakan kapan akan kirim DP dan akhirnya tidak terjadi transaksi karena teman akriko merasa akan di tipu.
Modus penipuan iklan jual beli online
Narasi Iklannya yang terakhir seperti Modus
Penipuan seperti ini biasanya menggunakan modus Barang dengan harga miring atau jauh dibawah harga pasaran, supaya calon pembeli tertarik dengan barang itu dan sebisa mungkin untuk bisa memiliki barang tersebut, nah di sanalah para penipu ini akan beraksi untuk meyakinkan calon pembeli. Biasanya penjual seperti ini tidak mau langsung bertemu atau tidak bisa menunjukkan itikad baik untuk calon pembeli supaya bisa melihat barang secara langsung. Barang yang dipajang di iklan jauh dari kenyataan, misalkan kalau sepeda motor, sengaja tidak memperlihatkan Plat motor. Biasanya penipu menggunakan alasan dia lagi berada di luar kota dan tidak bisa bertemu langsung dengan calon pembeli. Penipu sengaja membuat calon pembeli terdesak dimana calon pembeli dibuat benar benar tidak mau kehilangan barang tersebut dengan mengatakan bahwa barang tersebut sudah ada yang akan melihat juga. Jika calon pembeli tidak sadar maka calon penjual biasanya menyuruh calon pembeli untuk mengirim uang muka terlebih dahulu untuk memastikan kalau barang tersebut tidak akan dijual ke orang lain. Nah setelah calon pembeli mentransfer sejumlah uang, maka dipastikan nomor yang sebelumnya bisa di hubungi mendadak tidak aktif dan susah untuk di hubungi dan bahkan sama sekali tidak aktif. Nah mungkin disana calon pembeli baru sadar kalau dia kena tipu. 

Nah untuk menghindari terkena kasus penipuan, di media pasang iklan jual beli tersebut maka kita mesti mengetahui dulu bagaimana cara bertransaksi yang aman di media seperti itu.
  1. Pastikan penjual dan barang dijual itu adalah nyata, mungkin dengan melihat profil penjual yang telah terverifikasi, itu menandakan bahwa alamat penjual itu nyata dan ada di bumi ini.
  2. Jika anda tertarik dengan salah satu barang, maka hubungi nomor yang tertera pada iklan yang terpasang tersebut.
  3. Jika saat di telpon atau di sms dibalas dengan baik, maka pastikan anda ajak bertemu dengan penjual untuk memastikan kondisi barang dan lain sebagainya.
  4. Jangan pernah mau untuk disuruh mengirim sejumlah uang untuk uang muka sebagai tanda jadi transaksi.
  5. Cari tempat ketemuan yang baik dan ada banyak orang, jangan melakukan ketemuan ditempat yang tidak kamu ketahui atau di tempat yang sepi karena itu bisa jadi dijadikan sasaran perampokan, terutama bagi penjual sie.
  6. Cek kondisi barang dengan baik, pastikan tidak ada yang terlewatkan, bila perlu ajak seseorang yang ahli di bidang itu, misalnya saat beli motor atau mobil dan yang lainnya.
  7. Setelah deal, lakukan transaksi di tempat yang aman, misalnya di Bank.
Nah mungkin hanya itu tips kali ini dari akriko supaya tidak kena tipu di media pasang iklan jual beli online, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

1 Response to "Hati-hati Dengan Penipuan Seperti Ini."

  1. Banyak alasan penjual ga mau ketemuan. Karena takut dijahili juga. Sy salah satunya. Karena ada teman yg kena rampok setelah d ajak ketemuan. Makanya beli/jual barang mahal sebaiknya lewat dealer.

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih