Kangen Masa-masa Single Touring, Mungkin akan Segera Kembali.

Advertisement
Advertisement
Dulu sekitar tahun 2015 - pertengahan 2016 saya sempat menjalankan hobi saya yakni mengunjungi tempat-tempat wisata dengan cara naik motor ke tempat itu yang bisa dianggap touring kecil-kecilan. Kebanyakan touring itu saya lakukan sendirian dengan memakai sepeda motor vixion yang sudah dimodifikasi mirip super moto. Silakan baca blog saya www.tripseru.com untuk melihat beberapa tempat yang sudah pernah saya kunjungi.

Kangen Masa-masa Single Touring, Mungkin akan Segera Kembali.

Namun karena sudah menikah dan sudah ada Yamaha Nmax maka motor itu saya jual karena sudah jarang dipakai. Niatnya dengan motor matic seperti NMax ini mungkin perjalanan akan terasa lebih enak dan nyaman. Namun setelah saya pikir-pikir karena alasan tertentu saya kok jadi kurang menyatu dengan Yamaha NMax itu.

Kali ini saya ingin kembali memakai motor kopling untuk kembali ke jalur saya yang dulu yakni pergi touring sendirian. Selain touring saya juga mau mencoba menjadi motovlogger selama touring tersebut. Namun sampai saat ini saya belum menemukan motor vixion untuk dipakai touring.

Kadang saya berfikir lebih baik naik matic saja, dimana motor matic itu dimodifikasi menyerupai motor touring. Saya punya Vario Techno 125 FI old yang juga dulu pernah saya pakai touring beberapa kali sebelum ada Vixion.

Sebenarnya sudah lama ingin menjadi motovlogger di Bali karena ada beberapa faktor yang mendukung. Namun karena belum menemukan amunisi maka masih harus tertunda dulu. Motovlog saat ini mungkin sudah menjadi tren bagi kalangan yang suka dengan sepeda motor dan beraktifitas setiap hari dengan sepeda motor di jalan raya.

Beraktifitas ini bisa berarti rutinitas setiap hari dengan berkendara sepeda motor atau bisa juga saat tertentu misalnya saat touring bareng sama teman-teman atau saat berjalan-jalan sama pacar atau sedang sunmori di suatu kawasan dan kita bisa membuat videonya sambil naik motor dan membagikannya di media sosial.

Jika videonya disimpan untuk keperluan sendiri juga bisa, namun alangkah baiknya kita bagikan ke publik sehingga kita bisa memberikan informasi yang berguna tentang tempat, jalan dan lain-lain yang pernah di lalui dan mungkin belum banyak orang yang tahu..

Menjadi motovlogger memang kedengarannya sangat mudah yakni naik motor helm diisi kamera action kemudian rekam perjalanan setelah itu unggah di media sosial misalnya Youtube. Namun pada kenyataannya, untuk menjadi motovlogger tidak semudah itu, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat kita akan memulai menjadi motovlogger.

Apa saja yang harus diperhatikan sebelum memulai menjadi motovlogger? setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni.

Pertama adalah Modal, modal ini ada beberapa yakni modal niat, waktu dan modal materi. Kali ini mungkin niatnya sudah ada namun kita perlu modal, misalnya sepeda motor, helm (safety gear), kamera action dan editor video dan pastinya paket internet yang banyak karena unggah video yang durasinya agak panjang.
  1. Motor dan BBM mungkin saya yakin modalnya ingin jadi motovlogger itu sudah pasti harus punya motor, motor apa saja bisa dipakai untuk motovlog, jadi ketika sudah punya motor maka modal pertama sudah terpenuhi. Jangan lupa isi BBM supaya motor mau jalan.
  2. Helm dan safety gear lainnya. Pilihlah helm yang fullface dan bisa dipasang kamera action karena kebanyakan motovlog itu menaruh kamera pada helm supaya minim getaran. Selain hlem silakan pilih jaket yang nyaman dan jangan lupa pakai sepatu juga, sarung tangan dan lain-lain.
  3. Kamera action dan memori yang besar, minimal punya satu karena dengan satu kamera saja dan memori yang besar untuk menyimpan video yang panjang kita sudah bisa menjadi motovlogger. Namun perlu diperhatikan, karena sebuah video itu akan terlihat bagus ketika memiliki suara yang jernih. Seperti kita ketahui bahwa motovlogger itu adalah naik motor sambil ngomong, jadi sudah barang tentu kualitas audio yang direkam terutama suara pengendara motor itu harus jelas dan mudah didengar oleh penonton video kita nanti. Jadi pilihlah kamera action yang bisa merekam suara dengan baik
  4. Editor Video, nah untuk hasil rekaman maka sudah barang tentu tidak akan langsung diunggah di Youtube, kita perlu edit dahulu dan menyatukan beberapa video dari hasil rekaman yang kita buat di jalan. Editor video untuk PC ada banyak baik yang berbayar maupun yang gratis. Bagi kamu yang tidak punya PC edit video via android juga bisa yang hasilnya tidak kalah bagus dengan hasil edit di PC.
  5. Paket internet, jadi gini ketika motovlogger itu membuat video maka dijamin videonya akan berdurasi agak panjang, karena hampir separuh dari perjalanan akan menjadi video misalnya menempuh perjalanan 30 menit maka 15 menit sudah pasti jadi video, oleh sebab itu kia perlu paket internet yang banyak dan ngebut.
  6. Topik, nah topik ini juga penting, saat perjalanan kita mau ngomong apa? jika tidak punya topik maka video yang dibuat akan kurang bagus dan penonton tidka mungkin akan menonton video tok tanpa mendapat informasi dari video yang ditonton.
Nah itulah beberapa modal untuk menjadi motovlogger menurut saya. Mungkin ada yang bertanya apa tujuan menjadi motovlogger? kalau menurut saya menjadi motovlogger itu adalah sebuah Hobi yakni naik motor selain itu kita juga bisa memberikan contoh yang baik kepada pengendara lain tentang tata tertib  berlalu-lintas di jalan raya. Mungkin tujuan menjadi motovlogger setiap orang beda-beda namun yang pasti punya satu hobi yakni naik motor. Nah itulah sedikit curhat saya ketika saya ingin menjadi seorang motovlogger, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Kangen Masa-masa Single Touring, Mungkin akan Segera Kembali."

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih