Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Potensi Blog untuk Generasi Muda

Brosis, saat ini banyak sekali peluang yang ada untuk mencapai kesuksesan salah satu kesempatan untuk generasi muda yang aktif dan kreatif adalah dengan mengelola sebuah blog yang tentunya harus penuh dengan konten yang berkualitas. Potensi Blog untuk generasi muda ini saya rasa sangat besar kesempatannya untuk bisa meraih sukses sebagai seorang blogger. Dunia internet itu adalah dunia yang sangat luas dan tak terbatas, sehingga ketika kamu mencari sesuatu di internet dari A-Z semua bisa ditemukan. Nah jika kamu sebagai generasi muda yang penuh inovasi dan suka berkarya dalam bentuk digital maka sudah sepantasnya kamu harus mulai mengelola blog sebagai tempat untuk menaruh hasil karya itu.

Potensi Blog untuk Generasi Muda

Sebelum saya lebih jauh untuk menggali potensi blog untuk generasi muda, ada baiknya saya jelaskan dahulu apa itu Blog, mungkin ada dari generasi muda saat ini yang belum tahu apa itu Blog. Blog adalah sebuah media online untuk menulis. Selain untuk menulis blog juga bisa untuk menyimpan foto dan juga video. Jadi jika tulisan kamu berisi teks, foto dan video maka tulisan kamu akan menjadi lebih lengkap dan informatif baik secara verbal dan visual. Untuk lebih sederhananya blog itu adalah catatan elektronik yang bisa diakses secara online bagi mereka yang sudah terhubung dengan internet. Sedangkan bagi orang yang punya atau mengelola blog itu disebut dengan Blogger.

Selain itu kamu juga perlu tahu beberapa platform blog sebelum kamu memulai untuk membuat blog. Saat ini ada beberapa platform blog gratis yang banyak digunakan oleh blogger yang ada di Indonesia seperti Blogspot, Wordpress, Tumblr, Kompasiana, Detik dan lain-lain. Saat ini paling banyak dipakai adalah platform blogspot atau Blogger. Mungkin saat ini kamu bingung untuk memilih yang mana untuk dipakai maka sebaiknya kamu pilih sesuai tujuan kamu ngeblog. Atau pilih saja dulu yang paling mudah yakni Blogspot. Mungkin ada salah satu generasi muda yang membaca blog ini sudah punya blog?

Sebagai contoh saya akan bahas dua platform blog untuk bisa dipilih oleh generasi muda yang akan terjun ke dunia blog sebagai pendukung dari kegiatan yang kreatif dan inovatifnya itu. Pertama yang banyak dipakai adalah platform Blogspot atau Blogger, platform ini sangat sederhana dan sangat mudah untuk digunakan. Untuk bisa memiliki akun Blogger ini maka kamu harus memiliki akun Google karena Blogger ini adalah milik perusahaan internet raksasa Google. Dengan memakai platform ini generasi muda yang ingin ngeblog bisa bereksperimen dengan membuat tampilan blog yang bagus dengan edit HTML jika kamu sudah bisa atau paham bahasa HTML.

Setelah itu ada juga yang banyak dipakai adalah Wordpress, platform ini menurut saya agak lebih ribet dari Blogger selain itu kita juga agak terbatas untuk berkreasi dengan platform ini jika masih memakai yang gratisan kita tidak bisa sebebas saat memakai blogger. Oleh sebab itu kedua platform ini memiliki tujuan yang berbeda namun masih tetap bisa di pakai untuk versi yang gratis untuk menyimpan teks, foto dan video. Jadi kedua platform itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah bagi generasi muda yang ingin menggali potensinya di bidang blog maka saya sarankan untuk memilih platform blogspot karena platform ini sangat mudah dan praktis. Untuk ke depannya juga platform ini bisa menghasilkan uang meskipun masih memakai yang versi gratis. Nanti jika sudah mapan dan menguasai ilmu blog dengan baik maka disana kamu bisa memakai yang berbayar misalnya mulai dengan memakai atau membeli nama domain khusus atau Top Level Domain (TLD) dan juga mulai untuk menggunakan hosting sendiri atau self hosting. Jika sudah memakai sefl hosting maka kamu harus pindah platform seperti wordpress atau memakai desain web sendiri.

Bagi kamu generasi muda yang sudah paham platform blog dan ingin terjun ke dunia blog, maka saya sarankan untuk tidak berfikir yang lain dahulu selain untuk fokus membuat konten atau tulisan pada blog. Potensi blog kamu untuk mulai menghasilkan akan segera muncul jika kamu sudah punya konten yang original dan tentu harus berkualitas. Jika tidak asli maka itu bukanlah ciri dari generasi muda yang aktif dan kreatif dalam membuat konten untuk dipajang di blog.

Sebelum kamu menggali potensi pada blog, maka alangkah baiknya kamu gali dulu potensi yang ada pada diri kamu sendiri. Saat ini banyak sekali generasi muda yang aktif dan kreatif, apakah kamu salah satu diantara generasi muda itu? Jika kamu termasuk golongan generasi muda itu maka saya jamin kamu akan dengan mudah menciptakan konten untuk diunggah pada blog yang akan kamu kelola. Bayangkan saja hanya dengan bermodal smartphone saja seorang yang aktif dan kreatif sudah bisa menghasilkan karya berupa teks, foto dan video yang bagus apa lagi ditambah dengan penguasaan dalam memakai sebuah aplikasi olah foto dan video tentu akan menghasilkan konten yang lebih berkualitas dan enak untuk dinikmati.

Dengan demikian jika kamu termasuk golongan generasi muda yang aktif dan kreatif sudah sepantasnya kamu mulai menggali potensi kamu itu dengan membuat blog untuk menyimpan hasil karya kamu itu supaya lebih banyak orang yang bisa menikmati hasil karya kamu itu terutama bagi mereka yang suka mencari konten di internet dengan bantuan mesin pencari seperti Google Search. Dengan memiliki blog kamu bisa menyimpan banyak hal mulai dari konten berupa teks, foto dan video dan bahkan dalam satu karya bisa ada teks, foto dan video sehingga konten yang dihasilkan lebih informatif dan bisa dinikmati secara visual juga sehingga konten yang didapat di internet sangat berguna bagi generasi muda yang mungkin belum punya blog.

Sebagai contoh misalnya kamu sebagai orang yang suka dengan kegiatan touring dan segala hal yang berbau dengan sepeda motor dan juga tempat wisata. Karena touring ini menyangkut tiga hal yakni Hobi, Sepeda motor dan Wisata oleh sebab itu dalam sekali touring kamu sudah bisa menghasilkan konten yang penuh dengan informasi. Sebagai seorang blogger maka sudah pasti tidak akan pernah pelit dengan informasi yang dia punya. Jadi jika kamu punya hobi touring, suka dengan sepeda motor dan jadi blogger maka untuk sukses dalam dunia blog itu sangat besar. Namun dalam hal ini kamu harus aktif dan selalu update artinya harus rutin atau berkelanjutan sesuai jadwal dan  terus bisa menghasilkan konten yang bagus dan berguna untuk di posting pada blog supaya pengunjung tidak pergi dan akan terus kembali ke blog dan menantikan konten yang baru di blog kamu.

Nah jika sudah punya blog yang terkenal dengan konten yang bagus atau berguna dan sudah banyak pembacanya maka dari situ akan mulai muncul potensi blog yang kamu kelola mulai bisa digali. Sebenarnya banyak sekali potensi yang bisa digali dari seorang blogger yang aktif baik secara materi maupun non materi. Jika dilihat dari segi non materi potensi yang kamu punya adalah bisa menjadi seorang jurnalis meskipun jurnalis tidak profesional atau sering juga disebut dengan Citizens Journalism jika semakin di asah maka akan bisa menghasilkan konten yang semakin berkualitas. Jika sudah banyak punya konten yang berkualitas, mungkin ada perusahaan yang tertarik untuk mereview produk yang mereka punya di blog kamu. Saat review produk itu maka disana kamu bisa mendapatkan penghasilan berupa uang. Nah istilah blog yang bisa menghasilkan uang itu disebut dengan Monetize Blog.

Selain itu jika kamu sudah punya blog dan dengan konten yang asli tanpa mencontek di sana-sini, sudah banyak pengunjung maka kamu nanti bisa mendaftarkan blog kamu di Google Adsense (GA) dan dari sana kamu akan menjadi Publisher dan bisa menghasilkan uang yang dibayarkan oleh google dari iklan yang tayang di blog kamu. Bahkan GA ini bisa menjadi penghasilan utama kamu jika sudah memiliki traffic blog yang bagus dan juga banyak pengunjung dalam sehari. Untuk bisa lulus mendaftar GA ini maka ada beberapa tahapan yang harus dilewati supaya iklan Google bisa tampil di blog kamu..

Selain itu kamu juga bisa membuat slot iklan untuk mereka yang ingin mengiklankan produknya di blog kamu tanpa harus review, cukup dengan menayangkan iklan teks, gambar atau video pada beberapa cm pada halaman blog kamu maka kamu sudah bisa menghasilkan uang dari blog kamu. Iklan ini biasanya disebut dengan iklan Mandiri. Iklan jenis ini biasanya isinya di buat oleh pemasang iklan dan isinya juga tanggung jawab dari yang punya iklan kita tinggal menyediakan space saja untuk menaruh iklan mereka pada blog kita.

Selain yang saya sebutkan di atas sebenarnya masih banyak lagi potensi blog untuk generasi muda yang ingin terjun di dunia blog, salah satunya lagi adalah membuat toko online milik sendiri dengan menjual barang milik pribadi atau barang milik orang lain. Jadi ketika kamu punya blog maka banyak sekali potensi yang bisa kamu gali, namun kembali saya tekankan bahwa dalam dunia blog yang paling penting adalah harus aktif dan selalu update artinya harus rutin atau berkelanjutan sesuai jadwal dan  terus bisa menghasilkan konten yang berkualitas untuk di posting pada blog supaya pengunjung tidak pergi.

Nah itulah beberapa potensi blog bagi generasi muda, semoga semakin banyak muncul blogger muda yang berkelas, semoga bermanfaat
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Potensi Blog untuk Generasi Muda"