Modifikasi Stang dengan Beat Street Pada Vario Techno 125 FI Old

Advertisement
Advertisement
Sudah lama sebenarnya saya ingin menulis hasil percobaan saya saat memasang dudukan stang Honda beat street pada Vario Techno 125 FI old milik saya. Ini merupakan keinginan saya sejak lama untuk memodifikasi stang Vario saya dengan memakai stang telanjang, Baplang atau trondol.


Keinginan itu semakin besar sejak dirilisnya Honda Beat Street oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) pada bulan Oktober tahun 2016 lalu. Beat Street ini motor dengan stang telanjang, karena sesama milik Honda, saya pikir part di bagian stang pasti bisa diaplikasikan pada Vario Techno saya.

Sejak saat itu saya mulai membeli satu persatu beberapa bagian yang diperlukan seperti Post comp atau dudukan stang serta raiser set milik Honda Beat Street karena itu yang paling penting untuk memodifikasi Vario Techno 125 FI old dengan stang telanjang.

Nah berikut ini beberapa bagian yang harus disediakan untuk memodifikasi Vario techno 125 FI Old dengan memakai stang telanjang.
  1. Untuk bagian dudukan stang memakai dudukan stang Honda Beat Street
  2. Raiser Set Honda Beat Street
  3. Saya memilih memakai stang Byson
  4. Holder kiri saya pakai punya Old Vixion dan Holder kanan saya pakai punya Honda Supra X karena hanya ada saklar starter saja karena motor vario saya tanpa ISS.
  5. Untuk dudukan rem kiri (Belakang) saya pakai punya Honda Scoopy komplit dari handel sampai dudukannya.
  6. Untuk rem kanan memakai punya aslinya Vario Techno 125 FI old (bawaan)
  7. Untuk speedo meter saya juga memakai speedo meter milik Honda Beat Street.
Semua part itu saya pasang sendiri karena kebetulan saya punya alat yang lengkap di rumah, cuma dalam hal mengebor, memotong besi dan mengelas saya pergi ke tukang las dan ongkosnya pun sangat terjangkau. Nah sekarang cara pemasangannya silakan simak caranya di bawah.
  1. Pertama buka dulu semua penutup stang mulai dari batok bagian depan dan juga belakang dan juga semua yang menempel pada stang seperti Rem dan spion. Jangan lupa copot kabel yang menempel pada saklar bawaan. Silakan simak cara membuka batok kepala Vario pada tulisan saya sebelumnya disini
  2. Setelah itu silakan buka tutup dek atau aki depan, silakan baca caranya pada tulisan saya sebelumnya disini.
  3. Setelah itu silakan buka tutup belakang body (di bawah stang) supaya bisa membuka stang dengan mudah. Caranya silakan tonton Video ini.
  4. Setelah itu silakan buka stang dengan membuka mur belakang.
  5. Setelah selesai membuka stang, kita mulai memasang post comp atau dudukan stang Beat Street. Namun sebelum bisa dipasang harus ada bagian yang harus dipotong supaya bisa kunci stang. Bagian tersebut ada pada bawah post comp, silakan ikuti bentuk dari stang bawaan vario techno kamu. Bawa saja ke tukang las dan jelaskan disana seperti apa dan tukang las yang mengerjakan.
  6. Jika memakai stang Byson, maka lubang holder juga harus di geser atau disesuaikan sehingga harus di bawa ke tukang las juga untuk membuat lubang baru dengan bor.
  7. Nah setelah semua beres, silakan pasang post comp dulu, silakan masukkan baut mulai dari belakang (terbalik saat akan membuka stang aslinya). Silakan pasang baut, ring dan mur dengan kencang supaya tidak copot.
  8. Setelah itu silakan pasang Raiser bagian bawah, masukkan dari atas, silakan kunci raiser dengan ring dan baut.
  9. Setelah itu silakan pasang stang dengan menaruh pada raiser dan dikunci dengan raiser bagian atas dengan baut yang sesuai (biasanya baut L).
  10. Setelah itu silakan mulai pasang segala kelengkapan seperti handel rem kiri dan kanan, holder, dan lain-lain. Untuk memasang handle rem kiri sebaiknya pasang dulu sklar lampu rem karena kalau handle sudah terpasang, akan susuah sekali memasang saklar lampu rem belakang ini.
  11. Untuk holder kiri yang memakai punya old Vixion caranya sangat mudah. Silakan simak warnanya untuk warna kabel warna merah dengan garis putih + kabel warna hitam itu untuk klakson. Kabel warna coklat muda + Kuning + Biru itu untuk lampu utama. Kabel coklat tua + Hijau + Coklat dengan garis putih itu untuk lampu sein kiri dan kanan. Kabel starter cuma ada dua silakan sambungkan langsung ke starter milik Honda supra X tadi.
  12. Nah untuk speedo meternya juga sudah ada tempatnya, silakan pasang saja pada braket yang tersedia di dudukan stang Beat Street. (nanti akan diupdate lagi, sementara speedo ini cuma buat pajangan saja) Bagi kamu yang berdomisili di Surabaya, bisa kamu modifikasi Speedometer kamu di sini. atau bisa juga beli yang sudah pnp disini.
Semua peralatan atau suku cadang Honda Beat Street (dudukan stang, Raiser set dan Speedometer) dan juga Dudukan handle rem kiri dan handel Scoopy dan holder kanan Supra X semua saya beli secara online di market palce yang sudah ada. Sedangkan untuk stang Byson dan holder kiri Vixion saya beli di bengkel resmi Yamaha. Untuk biaya semua itu saya merogoh kantong saya sekitar Rp 1.000.000,- 

Nah itulah cara memodifikasi stang Vario tachno 125 FI old dengan memakai part stang dari Beat Street, semoga bermanfaat.

Berikut video penampakan stang dari depan dan sedikit keterangan.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

19 Responses to "Modifikasi Stang dengan Beat Street Pada Vario Techno 125 FI Old"

  1. Om.. mau tanya kalo vario yg combie brake n handle + utk gas apakah sama om? atau harus ganti juga? Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau CBS itu kan pengaruhnya ke rem bukan ke gas

      Delete
  2. numpang nanya ni gan!
    berarti itu post comp nya cuma ada sdkt bagian yg hrs dipotong ya?gk perlu pakai dilas sgla kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups sesuaikan bentuk post compnya dengan punya vario, tidak ada yang perlu di las-las

      Delete
  3. Agan saya mau tanya.
    Dari cara diatas apakah prosedure nya sama kalau naked stang nya di buat ke HONDA BEAT FI 2014??? Kalau ada yg beda saya mohon penjelasannya dong Gan, thanks (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah itu saya tidak tahu, karena saya bukan mekanik dan saya cuma pasang pada vario milik saya saja.

      Delete
  4. Saya sudah terapkan di beat fi, hasilnya..
    Agak ribet pas soal kelistrikan, kabelnya ga plug n play

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sengaja dibuat tidak Pnp supaya tidak semua yang punya Beat mengaplikasikannya, jika gampang bisa tekor AHM produksiny...

      Delete
  5. Gan mau nanya dong itu stang nya di las nambahin pipa apa gimana? Terus covernya pist compnya dapet di dealer mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postcomp jika dipasang apda vario techno tidak ada nambahin, yang ada ngurangin supaya bisa kunci stang. Saya beli di bukalapak kalau beli di diler, lama gan...

      Delete
  6. Om mau tnya beli spare part dudukkan stang honda beat streeet apa udh ada di dealer honda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin udah ada, tapi kalau gak ada bisa inden dulu atau bisa beli ditempat lain, di bukalapak misalnya.

      Delete
  7. Replies
    1. Untuk semuanya habis kurang lebih satu juta bro..

      Delete
  8. Mau tanya,,, apakah speedometer beat street meter bensin nya akurat jika dipasang di Vario 125

    ReplyDelete
  9. Speedometer beatstreet di aplikasikan ke yamaha mio m3 bisa gak mas,pnp kah/gmna..hehe

    ReplyDelete
  10. Alamat dimana gan?? Mau dong bantu pasangin...

    ReplyDelete
  11. Mas bisa Bantu jasa pasang kah? Lokasinya dmn

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih