Makna Sanggah Turus Lumbung

Advertisement
Advertisement
Setiap rumah yang ada di Bali harus memiliki tempat suci yang di bangun biasanya di pojok  antara Timur dan selatan (Tenggara) karena itu adalah tempat terbitnya sang Surya. Saat membangun rumah baru dan sudah mulai dihuni jika belum ada dana untuk membangun sanggah yang permanen maka orang Bali biasanya membuat sanggah sementara yang disebut dengan Sanggah Turus Lumbung.

Makna Sanggah Turus Lumbung

Sanggah turus lumbung ini dibuat dari pohon dapdap atau disebut juga taru sakti empat batang dan juga ada anyaman bambu tempat menaruh banten ada yang tanpa atap namun ada juga memakai atap yang terbuat dari alang-alang. Cara membuat Turus lumbung ini sangat mudah yakni empat kayu dapdap ditancapkan ke tanah dengan tinggi yang sama kemudian dipasangkan ulatan bambu diatasnya dan kemudian diberi atap dari alang-alang.

Turus lumbung mengandung arti kias “melindungi dan menghidupi pemujanya”. Turus dapdap merupakan tameng atau perisai, yakni alat untuk melindungi diri  dan lumbung, yakni tempat untuk menyimpan padi untuk penghidupan. Jadi Turus Lumbung ini bermakna yang sederhana namun begitu sangat berguna untuk kehidupan kita.

Bangunan seperti ini atau Turus Lumbung ini merupakan tempat untuk menghormati atau memuja leluhur yang telah disucikan. Nah meskipun dengan kondisi hanya Turus Lumbung hal itu tidak mengurangi hormat kita kepada leluhur yang penting setiap hari kita ingat dengan leluhur. Intinya adalah kita selalu ingat dengan leluhur dan selalu berbakti kepada leluhur.

Nah itulah sedikit makna dari sanggah turus lumbung yang ada di rumah orang Bali, semoga bisa memberikan pengetahuan bagi yang belum tahu makna dari sanggah Turus Lumbung yang sederhana ini namun mempunyai banyak makna. Nah jika keadaan ekonomi sudah mulai membaik maka sanggah Turus Lumbung ini bisa diganti dengan bangunan Sanggah yang permanen.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Makna Sanggah Turus Lumbung"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih