Cara Menyetel Tinggi Rendah Lampu Depan NMax

Advertisement
Advertisement
Lampu depan sepeda motor memang sangat besar fungsinya, apa lagi kalau malam hari lampu depan ini sangat membantu memberikan penerangan jalan ketika kita mengendarai sepeda motor pada malam hari. Selain itu lampu depan ini juga terus menyala karena saat ini regulasi di Indonesia mewajibkan setiap kendaraan roda dua menyalakan lampu depan pada siang hari sebagai bagian dari Safety Riding. Oleh sebab itu setiap pabrikan sepeda motor di Indonesia menerapkan hal itu sehingga pada sepeda motor saat ini jarang sekali dijumpai sakelar untuk menghidupkan atau mematikan lampu depan.

Cara Menyetel Tinggi Rendah Lampu Depan NMax

Lampu depan juga tidak bisa diganti dengan lampu sembarangan yang tidak sesuai dengan standar pabrikan karena hal itu bisa membuat pengendara yang berlawan arah bisa menjadi silau dan itu bisa membahayakan pengendara lain. Selain itu kadang ada juga ketinggian lampu depan kendaraan terlalu tinggi meski tidak memakai high beam, sehingga juga bisa membuat silau pengendara depan.

Ketinggian cahaya lampu depan sepeda motor itu sudah diatur supaya tidak membuat silau pengendara dari lawan arah. Namun kadang ada juga lampu depan motor dari pabrikan cahayanya terlalu tinggi, entah apa sebabnya apa mungkin tidak dicek pada saat sebelum dilepas ke pasaran.

Seperti yang terjadi pada Yamaha NMax yang sering saya bawa, cahaya lampu depannya terlalu tinggi sehingga membuat silau pengendara yang ada dari lawan arah. Sempat saya tanyakan ke bengkel resmi Yamaha yang ada di jalan Gunung Sanghyang, saya bertanya ke montir, kebetulan saat itu ganti oli, "Pak bisa gak lampu depan di setel lagi, kayaknya terlalu tinggi" dia pun menjawab dengan gamblang "Itu sudah dari pabrikanya kayak gitu". Nah dalam hati saya bergumam, itu artinya lampu depan NMax tidak bisa disetel tinggi rendahnya!

Setelah selang beberapa lama saya biarkan kondisi motor seperti itu. Namun ketika saat berkendara di malam hari saya sering merasa bersalah karena cahaya lampu depan terlalu tinggi sehingga membuat pengendara dari lawan arah menjadi silau, padahal sedang tidak memakai lampu high beam. Nah kebetulan hari ini saya sedang libur, maka saya mencari artikel tentang cara menyetel lampu depan Yamaha NMax, dan ternyata ada yang membuatnya dan langsung saya klik dan saya baca kemudian langsung saya praktekkan.

Nah berikut adalah cara menyetel tinggi rendah lampu depan Yamaha NNmax yang bisa dilakukan sendiri di rumah cukup dengan tangan saja, atau bisa juga dengan bantuan kunci 8 untuk memutar baut yang ada dibelakang lampu. Nah berikut langkah-langkahnya.

Cara Menyetel Tinggi Rendah Lampu Depan NMax


  1. Posisi baut untuk menyetel lampu depan ini berada tepat di atas klakson, silakan lihat gambar diatas untuk menentukan posisinya, karena baut ini tidak terlihat namun dapat dirasakan 😆😆💓💓 Kayak lagi jatuh cinta aja.
  2. Untuk memudahkan memutar baut tersebut, silakan pakai obeng plus yang agak panjang dari bawah.
  3. Jika baut sudah tersentuh, silakan putar obeng / baut berlawanan arah jarum jam untuk menurunkan cahaya lampu depan yang terlalu tinggi. Silakan putar baut se arah jarum jam untuk meninggikan cahaya lampu depan.
Nah apa indikasi atau bukti jika kamu sudah berhasil menyetel lampu depan NMax kamu? Di bawah ini saya berikan gambar lampu depan NMax, silakan perhatikan tanda panah



  1. Tanda panah nomor satu menunjukkan mika lampu, jika kamu menyetel untuk menurunkan maka mika itu juga akan turun silakan buat sejajar dengan bagian pada tanda panah nomor 2 untuk mendapatkan setelan yang pas.
  2. Tanda panah nomor dua menunjukan patokan untuk penyetelan lampu. Jika lebih tinggi dari itu maka lampu depan akan membuat silau sedangkan jika lebih rendah dari itu, cahaya lampu depan akan terlalu pendak meski memakai high beam.

Nah itulah cara mudah untuk menyetel tinggi rendah lampu depan NMax, sangat mudah bukan? bisa dilakukan dirumah, semoga tips ini bermanfaat supaya tidak dikit-dikit ke bengkel, karena memang hal-hal seperti patut kita ketahui untuk mencobanya di rumah tanpa harus datang ke bengkel hanya untuk menyetel tinggi rendah lampu depan Yamaha NMax, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Menyetel Tinggi Rendah Lampu Depan NMax"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih