Cara Mengetahui Berita Foto Hoax atau Tidak

Advertisement
Advertisement
Belakangan banyak sekali berita gambar di media sosial yang membuat kita geleng kepala. Berita yang beredar kebanyakan tentang Pilkada Jakarta. Baik berita yang baik maupun berita yang menjatuhkan lawan politik oleh Paslon yang bertarung di Pilkada Jakarta 2017 nanti.

Cara Mengetahui Berita Foto Hoax atau Tidak

Kali ini saya mau memberikan sedikit tips tentang cara mengetahui apakah berita foto di media sosial itu hoax atau tidak. Saat ini banyak sekali oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memakai foto milik orang lain untuk mengungkapkan fakta lain tentang berita foto yang sebenarnya. Oleh sebab itu kita perlu tahu berita sebenarnya dari foto yang di unggah di media sosial tersebut supaya kita tidak termakan oleh isu yang dibuat oleh individu atau sekelompok orang yang bertujuan untuk mengacau negara ini.

Sebelumnya setahun lalu saya sudah pernah membuat tulisan dengan judul Penelusuran di Google dengan Gambar saat itu saya membuat tulisan itu karena saya penasaran dengan sebuah foto namun tidak ada clue sama sekali untuk mengetahui nama tempat itu serta apakah foto itu asli atau hanya sebuah foto editan karena tempatnya terlihat begitu palsu dan mustahil jika tempat itu ada di bumi ini. Setelah saya telusuri ternyata tempat itu memang ada dan foto itu merupakan foto asli.

Nah tulisan saya kali ini juga tidak jauh beda dengan tulisan yang saya maksud di atas, karena caranya hampir sama dengan cara yang sudah saya tulis sebelumnya yakni dengan memakai bantuan penelusuran memakai gambar di Google untuk mencari informasi dari sebuah foto atau gambar.

Seperti salah satu contoh berita di media sosial facebook yang menulis seperti ini "Dapet kiriman foto dari temen di tempat kerja, jakarta yg lewat engga lagi bus transjkt, hampir tiap hari tank dan panzer panther wira wiri. Apa ini utk nakutin umat islam padahal Ini kita umat mau minta keadilan, bukan mau perang ataupun makar. #ketakutanajalu." dan ada gambarnya seperti dibawah ini.

Cara Mengetahui Berita Foto Hoax atau Tidak

Berikut adalah cara mengetahui berita foto hoax atau tidak di media sosial.

  1. Silakan unduh dulu foto yang ada di media sosial tersebut
  2. Kemudian silakan masuk ke google.com atau google.co.id
  3. Setelah itu silakan cari pojok kanan atas, silakan pilih atau klik tulisan gambar.
  4. Setelah itu silakan unggah gambar yang diunduh dari media sosial tadi.
  5. Silakan tunggu beberapa saat nanti akan muncul fakta sebenarnya dari foto yang diunggah tersebut.
  6. Silakan pilih foto yang ada link nya atau foto yang ada beritanya untuk mengetahui kebenaran berita tersebut.
Cara Mengetahui Berita Foto Hoax atau Tidak

Setelah itu akan muncul judul gambar yang sebenarnya dan hasilnya jauh beda dengan apa yang diunggah di facebook tersebut. Menurut Google gambar tersebut merupakan tank marinir indonesia, foto itu sudah pernah beredar pada tahun 2009 silam. Jadi jangan mudah percaya dengan caption dengan foto yang dipakai, lebih baik telusuri kebenaran berita foto tersebut.

Untuk lebih jelasnya, kamu juga bisa tonton video di bawah ini, semoga bermanfaat.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Mengetahui Berita Foto Hoax atau Tidak"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih