Rem Belakang NMax non ABS Tiba-tiba Blong

Advertisement
Advertisement
Mumpung libur dua hari maka kami memutuskan untuk pulang kampung yakni ke Singaraja, seperti biasa kami selalu lewat jalur Pelaga karena jalur itu jaraknya paling dekat. Karena cuaca agak sedikit mendung dan juga rada hujan gerimis kami pun memutuskan untuk memakai sendal, padahal biasanya pakai sepatu, namun sepatu di taruh pada bagasi motor. Seperti biasa sebelum berangkat segala kondisi motor di cek dulu, seperti tekanan ban dan rem, saat itu semua terlihat normal.

Rem Belakang NMax non ABS Tiba-tiba Blong

Seperti biasa setiap pulang kampung, Top Box pasti dipasang untuk bisa membawa lebih banyak barang. Nah setelah semua beres dan juga sudah selesai berdoa, kami pun memulai perjalanan dengan santai tanpa ada firasat apapun yang membuat ragu untuk menempuh perjalanan.

Ceritanya begini, setelah menempuh setengah perjalanan saya berhenti sejenak di Jembatan tertinggi di Bali yakni Jembatan Tukad Bangkung yang ada di Desa Pelaga. Disana saya membeli sedikit snack dan juga mengganti sendal dengan sepatu, maklum awal perjalanan agak sedikit hujan makanya pakai sendal dan tiba di Pelaga cuaca sudah cerah dan tidak ada hujan lagi.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan lagi kondisi motor Nmax masih normal, saat itu kami membuntuti kendaraan pick up dan di depan pick up ada mobil van dan juga truck. Saat saya akan mau menyalip pick up tersebut, tiba-tiba mobil tersebut juga ikut mau menyalip dan saat itulah saya mengerem mendadak untuk menghindari menabrak pick up tersebut.

Setelah ada kesempatan menyalip akhirnya saya bisa melewati ketiga mobil tersebut dan saya pun melaju dengan kecepatan agak tinggi untuk menjauh dari ketiga mobil tersebut. Nah sampai pada titik yang harus mengharuskan saya mengerem, tiba-tiba rem belakang blong dan tidak bisa mengerem, saya tekan-tekan handel rem dengan maksud memompa supaya rem bisa berfungi kembali.

Hampir dua kali saya melakukan hal tersebut karena percobaan yang pertama memang berhasil, namun rem kembali blong. Setelah blong yang kedua tersebut rem kembali normal seperti bisanya. Rasa penasaran muncul di otak ini, oleh sebab itu saya bermaksud memeriksa rem tersebut di pinggir jalan, kenapa rem bisa blong?

Akhirnya saya memutuskan untuk menepi di depan rumah di pinggir jalan, namun apa yang terjadi saya malah terjatuh karena saya mengerem dan pas mengerem tersebut ada pasir dan akhirnya kami pun jatuh  dan istri saya kakinya tertindih motor selama beberapa menit. Nah saat mau mengangkat motor itu, musibah kembali terjadi, saat mau mengangkat motor, saya lupa mematikan motornya, akhirnya saat diangkat gas motor tertarik dan akhirnya motor melaju lagi dan menabrak tumpukan kayu yang ada di depannya.

Rem Belakang NMax non ABS Tiba-tiba Blong

Dengan kejadian tersebut akhirnya motor jadi rusak parah terutama pada bagian bawah lampu sein kiri karena bagian itulah yang paling keras menabrak kayu. Spakbor juga pecah dan bagian atas kiri juga lecet sangat parah sampai terlihat bagian hitam plastiknya. Namun meski demikian kami masih tetap bersyukur karena kami tidak cedera parah, hanya sedikit lecet pada bagian lutut.

Rem Belakang NMax non ABS Tiba-tiba Blong

Dari kejadian rem blong tersebut, kira-kira apa penyebab rem belakang Yamaha NMax non ABS kok tiba-tiba blong? Apakah pemilik NMax non ABS pernah mengalami hal yang sama? Saya sempat mencari di google dengan kata kunci sama seperti judul tulisan ini yakni Rem Belakang NMax non ABS Tiba-tiba Blong tapi tidak ada yang membuat tulisan seperti itu.

Nah dari kejadian yang saya alami tersebut, saya juga ingin memberikan sedikit tips supaya tidak mengalami kejadian yang sama saat mengendarai motor kesayangannya terutama motor matic Yamaha NMax ini yang beratnya mencapai 127 kg ini terasa berat jika harus mengangkatnya sendirian saat motor terjatuh.

Saat motor terjatuh dan mesin masih menyala sebaiknya matikan dulu mesin motor supaya saat mengangkat memegang setang dan gas tertarik supaya motor tidak lari dan malah menabrak yang lain dan membuat motor rusak semakin parah. Karena motor matic jika terjatuh mesin tidak akan mati dengan sendirinya, biasanya mesin akan terus menyala kecuali kunci kontak di cabut.

Nah itulah sedikit cerita yang saya alami saat pulang dari Denpasar menuju Singaraja lewat jalur Pelaga, semoga tidak ada yang mengalami kejadian yang sama dengan apa yang saya alami. Kejadian ini membuat saya masih berfikir entah apa penyebab rem belakang Yamaha NMax non ABS tiba-tiba Blong dan nanti motor ini akan saya bawa ke bengkel Yamaha terdekat dan sekaligus menanyakan harga bagian-bagian yang rusak pada motor untuk sesegera mungkin bisa diganti.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

18 Responses to "Rem Belakang NMax non ABS Tiba-tiba Blong"

  1. saya juga pernah mengalami rem blong, malahan 2 kali mengalaminya...namun setelah saya tekan berulang-ulang perlahan rem belakang dapat digunakan kembali, setelah kejadian tersebut sya langsung ke bengkel resmi yamaha...menurut keterangan mekanik, hal ini karena kampas telah tipis.....timbul pertanyaan bagi saya kok nmax pembelian bulan oktober 2015 sudah melakukan 2 kali penggantian kampas rem belakang, sementara kampas rem depan belum sama sekali atau memang komponen rem belakang nmax memang yang bermasalah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masak gara-gara kampas rem? saya beli NMax itu bulan Juni 2016 loh, masak kampasnya udah habis? saya belum sempat bawa motor ke bengkel.

      Delete
    2. saya juga pernah Yamaha Nmax saya rem belakangnya tiba2 blong,,kaget setengah mati malah jalan lagi kenceng...saya coba kocok gak lama pakem lagi...kenapa ya..bahaya banget ini

      Delete
  2. saya juga pernah bro, kejadiannya rem blong ketika motor nmax digunakan dalam perjalanan bandung-purwakarta, tiba2 rem belakang ilang, dan saya hampir nabrak. setelah itu saya berhenti melihat2 keadaan motor tersebut, saya tidak menemukan hal aneh, dan saya kembali berkendar perlahan. setelah itu rem belakang terasa terisi kembali mulai berfungsi lagi. namun syangnya yang demikian itu terulang sampai beberaapa kali selama perjalanan dari bandung ke purwakarta (pp). beberapa hari setelahnya saya bawa ke bengkel yamaha, dan montirnya bilang kampas rem belakang sudah hampir habis, saya putuskan untuk ganti. namun kejdian tersebut masih terulang ketika saya berkendara ke daerah lembang. saya menduga ada masalah pada rem belakang tersebut, karena kejadian hilangnya fungsi rem belakang tersebut hanyadialami ketika berkenda dengan jarak relatif jauh dengan kecepatan relatif tinggi, sedangkan ketika berendara di kota dengan kecepatan reltif pelan, semua terasa baik2 saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah parah juga yak... kemarin ada yang bilang rem belakang tidak berfungsi karena panas karena handle terus ditekan dan rem terus bekerja, oleh sebab itu rem jadi panas dan blong..

      Delete
  3. Sama seperti yang saya alami saat berkendara bawa n max kesayangan menempuh rangkasbitung jakarta, tepat didaerah kalideres saat kendaraan lagi melaju kencang saya justru kehilangan fungsi rem belakang.....dengan sangat hati2 saya gunakanbrem depan utk menepi, setelah kendaraan berhenti saya periksa rem tapi tdk ada yg mencurigakan, saya melanjutkan perjalanan sambil mencari bengkel yg buka, tapi tidak menemukannya, sampai lebih dari 2 km, saat hampir sampai di daerah pesing anehnya remnya berfungsi kembali, ......waduh gimana nih Yamaha saya jadi risih utk melakukan perjalanan jauh menggunakan N Max.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata banyak yang mengalami hal yang sama dengan saya, bisa dipastikan bahwa rem belakang NMax bisa bermasalah kalau dipakai menempuh jarak yang jauh.

      Delete
    2. saya malah nmax ABS , udah pernah blong 2 kali , itu pas lagi riding ke santolo dan keadaan jalan pun berkelok ,pas lagi cornering mengikuti likuk jalan tiba2 rem belakang blong abis dan itu aga lama blong nya

      Delete
  4. Saya juga mengalaminya padahal jarak yang saya tempuh kira-kira 10 km dan kejadian itu selalu berulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau begitu parah juga, bahaya itu kalau rem blog berulang-ulang, segera periksakan ke Dealer Terdekat NMaxnya.

      Delete
  5. Nmax saya smpe skrng jg bgtu.. udah ke bengkel yamaha penyakitnya masih ga ilang, minta di ganti brembo x biar sehat walafiat

    ReplyDelete
  6. Kejadian hampir sama kayak saya saya juga begitu rem belakang tiba tiba blong padahal lagi jalan agak kencang akhir menepi sebentar habis itu di coba rem dah kembali lagi seperti semula ,besok ke bengkel Yamaha mekanik bilang gpp di areal ulang sampai sekarang normal cuma serring ganti kampas rem 2 bulan sekali xixixix

    ReplyDelete
  7. Saya mengalami hal serupa, kondisi nya saat menuruni jalan yang kurang bagus sekitar 1km. Saat itu saya dengan istri dan anak, menuruni jalanan di kaki gunung ciremai yang banyak lubang, kecepatan rata rata 20 km/jam. Stelah 20 menitan rem belakang tiba tiba los. Sewaktu saya pegang pipa selang di master rem belakang memang panas. Saya berhenti sekitar 15 menit, setelah agak dingin pipa selang masternya rem berfungsi normal.

    ReplyDelete
  8. Saya mengalaminya setiap hari. Saya baru beli Nmax second yg berumur setahun. perjalanan dari rumah ke kantor sekitar 30 km. Sepanjang jalan ada 2 kali blong gitu. Berarti ada 4 kali blong dalam sehari. Mohon masukkannya supaya gak ada kejadian blong gini lagi.

    ReplyDelete
  9. Salam kenal....
    Saya sampai disini juga karena lagi googling permasalahan yang sama.... tiba2 Rem N max kita lagi meluncur dijalan tiba2 rem belakang Blong... dikocok2 beberapa kali trus ada lagi...
    Waaah... bahaya juga dong... Seperti malam ini saya lagi meluncur dijalan, tiba2 kendaraan roda 4 didepan ngerem.. Eeeeh.. tiba2 Motor saya Blong.. untung bisa ngelak.
    Besok saya akan coba memeriksa semua komponen yg berhubungan dengan rem belakang N Max... Siapa tau ada sesuatu yang saya dapat, nanti berbagi lagi...
    Terima kasih rekan2 ya....

    ReplyDelete
  10. Saya juga alami hal serupa padahal perjalan baru sekitar 5 km.....tiba2 blong.....kalau dr pengalaman rekan2 diatas walaupun sdh dibawa ke bengkel resmi dan diganti kanpas rem tetap aja....mohon saran utk solusi permasalahan tsb.....terima kasih

    ReplyDelete
  11. berarti hampir rata2 penyakit rem belakang motor nmax bgitu dong ya,saya juga pernah mengalami di motor soul GT juga seperti ngeblong tuas rem belakang kosong.belum lama juga motor nmax saya sama seperti ngeblong kejadian tersebut saya sementara sambil jalan mengunakan pakai rem depan dengan jalan lamban itu dan itu akan ada terisi kembali atau bisa dipakai lagi sampai saat ini.tapi saya tetap akan check atau service.kenapakah rem motor nmax atau soul GT rem belakang bisa seperti itu.mohon penjelasan nya untuk pengguna motor NMAX dan SOUL GT.ini bisa fatal akhirnya lo om.

    ReplyDelete
  12. kemungkinan memang cacat produksi, rem belakang nmax saya selalu blong jika sudah agak panas sedikit padahal hanya menempuh jarak 20 km, gmnanih yamaha

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih