Modus Penipuan Dengan Dokumen Penting Jatuh di Jalan

Advertisement
Advertisement
Brosis, memang tak pernah henti modus para penipu, mereka selalu saja punya inovasi untuk bisa melakukan aksinya supaya bisa menipu calon korbannya. Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang modus penipuan dengan memakai cara undian mobil dari Luwak White koffie. Kali ini modus penipuan yang akan melakukan aksinya dengan menyebarkan amplop berwarna coklat yang berisi tulisan Dokumen Penting dan ada nomor seri registrasinya.

Modus Penipuan Dengan Dokumen Penting Jatuh di Jalan

Sebenarnya modus ini sudah lama namun setiap daerah ada yang duluan melihat modus seperti ini ada juga yang agak belakangan karena pelaku mencoba menyebar amplop tersebut di beberapa daerah yang ada di Indonesia dan dalam waktu yang berbeda. Amplop biasanya dijatuhkan di sembarang tempat terutama di jalan sehingga orang akan mudah memungut amplop tersebut dan membukanya.

Modus Penipuan Dengan Dokumen Penting Jatuh di Jalan

Setelah amplop coklat itu dibuka biasanya berisi tiga lembar surat seperti Surat Izin Usaha (SIUP), Surat Keterangan Tanah dan selembar Cek senilai 4,5 milyar rupiah. Dan dipastikan ketiga lembar surat itu adalah palsu atau hasil rekayasa para penipu itu sendiri.

Modus Penipuan Dengan Dokumen Penting Jatuh di Jalan

Pernah ada orang menemukan dua amplop dalam lokasi yang sama dan kedua amplop itu juga dibuka oleh yang menemukan. Setelah amplop pertama dibuka, isinya adalah seperti yang saya jelaskan di atas. Kemudian amplop kedua juga dibuka, isinya sama persis dengan amplop yang pertama tidak ada bedanya termasuk nomor seri cek juga sama. Kelihatan sekali bahwa ini adalah modus penipuan, tidak mungkin ada dua dokumen penting dengan nomor yang sama.

Modus Penipuan Dengan Dokumen Penting Jatuh di Jalan
Cek yang ditemukan dalam amplop berbeda memiliki nomor seri yang sama
Cara kerja dari modus penipuan ini adalah orang yang menemukan dokumen itu diharapkan akan menghubungi HP yang tercantum di SIUP itu dan kemudian digiring ke mesin ATM untuk menerima uang terima kasih karena telah menemukan dokumen penting itu. Namun saat di ATM itulah yang menemukan dokumen itu akan digiring untuk mentransfer uang ke rekening penipu. Nah di sanalah penipu akan melakukan aksinya dengan berpura-pura membantu mengecek saldo apakah sudah masuk atau belum atau ada juga bilang supaya tidak salah transfer atau dua kali transfer.

Modus Penipuan Dengan Dokumen Penting Jatuh di Jalan

Nah jika suatu hari kamu menemukan amplop yang seperti ini alangkah baiknya kamu ambil dan buka kemudian lihat isinya dan jika isinya sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas yakni berisi berisi tiga lembar surat seperti Surat Izin Usaha (SIUP), Surat Keterangan Tanah dan selembar Cek senilai 4,5 milyar rupiah maka silakan robek semuanya dan buang di tong sampah, hitung-hitung berbuat kebaikan dengan memungut sampah yang dibuang sembarangan oleh penipu itu dan juga membantu supaya tidak ada orang lain yang mungkin bisa tertipu dengan penemuan surat itu.

Baca juga: Rekaman Mengerjai Penipu yang mengaku dari Mandiri

Nah itulah sedikit info supaya kamu tidak kena kasus penipuan dari dokumen penting yang ditemukan di jalan, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

1 Response to "Modus Penipuan Dengan Dokumen Penting Jatuh di Jalan"

  1. Thanks for you information
    Tugas dalam menjaga dan membantu masyarakat agar terhindar dari penipuan dan kejahatan, bukan hanya tugas dan kewajiban kepolisian saja, melainkan sudah menjadi tugas dan tanggung jawab setiap warga negara indonesia tanpa melihat jabatan,kedudukan serta profesi. Oleh karena itu jangan ragu untuk share segala bentuk kejahatan Cyber Crime ini ke situs crimecyber.net atau laporpolisi.com , supaya para penipu dan penjahat tersebut jadi jera dan masyarakat supaya dapat informasi tentang kejahatan cyber crime yang kian bertambah marak akhir-akhir ini

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih