Resep Martabak Telur Ayam Spesial

Advertisement
Advertisement
Selama ini kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Martabak, biasanya martabak ini rasanya gurih dan terbuat dari bahan telur, ada yang memakai telur bebek ada juga yang memakai telur ayam. Sekarang ini banyak orang yang menjual martabak telur, biasanya kalau orang menjual martabak maka sudah pasti pedagang itu juga menjual kue terang bulan.

Pilihan martabak ini bermacam-macam, tergantung pilihan atau selera, biasanya paling banyak martabak telur ayam biasa dan ada juga martabak telur ayam spesial yang rasanya pasti lebih gurih. Martabak merupakan salah satu makanan khas Indonesia, selain masakan seperti Nasi Goreng atau atau Mie Goreng yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Resep dan cara mudah membuat Martabak Telur Ayam Spesial

Martabak ini juga salah satu makanan favorit saya, saya memang suka makanan dari bahan dasar telur misalnya Perkedel Kentang  dan Fuyung Hay kedua makanan itu juga makanan favorit saya. Jika kamu juga suka dengan makanan dengan bahan dasar telur, maka tidak da salahnya kamu mencoba membuat sendiri makanan favorit kamu, kali ini saya akan mencoba menulis #Resep tentang cara membuat martabak telur ayam spesial, baiklah saya tidak akan berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa persiapan sebelum mulai membuat martabak telur.

Bahan-bahan atau Bumbu-bumbu:
Bahan kulit:
Tepung terigu sebanyak 200 gram.
Telur Ayam sebanyak 1 butir.
Air putih sebanyak 400 ml.
Garam sebanyak 1 sdt.
Minyak sayur sebanyak 1 sdm.

Bahan isi:
Daging ayam dicincang sebanyak 100 gram.
Telur ayam sebanyak 3 butir.
Daun bawang sebanyak 5 batang, dirajang halus.
Bawang Bombay 1 buah, dirajang halus.
Bawang putih sebanyak 2 siung, dihaluskan.
Garam, lada bubuk dan penyedap rasa secukupnya.

Cara membuat kulit Martabak:
Campurkan tepung terigu dengan garam aduk hingga merata, kemudian jangan lupa masukkan telur aduk sampai rata, kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni, tambahkan minyak sayur sehingga adonan menjadi kalis.

Cara membuat isi Martabak:
Tumis bawang bombay dan bawang putih sehingga harum, kemudian masukkan daging ayam yang sudah dicincang, masukkan garam, lada bubuk secukupnya dan kalau mau bisa tambahkan penyedap rasa secukupnya dan masukkan juga daun bawang yang sudah dirajang tadi, kemudian aduk sampai tercampur rata, jika sudah terlihat agak matang kemudian angkat dan taruh pada tempat yang cukup untuk menampung tumisan tadi dan telur. Setelah itu  masukkan telur kedalam campuran adonan tadi, kemudian aduk-aduk sampai merata. Adonan isi siap untuk dimasukkan ke dalam kulit Martabak.

Cara membuat Martabak Telur:
Ambil bahan kulit Martabak, lalu cetaklah bahan kulit martabak dengan dengan menggunakan wajan dadar buat setipis mungkin, jika kamu bisa lakukan seperti yang kamu lihat seperti penjual martabak lakukan ketika membuat kulit martabak. Jika kulit sudah siap maka siapkan isi martabak dan pastikan sudah ada wajan ceper yang agak agak lebar yang sudah berisi minyak goreng yang tidak terlalu panas.

Setelah minyak panas, masukkan kulit martabak tadi ke dalam wajan, kemudian masukkan isi martabak tepat di tengah-tengah kulit martabak, kemudian ratakan isi tersebut dan jangan sampai lewat dari bagian luar kulit martabak, setelah itu lipat bagian luar kulit martabak ke arah tengah untuk membungkus isi martabak, lakukan pelipatan dari empat sisi kulit martabak sehingga martabak berbentuk persegi panjang, lanjutkan menggoreng sampai martabak matang, jika sudah matang kemudian angkat, tiriskan sebentar dan siap untuk disajikan.

Martabak Telur siap disajikan dan disantap, jangan lupa lengkapi dengan cabe dan saos dan juga dengan acar kalau ada. Nah itulah cara mudah untuk membuat Martabak Telur Ayam Spesial, selamat mencoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. Baca juga: Resep masakan lainnya.
Advertisement
BERITA TERKAIT :