Resep Membuat Fuyunghai Ayam

Advertisement
Advertisement
Ada yang suka dengan Fuyunghai? Mungkin ada yang suka ada juga yang tidak. Fuyunghai merupakan salah satu makanan kesukaan saya. Makanan yang terbuat dari bahan dasar telur ini merupakan salah satu jenis masakan china atau chinese food bahasa kerennya atau juga seafood karena dagingnya pakai kepiting.

Entah kenapa saya selalu suka dengan makanan yang berbahan dasar telur, misalnya martabak telor, bahkan hanya telur dadar saja saya suka apa lagi dengan Fuyunghai yang lengkap isi sayur dan daging kepiting didalamya tentu akan membuat Fuyunghai ini lebih enak dari sekedar telur dadar.

Nah jika kamu juga suka dengan Fuyunghai berarti sama dengan saya, nah jika kamu ingin membuat Fuyunghai sendiri di rumah maka ini ada resep cara mudah membuat Fuyunghai kali ini dagingnya pakai daging Ayam dan juga tidak kalah enak, berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan membuat Fuyunghai:
Daun bawang diris halus
1 sdm minyak goreng
1/2 sdm kecap inggris
1/4 sdt gula pasir
1/4 sdt lada atau merica bubuk
125 gram paha ayam filet yang dicincang kasar
150 gram wortel sayur dipotong model korek api
200 gram daun kol diiris kasar
2 sdt garam / secukupnya
3 sdm tepung  sagu
3 siung bawang putih dicincang kasar
8 telor ayam atau bebek silakan dikocok lepas

Bahan saus Fuyunghai:
700 ml / 3 gelas air putih biasa
5 buah tomat sayur
5 siung bawang putih yang dimemarkan dan dicincang kasar
4 sdt gula pasir
2 sdt garam / secukupnya
2 sdm tepung sagu campur dengan 2 sdm air silakan larutkan
2 sdm minyak goreng untuk menumis
2 batang daun bawang silakan diiris miring
1 buah bawang bombay silakan diiris panjang
100 gram wortel sayur, silakan potong korek api
100 gram saus tomat
100 gram kacang polong
1/2 sdt lada atau merica bubuk
1/2 sdt cuka
1 sdm kecap inggris

Panduan cara memasak fuyunghai ayam:
Silakan tumis dulu bawang putih sampai berbau harum, setelah itu masukkan daging ayam filet, silakan ditumis sampai dagingnya berubah warna.
Setelah itu tambahkan sedikit garam, lada atau merica bubuk, gula pasir setelah tercampur, silakan angkat dulu masakkan dagingnya.
Langkah selanjutnya, masukkan wortel sayuran, kol dan daun bawang pada campuran telor kemudian masukkan tumisan ayam kocok sampai tercampur rata, kemudian masukkan tepung sagu dan aduk sampai merata.
Setelah itu silakan panaskan minyak goreng yang banyak, silakan masukkan sendok sayur pada minyak panas tadi, silakan ambil adonan telor dengam sendok panas tadi dan silakan disiram-siram sampai adonan terlepas dari sendok sayur, kalau sudah silakan di balik dan goreng sampai matang.

Cara membuat saus fuyunghai:
Silakan rebus dulu tomat dengan air sampai mendidih, setelah itu angkat airnya jangan dibuang dan jangan lupa hilangkan biji tomat kemudian haluskan dengan blender, setelah itu campur dengan air rebusan tomat tadi.
Tumis bawang bombay dan juga bawang putih sampai berbau harum tambahkan juga wortel sayur dan silakan ditumis sampai matang atau layu.
Jangan lupa untuk memasukkan air tomat lalu dimasak sampai mendidih, setelah itu masukkan kecap inggris, sedikit saus tomat, garam, lada / merica bubuk dan gula pasir, silakan dimasak sampai mendidih.
Terakhir masukkan larutan tepung sagu dan masak adonan ini sambil terus diaduk sampai mendidih dan meletup-letup dan juga mengental. Jangan lupa untuk menambahkan kacang polong beberapa daun bawang dan juga cuka ke dalam masakan agar lebih enak.

Nah Fuyunghai dan saus sudah selesai, sekarang tinggal disajikan dan siap untuk disantap. Nah itulah bahan dan cara membuat Fuyunghai Ayam, silakan dicoba semoga berhasil dan menyenangkan.
Advertisement
BERITA TERKAIT :