Cara Mudah Cover Lagu Rekaman dengan HP

Akriko.com - Saat ini musim pandemi wabah Corona, Pemerintah mengimbau agar masyarakat tinggal di rumah saja untuk mencegah penyebaran virus Corona supaya tidak makin meluas. Nah selama diam di rumah mungkin ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti main game, bersih rumah, masak dan ada juga yang hobi nyanyi.


Nah kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagi kamu yang suka bernyanyi, mungkin banyak sekali aplikasi bernyanyi atau karaoke di Android yang bisa kamu pakai, namun untuk bisa memakai lagunya untuk bernyanyi solo kita harus berlangganan bulanan atau tahunan, salah satu aplikasi itu adalah Smule.

Untuk tips atau trik kali ini saya akan memberikan cara merekam lagu karaoke atau cover lagu yang kamu nyanyikan hanya dengan HP dengan hasil yang lumayan bersih tanpa ada suara luar yang masuk. Mengcover lagu merupakan hal yang menyenangkan bagi mereka yang suka bernyanyi, apa lagi dengan suara bagus pasti akan banyak orang yang suka mendengarkan.

Nah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik meski hanya dengan merekam memakai HP saja dan beberapa aplikasi dan alat bantuan supaya suara yang dihasilkan lebih bagus dari pada cuma pakai headset HP saja. Saya sendiri juga kadang suka cover lagu, kemudian saya unggah di channel Youtube saya dan juga di akun facebook saya.

Nah apa saja yang harus dipakai saat rekaman cover lagu dari rumah saja dengan memakai HP? berikut ini alat tambahan yang saya pakai.
  1. Mic Condensor BM800 + Stand micnya supaya micnya tidak gerak-gerak. Mic ini berguna untuk meredam suara dari luar supaya tidak ikut masuk terekam, meskipun ikut masuk namun suaranya sangat kecil sekali. 
  2. HP untuk merekam suara penyanyi dan juga satu lagi untuk memutar minus one.
  3. Tripod atau alat lain untuk memegang HP supaya stabil
  4. Kabel Audio Spliter untuk menyambungkan Mic dengan HP
  5. Headset / headphone untuk mendengarkan minus one
  6. Aplikasi Open Camera untuk bisa merekam suara memakai mic eksternel lewat HP.
  7. Lexis Audio Editor untuk mengedit hasil rekaman suara sebelum di mixing
  8. Aplikasi Kine Master untuk edit / mixing Lagu dan Minus One. atau bisa juga memakai aplikasi yang lain yang sejenis.
  9. Minus One lagu yang akan di cover, bisa di unduh di Youtube.
Nah itulah beberapa alat dan aplikasi yang dipakai untuk merekam cover lagu dengan HP, bagaimana cara kerjanya, sangat mudah sekali.
  1. Pertama silakan pasang HP pada tripod setelah itu silakan buka aplikasi Open Camera, setting open camera memakai aspek ratio 16:9 dengan resolusi 1080p 30fps saja, kemudian sambungkan mic condensor ke HP dengan menyambung dengan kabel Audio Spliter. Silakan baca disini untuk memakai open camera dengan mic external.
  2. Selanjutnya silakan dengarkan minus one dengan HP lain dengan memakai headset supaya musik tidak ikut masuk ke rekaman vocal, setelah selesai menyeting mic dan lagu, silakan mulai bernyanyi sampai selesai.
  3. Nah setelah selesai merekam vocal, silakan edit sedikit dengan Lexis Audio Editor, supaya bisa menambahkan efek pada vokal seperti reverbs supaya suara menjadi lebih bergema dan lebih bagus. Biasanya saya cuma menambahkan reverbs saja supaya yang terdengar tidak suara yang terlalu asli.
  4. Setelah selesai mengedit suara vokal menjadi lebih bagus, silakan mixing suara vokal dengan video hasil rekaman tadi dan juga dengan minus one memakai aplikasi kine master atau aplikasi lain. Saat penggabungan ini silakan hilangkan suara pada video rekaman, karena sudah memakai suara dari yang sudah diedit tadi dengan Lexis Audio Editor.
  5. Silakan atur volume dari vokal dan minus one supaya terdengar seimbang antara vokal dan musik, kadang hasil mixing terlalu menonjol vokalnya, jadi kalau di dengar dari jarak jauh itu yang terdengar vokal saja.
  6. Silakan dengarkan beberapa kali dengan memakai headset dan juga sesekali dengan speaker aktif supaya bisa membedakan hasilnya, karena kadang kalau dengan headset saja kadang vokal terdengar kecil saat dengan diputar di speaker aktif. 
  7. Nah jika sudah terdengar balance antara vokal dan musik, silakan isi videonya dengan watermark atau isi dengan kreasimu sendiri supaya video terlihat lebih bagus. Jika sudah selesai silakan pilih eksport, silakan pakai resolusi 720p, 30 fps dan laju bit yang sedang saja supaya ukuran video tidak terlalu besar. Tapi kalau mau hasilnya jernih bisa pakai pengaturan yang lebih tinggi.
Nah itulah cara merekam cover lagu dengan cara sederhana hanya dengan memakai HP, sangat mudah sekali bukan? namun jika masih ada yang bilang cara itu rumit maka kamu bisa datang ke studio saya kita ngobrol sambil ngopi dan saya yang akan editkan hasil cover lagu kamu, dengan syarat bawa minus one sendiri. Saya sendiri selalu memakai cara ini untuk rekaman cover lagu. Jadi kalau caranya sederhana jangan berharap mendapat hasil yang terlalu istimewa, setidaknya hasilnya tidak terlalu biasa. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 😇😆

Untuk mendengarkan atau melihat contoh hasil rekaman, silakan tonton video di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Cover Lagu Rekaman dengan HP"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel