Lexis Audio Editor, Edit Audio pada Android

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang aplikasi untuk edit audio supaya menjadi lebih bagus yakni dengan aplikasi Lexis Audio Editor, bagusnya lagi aplikasi ini gratis dan tanpa iklan sehingga kita tidak terganggu dengan iklan yang tiba-tiba muncul saat sedang asiknya mengedit audio di Android kita.

Lexis Audio Editor Edit Audio pada Android

Saya sendiri sudah memakai aplikasi ini sejak lama, biasanya saya pakai untuk edit audio dari rekaman suara saat cover lagu dan nanti di mix dengan minus one dari lagu yang saya cover. Lexis Audio Editor ini sangat sederhana dan sangat mudah untuk dipakai bagi para pemula yang mencoba untuk mengedit hasil suara rekaman dengan HP.

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk merekam suara dan setelah merekam kita bisa edit hasil rekaman kita sendiri di sana. Selain itu kita juga bisa impor audio atau video dari luar untuk kita edit pada aplikasi ini. Jika bentuknya audio maka hasil editnya sudah pasti berupa file audio dengan format mp4. Sedangkan jika yang di edit adalah video maka yang keluar hasilnya hanya suara saja atau bisa dibilang aplikasi ini juga bisa dijadikan alat untuk mengubah video menjadi audio dengan format mp4.

Kalau saya sendiri biasanya memakai aplikasi Lexis Audio Editor ini untuk mengedit suara saja, saya jarang merekam suara dengan aplikasi ini. Biasanya saya merekam suara dan video dengan aplikasi Open Camera supaya mendapat dua-duanya yakni video dan audio. Setelah selesai merekam suara dengan Open Camera, baru saya edit pada aplikasi Lexis Audio Editor.

Cara editnya sangat mudah, biasanya saya hanya menambahkan reverbs saja pada video / audio yang saya edit disini, supaya suaranya menjadi lebih bergema dan suara asli bisa disembunyikan sehingga bisa menjadi lebih bagus. Baiklah seperti apa cara memakai aplikasi Lexis Audio Editor ini, silakan simak caranya di bawah ini.
  1. Kalau belum punya aplikasinya, silakan unduh dulu di play store secara gratis, setelah itu silakan buka aplikasinya dan akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
  2. Untuk impor file yang sudah ada silakan pilih menu open, silakan pilih file yang ada pada perangkat Android kamu, jika sudah ketemu filenya, silakan pilih open, jika file sudah muncul di editor maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.
  3. Setelah itu untuk menambahkan efek, silakan tap titik tiga pada pojok kanan atas, disana ada beberapa pilihan menu. Saya sendiri paling sering memakai menu Reverb yang letaknya pada menu Effects. Menu Reverb tampilannya seperti di bawah ini.
  4. Menu reverb ini untuk mengubah suara menjadi lebih bergema, silakan atur pada Room Size, Damping, Reverb time, Input Bandwidth dan Early Reflection Level.
  5. Selama mengedit silakan tap Play untuk mendengarkan perubahan suara hasil utak-atik menu reverb ini, supaya kita bisa menentukan kombinasi edit dari menu reverb tersebut supaya menghasilkan suara yang lebih bagus.
Selain Efek reverb masih ada beberapa fitur lagi pada Lexis Audio Editor seperti di bawah ini
  1. Pilih menu Effect > Normalize, ini bertujuan untuk menormalkan audio sehingga suara audio menjadi lebih keras dan jelas
  2. Jika kamu ingin membuat suaranya terbalik yaitu dari belakang ke depan, kamu bisa menggunakan Effect->Reverse
  3. Jika kamu ingin merubah suara audio, gunakan Effect-> Change Pitch. (+) untuk suara lebih padat/ngebas dan (-) untuk suara nyaring
  4. Jika kamu ingin mengatur kecepatan suara audio, gunakan Effect->Change Speed. (+) untuk mempercepat dan (-) untuk memperlambat
  5. Jika kamu ingin mengatur tempo audionya, gunakan Effect->Tempo. fungsinya mengatur jarak tempo suara audio
  6. Effect->Noise Reduction, kamu bisa menggunakan ini untuk menghilangkan suara bising dari luar
  7. Effect->Equalizer, kamu bisa mengubah suara audio sesuai dengan yang kamu inginkan
  8. Effect->Echo, kamu juga bisa mengubah sendiri echo yang kamu butuhkan
Nah itulah salah satu aplikasi yang sering saya pakai untuk edit audio pada Android saya, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sebagai contoh ini hasil rekaman edit audio memakai Lexis Audio Editor

Belum ada Komentar untuk "Lexis Audio Editor, Edit Audio pada Android"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel