Website Sensus Penduduk Online 2020

Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang Sensus Penduduk Online 2020 yang akan dilaksanakan dengan dua metode yakni online dan wawancara langsung dengan beberapa tahapan yang harus dilewati.

Website Sensus Penduduk Online 2020

Kali ini masyarakat bisa melakukan atau mengikuti sensus penduduk 2020 ini secara mandiri karena dilakukan secara online, jadi kita tinggal masuk ke halaman website yang sudah disediakan oleh pemerintah, maka kita bisa mengisi data kependudukan kita disana secara online.

Sensus Penduduk 2020 menggunakan data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil sebagai basis data dasar yang kemudian dilengkapi pada pelaksanaan SP2020. Upaya ini menjadi langkah penting pewujudan Satu Data Kependudukan Indonesia.

Tahapan Kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan pengumpulan data: Sensus Penduduk Online (SP Online) di bulan Februari - Maret 2020, Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) di bulan Juli 2020, dan Pencacahan Sampel di bulan Juli 2021.

Jadi sudah jelas sekali diatas dijelaskan kita secara mandiri bisa mengisi formulir Sensus Penduduk 2020 secara mandiri pada rentang waktu di bulan Februari - Maret 2020, dengan mengunjungi situs https://sensus.bps.go.id bisa lewat komputer atau lewat HP karena situs itu sudah tampil dengan tampilan mobile friendly.

Bagi masyarakat yang tidak bisa ikut berpartisipasi pada Sensus Penduduk 2020 secara online pada jangka waktu yang ditentukan, maka masyarakat tidak perlu khawatir karena akan tetap disensus secara manual oleh petugas sensus dengan cara datang langsung ke rumah masing-masing dengan metode wawancara (SP Wawancara) yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020.

Seperti apa langkah-langkah untuk bisa ikut berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020, maka silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Masuklah ke laman https://sensus.bps.go.id klik saja langsung untuk menuju ke laman tersebut.
  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) anda
  3. Klik kotak kosong pada Isikan Captcha isikan kode yang ada di atas tulisan Isikan Captcha, jika sudah diisi lalu klik Cek Keberadaan.
  4. Jika pertama kali melakukan akses pada SP online, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai, lalu klik Buat Password.
  5. Masukkan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik Masuk.
  6. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SP online, lalu klik Mulai mengisi.
  7. Pilihlah bahasa yang dikuasai.
  8. Ikuti petunjuk yang ada dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya.
  9. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol Kirim.
  10. Unduh atau kirimkan bukti pengisian ke email anda dengan mengisikan alamat email.
Nah itulah beberapa langkah untuk bisa ikut berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online 2020, sekali lagi saya infokan, sensus online akan dimulai pada tanggal 15 Pebruari - 31 Maret 2020, jangan lupa untuk klik alamat website yang disebutkan diatas.

Nah kebetulan saya warga Buleleng maka saya bisa berikan info lainnya yakni untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Sekretariat SP2020 Kabupaten Buleleng di nomor telepon (0362) 22145. Nanti saya akan buatkan video tutorial bagaimana cara mengisi Sensus Penduduk Online 2020 ini, mohon ditunggu videonya, jika tidak ada halangan, saya harap tanggal 16 Februari nanti sudah bisa unggah di channel Youtube saya. 

Belum ada Komentar untuk "Website Sensus Penduduk Online 2020"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel