Jenis-Jenis Paspor ada Enam, Apa Saja?

Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali saya akan melanjutkan tulisan saya yang sebelumnya yakni tentang apa itu Paspor dan apa itu Visa. Tulisan kali ini masih ada kaitannya dengan tulisan sebelumnya. Untuk kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis Paspor yang ada yakni sebanyak enam jenis paspor.

Jenis-Jenis Paspor ada enam

Jadi ketika kamu akan membuat paspor maka sudah pasti harus membuat paspor sesuai dengan tujuan kamu keluar negeri, oleh sebab itu harus dijelaskan dengan baik saat kamu membuat paspor di kantor Imigrasi supaya paspor yang diterbitkan sesuai dengan keperluan pemegang paspor ini.

Baiklah seperti apa dan apa saja jenis paspor yang ada di Indonesia, berikut ini akan saya berikan penjelasannya dari masing-masing paspor yang ada serta apa fungsi dari masing-masing paspor tersebut.

Paspor biasa

Paspor standar yang di keluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia kepada Warga Negara Indonesia sebagai dokumen yang bisa di gunakan sebagai alat untuk ijin masuk ke negara lain saat melakukan perjalanan ke negara lain. Paspor ini biasanya berbentuk buku kecil dengan sampul yang berwarna hijau. Inilah paspor kebanyakan yang dimiliki warga. Besar kemungkinan anda juga memiliki tipe paspor ini.

Paspor dinas atau resmi

Paspor yang di miliki oleh pegawai khusus Indonesia saat akan melakukan tugas ke luar negeri. Pemegang paspor yang memiliki sampul berwarna biru ini akan mendapatkan beberapa kemudahan yang tidak di dapatkan oleh pemegang paspor biasa. Biasanya mereka mengadakan kunjungan kerja (Kunker) atau studi banding. Bisa juga adakan rapat antar instansi negara.

Paspor orang asing

Paspor yang dikeluarkan untuk orang asing yang bukan merupakan warga negaranya. Jenis paspor ini prosedur pembuatannya di atur oleh masing-masing negara dengan beberapa ketentuan yang berbeda. Contoh dari paspor orang asing ini adalah paspor yang di berikan oleh pemerintah Saudi Arabia kepada calon haji yang akan melaksanakan haji ke Mekah. Tentunya bentuk paspor ini tak jauh berbeda dengan jenis-jenis paspor yang lainnya.

Paspor kelompok

Anda mau berwisata keluar negeri secara beramai-ramai? Kemungkinan besar anda butuh paspor jenis ini. Karena tipe paspor yang diberikan kepada sekelompok orang atau grup yang sedang melakukan perjalanan ke luar negeri. Bukan hanya berwisata tapi juga untuk keperluan studi banding anak sekolah, kursus pendek dan sekolah musim panas.

Paspor diplomatik

Seperti namanya, Adalah tipe paspor yang di gunakan oleh para pegawai pemerintahan yang akan melakukan perjalanan khusus ke luar negeri yang berhubungan dengan pemerintahan. Seperti staf Kementrian Luar Negeri yang akan melakukan perundingan di negara sahabat.

Nah itulah beberapa jenis-jenis paspor yang di terbitkan di Indonesia. Bagi kamu yang akan membuat paspor tentu harus mengetahui hal ini terlebih dahulu agar supaya paspor yang akan kamu buat sesuai dengan tujuan dan keperluan kamu.Jangan sampai salah buat, karena berakibat tidak diterimanya dokumen saat pembuatan visa. Atau penolakan saat di kantor imigrasi negara tujuan. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi tentang jenis-jenis paspor, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Paspor ada Enam, Apa Saja?"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel