Kalender Bali Online Digital Klasik Lengkap

Advertisement
Advertisement
Om Swastyastu, halo Brosis, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang Kalender Bali lengkap yang bisa kita lihat secara online di internet. Kalender Bali ini merupakan alat atau media yang saya rasa selalu ada di setiap rumah karena memang fungsinya sangat banyak sekali terutama yang berkaitan dengan mencari Dewasa Ayu atau Hari Baik menurut Hindu / Bali.

Kalender Bali Online Digital Klasik Lengkap

Perkembangan teknologi yang saat ini sangat pesat dengan mudahnya akses internet, membuat hal-hal tertentu bisa dibuat secara online. Seperti Kalender Bali ini, mungkin 20 tahun lalu belum ada yang namanya kalender Bali online dan selengkap kalender Bali yang dicetak. Dengan demikian kita sangat mudah untuk melihat hari-hari atau tanggal-tanggal yang sudah lewat.

Namun meskipun jaman sudah canggih masih banyak yang perlu dan memakai kalender Bali yang dicetak dan digantung di bagian rumah yang mudah diakses ketika kalender itu diperlukan untuk diambil ketika akan melihat Dewasa Ayu atau hari baik ketika akan melaksanakan sebuah upacara menurut Bali. Hampir semua upacara Panca Yadnya dilaksanakan pada hari Baik.

Kelemahan kalender Bali cetak adalah kita tidak bisa mencari tahun-tahun yang lewat, kalau untuk satu atau dua tahun lalu mungkin masih punya stok kalender lama dengan tahun yang dimaksud. Nah bagaimana kalau kita perlu kalender Bali dengan tahun yang sudah lama, misalnya 10 tahun, 20 tahun bahkan untuk mencari kalender sampai 50 tahun lalu. Rasanya mustahil untuk menemukan kalender Bali cetak 50 tahun lalu.

Dengan kalender Bali Online ini kita bisa mundur mencari tahun yang kita inginkan sampai tak terbatas, dari 10 tahun lalu hingga 100 tahun lalu bisa kita lihat memakai Kalender Bali online ini. Hal ini bisa membantu kita mengetahui apa yang ingin kita cari terhadap tanggal, hari, bulan dan tahun tersebut.


Biasanya banyak yang mencari kalender tahun-tahun yang sudah lewat adalah untuk mengetahui otonan, baik otonan mereka sendiri atau otonan orang lain, yang penting tahu tanggal lahirnya. Namun ada juga yang terbalik ada yang hanya tahu otonannya saja tanpa tahu tanggal lahirnya tentu caranya akan berbeda dengan yang tahu tanggal lahirnya.

Baiklah saya akan langsung memberikan dua kalender Bali online yang saat ini ada di internet. Pertama adalah kalenderbali.org untuk tampilan seperti kalender Bali yang dicetak silakan klik kalenderbali.org/klasik dan yang kedua adalah kalenderbali.info kedua kalender Bali itu sama lengkapnya sekarang tergantung yang mana yang Anda suka untuk memakainya ketika Anda perlu kalender yang bisa memberikan informasi untuk tahun-tahun tertentu yang sudah lewat dan bahkan yang akan datang juga bisa kita lihat pada kedua kalender Bali online tersebut.

Selain kedua kalender online tersebut yang bisa diakses via browser komputer atau HP, kita juga bisa mengunduh salah satu aplikasi Kalender Bali yang lengkap yang ada di Play Store dengan nama Kalender Bali yang dikembangkan oleh Alitmd dan kita bisa unduh aplikasi tersebut secara gratis namun dalam aplikasi tersebut terdapat iklan. Bagi yang ingin mengunduh silakan klik disini.


Seperti yang saya baca dan saya salin kembali dari Kalenderbali.info, Kalender yang berkembang di masyarakat Hindu Bali yang sering disebut dengan Kalender Bali merupakan gabungan dari Kalender Gregorian (Kalender Masehi), Kalender Saka Bali dan Kalender Tika. Kalender Gregorian (Kalender Masehi) adalah kalender yang digunakan secara internasional yang menggunakan perhitungan Tahun (Tarikh) Masehi. Tarikh Masehi termasuk Tarikh Surya (Solar System). Kalender Saka Bali adalah Kalender Saka yang berkembang di Bali dengan menggunakan Tarikh Candra yang disesuaikan dengan Tarikh Surya. Sedangkan Kalender Tika merupakan kalender tradisional Bali yang termasuk non-astronomik, disusun berdasarkan Pawukon/Wuku dan Wewaran.

Kalender Tika tidak memperdulikan posisi astronomik sama sekali, namun penggunaannya bagi Masyarakat Bali tidak dapat dipisahkan dari penggunaan Kalender Saka Bali. Upacara keagamaan (yadnya) seperti piodalan di Pura diselenggarakan selain berdasarkan Pawukon juga menggunakan Pananggal atau Panglong dalam Sistem Kalender Saka Bali. Walaupun demikian, dalam kehidupan sehari-hari Masyarakat Bali tetap menggunakan Kalender Gregorian yang ditetapkan secara internasional.

Kalender Bali menggunakan aturan sebagai berikut:
  1. Satu hari adalah dua puluh empat jam dimana pergantian hari terjadi saat matahari terbit.
  2. Satu minggu disebut dengan Saptawara terdiri dari tujuh hari yaitu Redite, Coma, Anggara, Buda, Wraspati, Sukra, Saniscara, dimana pergantian minggu dimulai pada Redite. Redite sama dengan Hari Minggu dalam Kalender Masehi.
  3. Satu bulan terdiri dari lima minggu dimana pergantian bulan dimulai setelah Tilem (bulan gelap) yang disebut Pananggal Ping Pisan. Nama-nama minggu mengambil Sistem Wuku (Pawukon) yaitu : Sinta, Landep, Ukir, Kulantir, Toulu, Gumbreg, Wariga, Warigadean, Julungwangi, Sungsang, Dungulan, Kuningan, Langkir, Medangsia, Pujut, Paang, Krulut, Merakih, Tambir, Medangkungan, Matal, Uye, Menail, Prangbakat, Bala, Ugu, Wayang, Kulawu, Dukut, Watugunung.
  4. Satu tahun terdiri dari dua belas bulan dimana pergantian tahun terjadi pada Tahun Baru Saka yaitu tanggal satu Waisakha atau Pananggal Ping Pisan Sasih Kadasa. Nama-nama bulan adalah : Kasa, Karo, Katiga, Kapat, Kalima, Kanem, Kapitu, Kaulu, Kasanga, Kadasa, Jyesta, Sada.
Nah itulah sedikit informasi tentang Kalender Bali online yang lengkap, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi tentang hari di tahun-tahun yang sudah lewat. Om Santhi Santhi Santhi Om.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Kalender Bali Online Digital Klasik Lengkap"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih