Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Otonan Menurut Tanggal Lahir

Akriko.com - Umat Hindu yang sudah ada sejak dahulu di Bali tidak lepas dengan Adat dan Budaya yang sangat berkaitan dengan Agama Hindu. Kebanyakan penduduk di Bali sejak dulu memang menganut Agama Hindu dan segala kegiatan Agama tentu erat kaitannya dengan Hindu Bali yang sudah ada sejak dahulu.

Cara Mengetahui Otonan Menurut Tanggal Lahir
Foto: balifloatingleaf.com

Umat Hindu yang selalu mengadakan upacara Agama yang sesuai dengan Hindu tentu akan selalu mewariskan ajaran tersebut sampai kapanpun selama masih ada manusia di dunia ini. Banyak sekali jenis Yadnya yang ada pada ajaran agama Hindu dan dari sekian banyak di bagi menjadi lima yang di sebut dengan Panca Yadnya.

Baca juga: Cara Mengetahui Hari Lahir Berdasarkan otonan

Pada tulisan saya kali ini, tidak akan dibahas panjang lebar tentang Panca Yadnya karena sudah pernah saya tulis sebelumnya yang saya kutip dari berbagai sumber. Nah kali ini saya akan lebih membahas pada salah satu hal yang ada kaitannya dengan Bagian Panca Yadnya.

Dalam hal ini saya akan menjelaskan tentang kelahiran manusia yang dimana setiap kelahiran manusia di Bali terutama yang beragama Hindu akan dicatat berdasarkan dua metode yakni berdasarkan Tahun Masehi untuk menentukan hari ulang tahun dan Tahun Caka untuk menentukan hari ulang tahun (otonan) berdasarkan Hindu.

Baca juga: Lupa Otonan Sama Artinya Lupa Dengan Diri Sendiri

Saat ini mungkin sudah mudah sekali menentukan hari ulang tahun atau otonan seorang anak yang lahir karena sistem pencatatan sekarang ini sudah canggih sehingga jarang ada orang yang tidak tahu hari ulang tahunnya dan otonannya. Namun berbeda jika ada kelahiran pada tahun 1950an atau bahkan di bawah itu.

Banyak faktor yang menyebabkan orang tidak ingat dan lupa mencatat hari dan tanggal kelahirannya kebanyakan mereka hanya ingat tahun lahirnya saja, sehingga susah sekali untuk menentukan hari ulang tahun mereka dan pada akhirnya tanggal dan bulan buat menjadi tanggal 31 Desember untuk kelengkapan Adminsitrasi. Bukan satu atau dua orang yang mengalami masalah seperti ini, jumlahnya ada banyak bukan hanya di Bali Saja.

Seperti kedua orang tua saya, mereka tidak tahu tanggal dan bulan lahirnya sehingga pada KTP dan kartu lainnya tanggal lahir mereka tercantum 31 Desember dengan tahun lahir saja yang diingat. Jadi dengan demikian akan susah menentukan otonan atau ulang tahun menurut Hindu Bali.

Baca Juga: Otonan itu berdasarkan tahun Saka

Saat ini jalam sudah canggih, segalanya ada berupa yang digital termasuk saat ini juga ada Kalender Bali Digital yang memungkinkan kita melihat tanggal dimasa yang kita ingingkan. Seperti contoh di atas tanggal lahirnya adalah 31 Desember dan anggap saja tahun lahirnya adalah 1953. Nah dari tanggal bulan dan tahun tersebut kita bisa mencari otonan atau hari kelahiran berdasarkan kalender Caka.

Otonan berasal dari kata “pawetuan”, yaitu peringatan hari lahir menurut tradisi agama Hindu di Bali yang didasarkan pada Sapta wara, Panca wara, dan Wuku. Dalam kalender Bali otonan dirayakan setiap 210 hari (setiap 6 bulan).Untuk itu kamu bisa memakai bantuan Kalender Bali Online di https://kalenderbali.com/ silakan buka laman Kalender Bali tersebut dan berikut adalah beberapa langkah yang mudah untuk mengetahui hari otonan berdasarkan tanggal lahir menurut Hindu Bali.



  1. Setelah klik link tersebut maka akan muncul hari, tanggal, bulan dan tahun sesuai dengan hari saat kamu membuka laman tersebut.
  2. Setelah itu silakan perhatikan bagian atas, di sana ada menu dropdown yang bersisi tanggal, bulan, tahun dan tombol OK.
  3. Silakan pilih tanggal, bulan dan tahun (silakan ketik manual) sesuai dengan tanggal lahir yang mau di cari atau diketahui otonannya. Setelah itu silakan klik OK.
  4. Setelah itu akan muncul laman kalender yang sesui kamu masukkan tadi, tanggal yang di cari biasanya akan berwarna kuning nah itulah tanggal yang di maksud.
  5. Silakan amati beberapa hal yang dipakai untuk menentukan otonan yakni Hari (Sapta Wara), Panca Wara ( Umanis, Paing, Pon, Wage, Kliwon) dan Wuku, nah disana dikombinasikan.
Misalnya tanggal 31 Desember 1953 itu adalah  seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Pada gambar di atas nampak hari Kamis (wraspati), Pancawarnya Wage dan Wukunya adalah Sungsang terlihat pada bagian atas. Nah otonannya jadi Wraspati Wage Sungsang. Nah itulah cara menentukan otonan Bali dengan bantuan Kalender Bali Online.

Perlu diketahui bahwa penentuan otonan orang Bali itu berdasarkan tahun Saka, yang artinya mulainya hari adalah sejak pukul 06.00 Pagi hingga besok paginya pukul 06.00 Wita, Jadi jam lahir juga akan mempengaruhi otonan orang tersebut. Misalnya sebagai contoh diatas lahir tanggal 31 Desember 1953, misalnya lahirnya pukul 10.00 pagi. Maka sudah pasti otonannya sesuai wewaran tanggal 31 Desember 1953.

Nah jika lahirnya tanggal 31 Desember 1953, tapi lahirnya pukul 00.24 Dini hari ( peralihan dari tanggal 30 ke 31 / sudah tanggal 31 Desember tapi dini hari) maka otonan yang dipakai adalah wewaran pada tanggal 30 Desember 1953. Karena menurut kalender caka dini hari itu masih milik wewaran tanggal 30 Desember 1953. Karena pergantian hari menurut kalender saka adalah mulai pagi hari pukul 06.00 Wita.

Nah itu adalah salah satu contoh saja, jika kamu ingin mengetahui otonan kamu, silakan masukkan tanggal, bulan dan tahun lahir kamu dan pastikan juga jam lahirnya jam berapa supaya bisa menentukan otonan yang benar dari hari kelahiran kamu..


Jika masih ada yang tidak paham dengan apa yang saya jelaskan pada artikel ini, silakan hubungi Telegram di bawah ini untuk mengetahui otonan Anda, silakan kirim tanggal lahir dan jam lahir via kontak blog ini.

Selain itu ada juga cara lain yakni dengan aplikasi di Android dan iOS yakni dengan Kalender Bali. Caranya hampir sama, jika belum punya aplikasinya, silakan unduh secara gratis dulu di Play Store dan App Store 

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

1 komentar untuk "Cara Mengetahui Otonan Menurut Tanggal Lahir"

  1. Trimakasih atas informasinya jdi saya bisa ingat kembali otonan anak saya yg smpat lupa

    BalasHapus

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih