Membuat Kipas Angin dengan Cooler Fan Bekas Komputer

Advertisement
Advertisement
Sejak beberapa hari belakangan saya selalu merasakan gerah di tempat kerja padahal ruangan sudah berisi Air Conditioner (AC) yang sudah dihidupkan dan bahkan sampai pada suhu terdingin atau terendah yakni 16 derajat celcius. Namun meskipun demikian suasana ruang kerja masih terasa agak panas.


Ada dua kemungkinan kenapa AC tidak mengeluarkan suhu yang dingin, bisa jadi karena AC rusak atau Freonnya habis. Untuk saat ini semua itu dibiarkan dulu karena dalam beberapa hari ke depan kita akan pindah kantor ke kantor yang baru. Jadi untuk urusan AC kita harus akali dengan disuruh membawa kipas angin dari rumah jika di rumah punya kipas angin lebih.

Nah untuk itu saya mencoba mengakali situasi ini supaya saya tidak merasa begitu gerah saat bekerja. Kebetulan di kantor ada beberapa barang bekas yang tidak terpakai seperti bangkai PC dan juga bangkai printer yang lengkap dengan jeroannya dan juga kabelnya.

Nah kali ini saya akan membuat kipas angin mini dari cooling fan PC dan kabel USB dari printer. Cukup dengan dua alat itu kita sudah bisa membuat kipas angin portable yang bisa dicolokkan pada post USB yang ada pada PC meskipun tidak menghasilkan angin yang besar seperti kipas angin konvensional. Namun dengan bantuan kipas buatan tersebut saya merasa lebih sejuk.

Nah berikut akan saya jelaskan apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara membuat kipas angin portable dari bahan bekas komputer dan juga kabel USB printer. Untuk bahannya adalah kipas pendingin PC yang masih hidup dan kabel USB untuk menyambungkan printer ke PC. Sedangkan untuk alat bantu untuk mengerjakan cukup dengan gunting dan isolasi saja, kalau bisa pilih isolasi warna hitam atau sesuaikan dengan warna kabel USB yang dipakai. Silakan lihat pada gambar di bawah.

Membuat Kipas Angin dengan Cooler Fan Bekas Komputer
Kabel USB untuk Printer yang sudah dipotong ujungnya dan dikupas ujung kabelnya

Membuat Kipas Angin dengan Cooler Fan Bekas Komputer
Cooler fan PC yang sudah dikupas ujung kabelnya

Membuat Kipas Angin dengan Cooler Fan Bekas Komputer
alat bantu yakni gunting dan isolasi

Membuat Kipas Angin dengan Cooler Fan Bekas Komputer
Ujung kabel USB dan Fan sudah disambung, silakan isolasi biar lebih rapi
Nah berikut adalah cara membuatnya

  1. Silakan kupas kabel USB hilangkan bagian yang dicolokkan ke Printer. Ketika sudah dikupas ada empat kabel dengan warna merah, hitam, putih dan hijau. Silakan pilih warna kabel merah dan hitam silakan kupas kabel itu untuk disambungkan dengan cooling fan.
  2. Pada cooling fan bekas ada tiga jenis kabel yakni merah, hitam dan kuning. Silakan pilih kabel warna merah dan hitam, kupas ujungnya untuk disambungkan dengan kabel USB.
  3. Setelah selesai mengupas kabel, silakan sambungkan ujung kabel USB warna merah dengan ujung kabel fan yang warna merah kemudian sambungkan juga kabel yang berwarna hitam.
  4. Silakan coba dulu dengan memasukkan kabel USB ke PC atau Laptop yang menyala, jika fan sudah mau berputar maka penyambungan sudah berhasil.
  5. Silakan bungkus sambungan kabel dengan isolasi supaya tidak mudah putus dan juga konsleting.
Nah itulah cara membuat kipas angin portable sederhana dari fan bekas PC dan kabel USB printer. Sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkan cara ini ketika kamu merasa gerah dan membutuhkan kipas angin portable yang sederhana dari barang bekas. Semoga berhasil.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Membuat Kipas Angin dengan Cooler Fan Bekas Komputer"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih