Gelombang Tinggi di Pura Tanah Lot

Advertisement
Advertisement
Sejak beberapa hari lalu tepatnya sejak memulai dari bulan Juni 2016 ini, wilayah pesisir bali mengalami gelombang tinggi. Beberapa pantai di Bali mengalami gelombang pasang dan bahkan air laut sampai masuk ke jalan raya. Seperti banyak foto yang diunggah di facebook ada beberapa pantai yang terkena dampak gelombang tinggi ini. Salah satunya adalah pantai yang paling terkenal di Bali yakni Pantai Kuta.

Gelombang pasang dan banjir rob di pesisir pantai di Bali ini disebabkan oleh posisi bumi, bulan dan matahari dalam posisi lurus (spring tide) yang merupakan siklus bulanan. Selain pantai Kuta gelombang tinggi juga berdampak pada salah satu objek wisata yang ada di Tabanan yakni Pura Tanah Lot. Seperti yang terjadi di Pura Tanah Lot juga tidak luput dari imbas spring tide tersebut. Air laut nampak tinggi sehingga pura Tanah Lot terlihat seperti akan tenggelam di terjang oleh ombak.

Gelombang Tinggi di Pura Tanah Lot

Dalam sebuah video yang diunggah di facebook, tampak gelombang tinggi dan ombak yang menerjang bangunan pura Tanah lot yang berada tepat di pinggir pantai. Dengan kondisi tersebut daratan yang biasanya dipadati oleh pengunjung menjadi tergenang air dan tidak mungkin untuk dilalui.

Foto yang saya unggah tersebut adalah foto yang saya ambil pada tahun 2013 lalu. Seperti itulah kondisi Pura tanah Lot jika airnya tidak pasang, banyak pengunjung yang berada di dekat Pura untuk sekedar berfoto dan menikmati suasana pantai. Namun akibat gelombang tinggi pantai terendam air dan tidak memungkinkan untuk bermain di sekitar areal pura.

Seperti yang dikutip dari Bali Post (10/6) Gelombang pasang yang terjadi di Bali ini dipengaruhi oleh musim kemarau dan juga beberapa hal yang terjadi diluar sana seperti anomali positif muka air laut di wilayah Indonesia yang mencapai 15-20 cm. Selain itu dipengaruhi juga oleh adanya penjalaran alun (swell) yang dibangkitkan di pusat tekanan tinggi subtropis di barat daya Australia. Kondisi ini masih bisa terjadi sampai 5 hari kedepan.

Berikut video yang memperlihatkan Pura Tanah Lot ketika terkena pasang.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Gelombang Tinggi di Pura Tanah Lot"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih