Font Tidak Terbaca oleh Software pada Komputer? Mungkin ini Penyebabnya!

Advertisement
Advertisement
Brosis, dari kemarin malam pada hari Kamis tanggal 17 Maret 2016 saya dibuat pusing oleh satu masalah yang saya alami yakni font Vincent Reguler yang saya install pada laptop tidak terbaca oleh aplikasi yang saya sering pakai yakni Photoscape namun ketika saya coba pada aplikasi microsoft word font yang saya intstall itu mau muncul, jadilah saya tidak bisa tidur sampai pukul 24.00 karena mencari solusi dari masalah yang saya hadapi itu. Sudah mencoba browsing mencari solusi dari masalah font yang tidak terbaca oleh software Photoscape, namun tidak mendapatkan solusi yang saya cari.

Font Tidak Terbaca oleh Software pada Komputer? Mungkin ini Penyebabnya!

Sudah banyak sekali yang saya lakukan untuk mengetahui apa masalah dari font yang tidak terbaca itu, mulai dari install ulang font, restart laptop, install ulang aplikasi namun font yang saya install tetap juga tidak mau muncul pada aplikasi photoscape itu. Sempat bertanya dalam grup yanga da di Google plus dengan membuat pertanyaan seperti berikut, "Mungkin ada yang bisa bantu saya di sini, saya baru install font di laptop, setelah saya coba di ms word font sudah muncul, namun ketika saya mau pakai di photoscape, font tidak muncul, kira kira apa masalahnya ya? Mohon bantuannya! Terima kasih" kemudian ada yang menjawab seperti ini "Coba deh pakai metode Copas mas, copy file font > start > control panel > appearance and... > font > paste . Biasanya aku gitu masuk ke semua software" namun setelah saya coba cara yang disarankan itu, font yang saya install masih tetap tidak muncul.

Akhirnya pada pagi hari Jumat 18 Maret 2016 saya membuat pertanyaan yang sama pada fans page facebook yang saya kelola yakni Tamblang, setelah beberapa menit pertanyaan itu langsung dijawab oleh salah satu dari admin Fanspage itu yang bernama Made Sariyanta yang saat ini sebagai manager di salah satu kursus bahasa Inggris yang ada di Denpasar. Pertama dia menjawab dna menyuruh sya untuk buka tutup dulu aplikasinya, dan saya pun menjawab sudah saya lakukan namun font tetap tidak muncul. Setelah itu baru dia menjawab lagi, kemungkinan font tidak muncul itu karena format font yang tidak kompetibel pada aplikasi Photoscape karena ada beberapa format font seperti TTF (True Type Font) dan ada juga OTF (Open Type Font).

Sebelumnya saya sudah berhasil install satu font yakni Fat Free dan mau pada aplikasi Photoscape dan yang tidak mau muncul itu adlah font Vincent Reguler. Setelah itu saya mulai mengecek ekstensi dari font yang saya install. Pertama saya lihat font Fat Free ternyata memakai format TTF sedangkan untuk Font Vincent Reguler memakai format OTF. Jadi berdasarkan temuan itu bisa saya simpulkan bahwa format atau ekstensi font OTF tidak terbaca oleh aplikasi Photoscape yang saya pasang pada laptop saya. Setelah mengetahui pokok permasalahannya maka muncul masalah baru yakni bagaimana cara merubah format font dari OTF ke TTF? apakah format font bisa diconvert? akhirnya saya mulai browsing lagi dan menemukan cara yang sangat mudah untuk convert font dari format OTF ke Format TTF.

Baca juga: Cara Convert Font Secara Online

Jadi kesimpulannya adalah jika ada font yang tidak terbaca oleh aplikasi yang ada pada laptop atau komputer kamu maka bisa jadi format atau ekstensi font tidak kompetibel dengan aplikasi tersebut, oleh sebab itu font tersebut harus diconvert dulu menjadi format yang kompetibel dengan aplikasi tersebut. Nah itulah sedikit cerita pagi ini tentang font yang tidak terbaca oleh aplikasi Photoscape semoga bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih kepada teman saya Made Sariyanta.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Font Tidak Terbaca oleh Software pada Komputer? Mungkin ini Penyebabnya!"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih