Buka Usaha Jual Alat-alat Listrik Baguskah?

Advertisement
Advertisement
Beberapa hari saya tinggal di kampung karena memang sudah tidak bekerja lagi sejak bulan oktober 2015 lalu karena saya memilih resign dari tempat kerja sebelumnya meskipun saya belum punya pekerjaan yang lain. Tetapi saya masih punya blog ini yang bisa memberikan saya sedikit penghasilan untuk hidup di kampung. Bagi kamu yang mau resign, sebaiknya pikirkan dulu matang-matang, jangan emosi untuk memutuskan sesuatu, sebelum resign dari tempat kerja, sebaiknya kamu sudah punya pekerjaan baru supaya kamu tidak menganggur terlalu lama. Kalau saya sendiri memang niatnya berhenti memang untuk tidak bekerja pada perusahaan lain, saya inginnya membuka usaha sendiri di kampung, kebetulan di rumah sudah ada tempat berjualan, alangkah baiknya saya mencoba untuk mengembangkan usaha saya sendiri.

Buka Usaha Jual Alat-alat Listrik Baguskah?

Kebetulan saya juga suka dengan dunia listrik dan tahu sedikit tentang listrik dan bahkan juga bisa memasang instalasi listrik sederhana, maka dari itu saya ingin mencoba usaha jual alat-alat listrik. Dulu sekitar tahun 2008 saya pernah dimintai tolong untuk memasang instalasi listrik di rumah teman saya, dia baru membuat bangunan dapur di rumahnya dan karena belum ada instalasi listrik maka saya diminta untuk memasang instalasinya supaya terpasang listrik. Mulai dari memasang sakelar, stop kontak, titik pemasangan lampu dan lain-lain, semua saya yang mengerjakan dan sampai saat ini instalasinya masih bagus dan tidak ada masalah dan waktu itu pun saya tidak meminta atau di kasi bayaran karena waktu itu saya murni cuma membantu saja, kebetulan saya bisa mengerjakannya. Saya juga tidak tahu entah kenapa waktu itu saya dimintai tolong untuk memasang instalalsinya apa mungkin dia tahu saya suka dengan listrik padahal saya tidak pernah ada basic pendidikan tentang listrik.

Dari beberapa sumber yang saya baca di internet, katanya membuka usaha toko yang menjual alat-alat listrik itu resikonya sangat kecil dimana barang yang dijual tidak mudah rusak atau bisa dibilang barang yang dijual tidak ada tanggal kadaluarsanya misalnya kabel, sakelar, stop kontak, lampu bohlam dan lain-lain, jadi jika barang yang belum laku masih bisa dipertahankan tanpa harus cemas akan kerusakan barang dagangan yang disimpan, masuk akal juga. Tetapi meskipun demikian barang yang distok itu harus dirawat, meski sudah berada dalam kotak, namun usahakan kotak atau plastik pembungkusnya harus dalam keadaan bersih terutama bebas dari debu dan jangan sampai kena air, karena hal itu bisa merusak tampilan barang dagangan.

Meski hanya sebuah toko kecil tetapi setiap usaha sekecil apapun itu tetap harus melakukan promosi supaya orang-orang tahu kalau kamu punya usaha baru. Karena ini memang usaha baru yang akan saya rintis jadi tentu saja promosi akan sangat bisa membantu menyebarkan informasi akan toko baru yang akan saya buka dan barang-barang apa saja yang akan saya jual. Meskipun hanya menjual alat-alat listrik di rumah, tetapi ada beberapa hal penting yang harus dikuasai saat menjual-alat-alat listrik
misalnya, kita harus menguasai produk yang dijual, kemudian paham akan dunia listrik meskipun tidak punya basic pendidikan tentang kelistrikan dan paling penting adalah kelengkapan barang dagangan yang dijual serta harga yang bersaing bahkan kalau bisa harga jual harus lebih murah, meskipun hanya lagi Rp 1.000 karena hal itu bisa membuat konsumen merasa untung dan kemungkinan akan kembali berbelanja jika membutuhkan alat-alat listrik.

Kenapa saya ingin membuka usaha toko menjual alat-alat listrik alasannya sangat simpel yakni karena semua penduduk desa dekat rumah saya yang lumayan ramai sudah semua rumahnya memakai listrik, jadi akan sangat mungkin akan ada yang membeli alat-alat listrik di toko saya nanti jadi peluangnya menurut saya sangat besar jika saya mampu membuka toko khusus untuk menjual alat-alat listrik. Nah mungkin hanya itu cerita saya hari ini, semoga bermanfaat bagi mereka yang juga ingin punya usaha yang sama dengan saya yaitu membuka toko menjual alat-alat listrik, semoga cepat bisa terwujud dan semoga sukses.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Buka Usaha Jual Alat-alat Listrik Baguskah?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih