Beberapa Fitur Facebook yang Jarang Diketahui

Advertisement
Advertisement
Media sosial yang paling terkenal saat ini dan juga paling banyak penggunanya adalah Facebook, sejak awal berdirinya facebook yakni tahun 2004, sampai saat ini facebook semakin terus berkembang dan memiliki banyak fitur yang mungkin ada beberapa orang yang belum tahu. Mark Zuckerberg yang merupakan pendiri Facebook dan saat ini dia sudah sebagai seorang ayah dari putrinya yang baru lahir. Bayi perempuan yang lahir dengan berat 3,4 kg itu diberi nama Maxima Chan Zuckerberg dengan panggilan, Max. Bahkan dengan kelahiran anaknya itu CEO Facebook tersebut akan menyumbangkan Sahamnya sampai 99 % untuk yayasan yang bernama Chan Zuckerberg Initiative.

Kita tidak akan membahas panjang lebar tentang kelahiran putri pertama mereka, di sini saya akan memberikan beberapa fitur dari facebook yang mungkin belum banyak orang yang tahu, padahal fitur-fitur tersebut sangat bagus untuk diketahui fungsinya sehingga akan membuat facebook menjadi sosial media yang semakin mudah untuk digunakan tanpa harus mengganggu orang lain pada beranda mereka.

Ada beberapa fitur yang menurut saya sangat bagus dan saya sering memakai fitur ini untuk memudahkan saya untuk menyimpan informasi yang ada di facebook. Baiklah saya tidak akan berlama-lama untuk membahas beberapa fitur yang ada pada facebook yang mungkin belum banyak orang yang tahu. Berikut adalah fitur-fitur tersebut.

1. Fitur Simpan Postingan
Bagi saya fitur ini sangat berfungsi, dimana jika saya tidak sempat membaca atau tidak mau kehilangan postingan yang kemungkinan di kemudian hari saya perlukan maka akan saya simpan, tanpa harus membagikan postingan tersebut. Kadang ada beberapa orang agar postingan orang di facebook bisa tersimpan di profil atau kronologinya maka mereka memilih untuk membagikan kiriman tersebut supaya bisa mereka lihat di kemudian hari. Belakangan ini banyak saya lihat adalah membagikan postingan resep masakan lengkap dengan fotonya. Sebenarnya dengan fitur simpan ini akan lebih mudah, caranya sangat mudah. Kamu cukup lihat postingan yang akan kamu simpan, kemudian perhatikan pojok kanan atas perhatikan seperti gambar di bawah ini.

Silakan klik atau tap yang ditunjuk oleh tanda panah merah, setelah kamu klik atau tap maka akan keluar beberapa menu pilihan, silakan pilih Simpan tautan seperti yang di kotak merah. Setelah tersimpan, jika di kemudian hari kamu ingin melihatnya maka silakan cari menu facebook, silakan cari menu Tersimpan, maka disana akan terlihat postingan dari orang lain yang sudah kamu simpan sebelumnya. Jadi kamu tidak perlu membagikan postingan tersebut, jika hanya ingin membacanya di kemudian hari tanpa harus mengganggu kenyamanan pengguna facebook lainnya.

2. Fitur Preferensi Kabar Berita.
Fitur ini berfungsi untuk mengatur kabar berita utama. Pada fitur ini ada tiga pilihan menu yakni:

  • Prioritaskan siapa yang dilihat pertama artinya disini kita bisa memilih kiriman siapa yang tidak ingin kita lewatkan. kita akan selalu menemukannya di bagian atas Kabar Berita. Fitur ini sangat berguna untuk orang-orang terdekat dengan kita seperti keluarga, teman, sahabat dan bahkan pacar atau juga bisa halaman favorit kamu.
  • Berhenti mengikuti orang untuk menyembunyikan kiriman mereka di beranda kita artinya klik atau tap untuk memilih kiriman siapa yang ingin kita berhenti melihatnya dalam Kabar Berita. Hanya kamu yang akan tahu dan orang lain yang kamu unfollow tidak akan mengetahui tanpa memutuskan pertemanan di facebook.
  • Hubungkan kembali dengan orang yang berhenti kita ikuti, pada bagian ini akan terlihat siapa saja yang sebelumnya kita berhenti ikuti dan saat kamu ingin mengikutinya lagi, cukup cari fitur ini. Klik untuk mengikuti mereka lagi dan lihat kiriman mereka di Kabar Berita.

3. Fitur Mengikuti Kiriman.
Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun mungkin belum banyak orang yang tahu. Pengikut dapat melihat kiriman kita di Kabar Berita. Teman mengikuti kiriman kita secara default, namun kita juga dapat mengizinkan orang yang tidak berteman dengan kita untuk mengikuti kiriman kita dan biasanya hanya kiriman yang bersifat publik yang bisa dilihat. Gunakan pengaturan ini untuk memilih siapa yang dapat mengikuti kita di Facebook.

Untuk mengikuti seseorang, buka profil mereka dan klik Ikuti. kamu hanya akan bisa mengikuti seseorang yang merupakan teman kamu atau orang yang mengizinkan Semua Orang mengikuti mereka. Kamu secara otomatis mengikuti orang yang berteman dengan kamu. Jika kamu mengirimkan permintaan pertemanan kepada orang yang mengizinkan Semua Orang untuk mengikuti mereka, kamu akan secara otomatis mengikuti kiriman mereka, meskipun kamu belum dikonfirmasi sebagai teman di facebook. Silakan kunjungi pusat bantuan facebook untuk melihat cara dan bagaimana fitur Follow pada facebook ini.

4. Pengaturan Kronologi dan Penandaan.
Fitur ini sangat penting, terutama jika kamu ditandai dalam sebuah kiriman, silakan hidupkan fitur ini untuk mencegah orang untuk menandai kamu dalam kiriman-kiriman yang bersifat spam, jika kamu ditandai maka postingan tersebut tidak akan langsung muncul di kronologi kamu, dan ketika kamu di tandai maka akan ada pemberitahuan dan tindakan apa yang ingin kamu lakukan atas kiriman tersebut.


Nah itulah beberapa fitur yang penting pada facebook, kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut untuk keamanan dan kenyamanan saat bermain facebook, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Beberapa Fitur Facebook yang Jarang Diketahui"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih