Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Advertisement
Advertisement
Sebelum kamu benar-benar bisa mendapatkan pekerjaan ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan yang pasti adalah mencari lowongan pekerjaan baik di media online maupun di media cetak yang banyak ada di sana, jika kamu sudah merasa tertarik dan cocok dengan salah satu atau lebih lowongan pekerjaan maka kamu mulai menyiapkan diri untuk bisa mengisi lowongan tersebut dan bergabung dalam perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan itu.

Salah satu yang paling umum adalah dengan membuat surat  lamaran pekerjaan yang ditujukan kepada bagian rekrutmen dari perusahaan yang memasang lowongan pekerjaan tersebut. Mungkin yang belum pengalaman atau fresh graduated akan merasa bingung ketika pertama kali membuat surat lamaran pekerjaan. Sebagai pintu utama untuk bisa masuk ke sebuah perusahaan surat lamaran pekerjaan ini harus memiliki kesan pertama yang baik di mata perusahaan tersebut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar harus tahu komponen penyusunnya


Sebagai bahan pertimbangan untuk membuat surat lamaran pekerjaan ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya surat lamaran pekerjaan terlihat bagus, tersusun dengan rapi dan mengandung informasi yang lengkap yang bisa mewakili untuk menunjukkan bahwa kamu memang benar tertarik dan berniat dengan serius untuk bekerja dalam perusahaan yang kamu lamar. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan.
  1. Cermati jenis lowongan pekerjaan yang diiklankan, ini adalah langkah pertama di kala kamu akan membuat surat lamaran pekerjaan terhadap lowongan yang kamu lihat. Baca dengan teliti tanggung jawab dan kualifikasi yang diminta oleh pengiklan , dengan demikian kamu tidak salah informasi yang bisa berdampak fatal pada surat lamaran yang kamu buat.
  2. Identifikasi keterampilan kamu yang relevan, perusahaan biasanya meminta keterampilan lain yang dimiliki oleh calon karyawannya selain basic pendidikan yang telah dimiliki, perusahaan juga kadang meminta keterampilan lain yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang diiklankan seperti fasih bahasa asing akan menjadi nilai tambah dan juga skill yang lain seperti bisa mengetik dengan lancar dengan 10 jari dan menguasai beberapa aplikasi komputer dengan biak. Setelah kamu mengetahui semua itu maka kamu mulai harus mengetahui komponen surat lamaran pekerjaan.
  3. Ketahui komponen surat lamaran pekerjaan, dalam menyusun surat lamaran pekerjaan ada beberapa komponen yang harus diperhatikan supaya bentuknya baku atau relevan dengan model surat lamaran pekerjaan yang ada saat ini. Secara umum surat lamaran pekerjaan mengandung komponen seperti di bawah ini:
    • Kepala surat, (heading) umumnya berisi tulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang letaknya di sebelah atas biasanya memakai fitur header dan footer pada MS Office Word.
    • Tanggal, setiap surat lamaran pekerjaan harus memuat tanggal kapan surat lamaran pekerjaan itu dibuat, biasanya format tanggal menurut indonesia adalah tanggal,bulan dan tahun (HH/BB/TTTT) contohnya (1 November 2015) sementara itu untuk format dalam bahasa Inggris tanggalnya memakai format (BB/HH/TTTT) contohnya (November 01, 2015).
    • Alamat yang dituju, komponen ini biasanya berupa nama dan divisi yang dituju berikut nama serta alamat perusahaan, penulisannya dalam bentuk lurus dan ditulis di bagian kiri.
    • Salam pembuka, umumnya dipakai dalam semua jenis surat, biasanya dalam salam pembuka paling umum memakai kata "Dengan hormat" jika suratnya dalam bahasa Indonesia dan memakai Dear Sir/Madam jika surat dalam bahasa Inggris.
    • Tubuh atau isi surat, merupakan komponen utama surat lamaran pekerjaan, komponen ini umumnya berisi empat paragraf. Paragraf pertama berisi posisi yang kamu lamar dan sumber informasi lamaran. Paragraf kedua dan ketiga menjelaskan alasan mengapa kamu merasa mampu dan layak menempati posisi tersebut. Paragraf keempat berisi ungkapan rasa terima kasih dan harapan kamu karena sudah membuat surat lamaran pekerjaan ini untuk perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.
    • Footer juga harus ada karena jika ada header maka juga harus ada footer yang berisi nama, alamat, nomor telepon dan alamat email kamu yang bisa dihubungi jika nanti ada kesempatan wawancara. Membuatnya juga menggunakan fitur footer yang ada pada MS Office Word.
  4. Ketik surat lamaran pekerjaan, jika kamu sudah mengetahui komponen dari surat lamaran pekerjaan maka mulailah untuk mengetiknya, ketiklah sesuai dengan urutan komponen di atas ketik dengan menggunakan komputer atau laptop, jika tidak punya, maka datanglah ke rental komputer atau warnet. Karena zaman sekarang standar untuk membuat surat lamaran adalah dengan diketik komputerisasi dan perhatikan beberapa hal di bawah ini.
    1. Jenis huruf standar dan formal, yaitu Times New Roman, Arial, atau Trebuchet MS berukuran 11 atau 12 
    2. Jarak spasi 1 atau 1,5
    3. Jenis kertas A4
    4. Batas (margin) atas, kanan, bawah, dan kiri standar, yaitu 1 inci (2,54 cm)
  5. Baca ulang surat lamaran pekerjaan yang kamu ketik, ini adalah langkah yang dilakukan untuk mencegah terjadinya salah ketik atau salah eja sebelum surat itu di cetak, lalukan minimal dua kali sampai surat lamaran pekerjaan tersebut benar dan layak untuk dicetak. Hal ini juga menunjukkan ketelitian kamu dalam melakukan sesuatu yang dinilai juga oleh perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.
Nah itulah beberapa tips dan cara untuk membuat surat lamaran pekerjaan, semoga bermanfaat dan kamu bisa membuat surat lamaran pekerjaan dengan biak dan berkualitas. Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan dalam bidang akunting. Rasanya kurang pas kalau saya menulis ini tanpa ada contoh yang mendukung. Baca juga: Ciri-ciri pemimpin perusahaan yang baik

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar


Advertisement
BERITA TERKAIT :

1 Response to "Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar"

  1. Setelah saya memahaminya ternyata tidak ada yang sulit

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih