Inilah Harga Satu Bungkus Rokok di Australia

Advertisement
Advertisement
Brosis, kemarin saya sempat melihat seorang teman mengunggah sebuah foto rokok di facebook, kebetulan dia lagi liburan ke Australia dan dia sempat membeli sebungkus rokok merk Marlboro di sana, katanya itu titipan temannya karena dia sendiri tidak merokok. Dalam unggahan foto tersebut diberi judul "1 bungkus rokok Marlboro di sini bisa beli hampir 1 1/2 slot Marlboro di Indonesia... mantap... mahal..." Ketika saya membaca caption foto itu saya langsung tahu kalau harga rokok di sana sangat mahal.

Bungkus rokoknya juga simpel, tidak ada banyak warna, yang dominan itu warna hitam dan ada tulisan peringatan yang sangat besar dan juga ada foto penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan buruk merokok, sedangkan untuk merek rokoknya ditulis dibagian bawah dan itu pun hurufnya tidak terlalu besar lebih kecil dari tulisan peringatan bahaya merokok.

Inilah Harga Satu Bungkus Rokok di Australia, kalau di Indonesia sudah bisa untuk cicil barang elektronik

Setelah sempat mengobrol di komentar facebook, masalah harga rokok di sana, saya pun mencoba membandingkan harga rokok di Australia dengan harga rokok yang ada di Indonesia. Baiklah berikut hitungannya. Harga satu rokok Marlboro di Indonesia anggap saja Rp 20.000 sedangkan 1 slot rokok Marlboro isinya adalah 10  bungkus, jadi jika 1 1/2 slot jadinya 15 bungkus, maka harga satu bungkus rokok Marlboro di Australia adalah Rp 20.000 dikalikan 15 bungkus sama dengan Rp 300.000,- nah jadi harga satu bungkus rokok Marlboro di Australia adalah Rp 300.000,- apa masih kurang mahal? Bandingkan dengan harganya yang ada di Indonesia yang hanya Rp 20.000.

Jadi orang akan berfikir untuk membeli rokok dengan harga Rp 300.000 per bungkus, inilah peran Pemerintah untuk mengendalikan harga produk dari bahan tembakau. Harga mahal tersebut pasti bertujuan untuk mengurangi jumlah angka perokok yang ada, baik pemula maupun yang sudah biasa merokok. Apakah hal ini efektif diterapkan di Indonesia yang jumlah perokoknya setiap tahun terus bertambah?

Inilah dilema yang ada di Indonesia mau melindungi penduduknya dari bahaya akibat kebiasaan buruk merokok, maka harus ada mau dikorbankan misalnya di PHKnya banyak karyawan perusahaan rokok dan berkurangnya pendapatan negara dari cukai rokok.

Sekarang mulai dari diri sendiri saja, kalau sudah tahu merokok itu tidak baik untuk kesehatan baik diri sendiri atau orang lain (perokok pasif) maka segeralah berhenti merokok mulai hari ini juga untuk menjadi lebih baik dalam hal kesehatan dan perekonomian.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Inilah Harga Satu Bungkus Rokok di Australia"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih