Pak Jusuf Kalla tidak Hormat Bendera Saat Upacara di Istana Negara

Advertisement
Advertisement
Wakil Presiden kita yaitu Bapak Jusuf Kalla menjadi bahan pembicaraan di media sosial terkait dengan sikap beliau yang tidak menaikkan tangan saat memberikan hormat kepada Bendera Merah Putih saat berlangsungya upacara bendera detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan di Istana Negara pada hari Senin 17 Agustus 2015.

Saat bendera pusaka sedang dikibarkan, Pak JK hanya tampak berdiri tegap, sementara itu Bapak Presiden Joko Widodo yang sebagai Inspektur upacara yang berada di samping kanan Pak Jusuf Kalla bersikap hormat dengan menaikkan tangan.

Nah jadilah sikap PaK JK itu menjadi perbincangan hangat dimedia sosial dan banyak netizen yang mempertanyakan sikap dari Pak Wakil Presiden Jusuf Kalla, kenapa Pak JK tidak hormat kepada bendera merah putih saat upacara berlangsung.

Melihat perbincangan tersebut dimedia sosial, maka juru bicara Pak Jusuf Kalla yaitu Husain Abulah langsung memberi respon atas pertanyaan para netizen. Menurut Husain Pak JK tidak salah karena cara menghormati pengibaran bendera sudah diatur dalam pasal Peraturan Pemerintah (PP) nomor 40 tahun 1958.

Dalam PP tersebut, kata Husain, pada waktu upacara menaikkan atau menurunkan bendera kebangsaan, semua orang yang hadir memberi hormat dengan cara berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadapkan muka ke arah bendera sampai upacara selesai.

Husain melanjutkan, berdasarkan PP tersebut peserta upacara yang berpakaian seragam dari suatu organisasi dapat memberi hormat menurut cara yang yang ditentukan oleh organisasinya itu. Bagi yang tidak berseragam, hormat bisa dilakukan dengan meluruskan lengan ke bawah dan melekatkan telapak tangan pada paha. Semua jenis penutup kepala harus dibuka kecuali kopiah, ikat kepala dan sorban.

Jadi sikap sempurna yang dilakukan oleh Pak JK adalah sikap hormat, persis dengan sikap hormat Bung Hatta saat mendampingi Soekarno.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pak Jusuf Kalla tidak Hormat Bendera Saat Upacara di Istana Negara"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih