Pasang Domain Khusus di Blog Baru

Advertisement
Advertisement
Brosis, sebenarnya sudah tiga kali saya pasang domain khusus pada blog terutama dengan platform blogger karena bagi saya caranya cukup mudah, kalau untuk wordpress saya tidak pernah dan tidak tahu. Pertama tentu kamu harus punya atau sudah beli nama domain khusus untuk blog kamu. Sekarang banyak sekali penyedia jasa Web Hosting dan Domain Name Murah seperti saya yang sudah punya dua blog dengan domain khusus yaitu Blog ini satu dan baru lahir satu yang sekarang saya mau pasang Domain Khusus ini.

Baiklah tanpa basa basi lagi saya akan memulai langkah awal untuk memasang Domain Khusus ini di blog dan pastikan domain khusus yang kamu beli sudah aktif setelah itu kamu login ke dasbor akun Blogger kamu, setelah masuk kamu ikuti langkah berikut sesuai nomor urut berikut.
  1. Silakan klik pilihan menu pada blog yang akan kamu pasang domain khusus.
  2. Silakan pilih menu paling bawah yaitu setelan.

Nomor 3 silakan kamu klik yang di dalam lingkaran merah (Siapkan URL Pihak ke-3 untuk blog anda)

Setelah itu kamu lihat nomor 4, setelah kamu klik nomor 3 tadi maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, pada lingkaran merah nomor 4 itu silakan masukkan nama domain khusus kamu contoh seperti yang terlihat pada gambar adalah www.motonotes.com, setelah itu maka lihat nomor 5 di bawah kemudian klik simpan.
Langkah ke 6 adalah setelah kamu berhasil memasang domain maka ada kata edit di selah kanan nama domain kamu, silakan klik edit tersebut maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, silakan centang yang saya di dalam lingkaran merah itu, setelah itu klik simpan untuk menyelesaikannnya.

Setelah kamu klik simpan mungkin akan muncul seperti gambar di bawah ini, jika muncul seperti gambar di bawah ini maka perhatikan gambar yang ada lingkaran merah, setelah itu kamu masuk dulu ke Klien Area pengelola DNS (Domain Name System) biasanya kamu dapat mengelolanya di website tempat kamu membeli Domain itu.
Silakan kamu login dulu ke Area Klien pengelola domain kamu, silakan atur DNS kamu di sana, masukkan dua CNAME yang sudah saya lingkari warna merah di atas, jika kamu sudah selesai memasukkan maka akan terlihat seperti gambar di bawah seperti yang saya lingkari warna merah (Mungkin Klien Area kamu tampilannya beda dengan punya saya)
Jika kamu sudah selesai setting CNAME dan memasukkan dua CNAME tersebut, maka kamu kembali ke langkah awal dari nomor 1 sampai nomor 6. Jika setelah melakukan langkah tadi ternyata masih muncul seperti gambar di bawah, maka kamu harus menunggu lagi kurang lebih 2x24 jam untuk bisa memasang domain khusus tadi, karena mungkin butuh waktu untuk masa propagasi dari sebuah nama domain khusus baru.
Tambahan setting Klien Area adalah seperti pada gambar di bawah ini yaitu yang ada kotak warna merah, tujuan dari tambahan setting tersebut adalah supaya saat memasukkan nama alamat blog di browser ketika seseorang hanya mengetik alamat blog seperti motonotes.com maka akan langsung di arahkan ke alamat blog www.motonotes.com jika tidak ada settingan seperti di bawah maka ketika di ketik motonotes.com maka blog tidak dapat di akses dan akan muncul di browser seperti gambar di bawahnya lagi.
Baiklah mungkin hanya itu sedikit tips dari saya tentang cara memasang domain khusus pada blogger, semoga bermanfaat.

Note: Jika kamu menemui kesulitan meski pun kamu sudah mengikuti langkah-langkah di atas, maka silakan hubungi bantuan pelanggan yang disediakan di tempat kamu membeli domain itu, silakan manfaatkan fasilitas tersebut, mereka pasti akan selalu siap untuk membantu kamu.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pasang Domain Khusus di Blog Baru"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih