Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Çaka 1936

Advertisement
Advertisement

Tak terasa setahun sudah lewat saat Nyepi kemarin Tahun Caka 1935, disana sudah banyak akriko jelaskan tentang rangkaian upacara hari Raya Nyepi. Kali ini Nyepi datang lagi tepatnya pada hari senin tanggal 31 maret 2014. Mungkin Nyepi kali ini ada yang berbeda dari Nyepi tahun kemarin, Nyepi kali di ikuti dengan adanya Pemilu Legislatif tepatnya pada tanggal 9 april 2014. Kali ini mungkin akriko tidak akan banyak bercerita tentang Rangkaian Hari Raya Nyepi, tetapi mungkin akan lebih menceritakan situasi saat ini tentang Nyepi yang berdekatan dengan Pemilu Legislatif. 
dp bbm hari raya nyepi

Emang apa hubungannya Nyepi dengan Pemilu? secara langsung mungkin tidak ada tetapi ada beberapa hal yang mungkin ditakutkan akan terjadi jika ada Rangkaian Nyepi berdekatan dengan pelaksanaan pemilu legislatif. Biasanya kalau nyepi itu identik dengan ogoh-ogoh biasanya ogoh-ogoh itu di arak di jalan raya dan jumlahnya pun tidak sedikit. Mungkin yang ditakutkan adalah terjadinya bentrok antar pengarak ogoh-ogoh yang satu dengan yang lain. Makanya ada beberapa daerah di Bali melarang warganya untuk membuat ogoh-ogoh dengan alasan yang tidak pasti, mungkin alasannya adalah karena takut terjadi kerusuhan seperti yang diceritakan tadi, karena suhu politik sedang panas maka bisa saja salah satu alasan untuk memicu konflik dari salah satu pendukung partai. 

Salah satu contoh daerah yang tidak diizinkan membuat ogoh-ogoh adalah Desa akriko sendiri, perangkat desa melarang setiap banjar yang ada di Desa akriko untuk membuat ogoh-ogoh. Keputusan itu pun menimbulkan banyak pertanyaan, mengapa Nyepi kali ini tidak di izinkan membuat Ogoh-ogoh, apa alasannya? pertanyaan itu muncul beberapa kali di sebuah group facebook di desa akriko. Berbagai jawaban muncul dan berbagai keluhan muncul dari warga yang tidak rela kalau Nyepi kali ini tidak ada ogoh-ogoh. Banyak yang bilang kenapa cuma gara-gara pemilu kita di larang membuat ogoh-ogoh, padahal itu adalah rangkaian dari Hari Raya Nyepi dan sudah menjadi budaya dan tradisi sejak turun temurun? sudahlah kita hanya rakyat biasa yang selalu terinjak oleh penguasa.

Akhir kata akriko mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1936, semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa selalu melimpahkan anugerahNya kepada kita semua, dan kita bisa menjadi lebih baik di tahun baru ini, semoga apa yang kita harapkan bisa menjadi kenyataan. terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Çaka 1936"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih