Sedikit Tips dan Etika Menelpon

Advertisement
Advertisement
Kesel mungkin itu kata yang selalu ingin akriko ucapkan di kala ada yang menebak-nebak dan sok tahu dengan siapa mereka berbicara di telpon. Sudah pernah akriko ceritakan di blog tumblr akriko tentang kejadian di telpon gara-gara suara mirip seseorang silahkan baca disini jika ingin membacanya. Kali ini akriko ingin sedikit bercerita dan memberikan tips etika menelpon ke orang lain jika kamu belum kenal. Dulu akriko juga sudah pernah menulis disini tentang Etika Menelpon dan menerima telpon, kali ini akriko akan coba tulis lagi tentang kekesalan akriko dengan situasi seperti ini.

Ceritanya begini, di tempat kerja akriko ada dulu senior yang suaranya mirip banget dengan akriko, tetapi sekarang dia sudah pindah kantor. Entahlah ini musibah atau anugerah, banyak vendor yang mengenal dia mulai dari Restoran dan tempat aktivitas lainnya, mereka selalu menebak kalau yang menelpon adalah senior saya itu, dan kejadiannya bukan hanya sekali tetapi berkali-kali nah itu yang membuat saya kesel, nah maka dari itu akriko mencoba memberikan sedikit tips untuk menelpon ketika berbicara dengan orang yang belum di kenal atau mungkin sudah kenal tetapi rada lupa gitu, Bagi yang sudah mahir menelpon dilarang keras membaca tips ini, kalau baca harus berbagi juga disini hihi, baiklah ini dia tipsnya:

  1. Pastikan nomor telpon tujuan anda sudah benar supaya tidak terjadi salah sambung.
  2. Setelah telepon terhubung, maka tunggu sampai berbunyi nada sambung selama 3-4 kali, jika tidak ada yang mengangkat maka segera tutup telpon berarti disana tidak ada orang dan silahkan ulangi lagi setelah 5-10 menit lagi.
  3. Jika sudah ada yang mengangkat telpon, biarkan penerima telpon berbicara terlebih dahulu, biasanya jika perusahaan yang memakai operator profesional maka akan menjawab dengan menyapa, menyebutkan nama perusahaan dan siapa yang berbicara.
  4. Berbicara dengan suara secukupnya artinya tidak terlalu keras dan tidak terlalu kecil, karena jika terlalu keras bisa mengganggu orang disekitar anda jika terlalu kecil mungkin penerima susah mendengar suara anda.
  5. Setelah itu baru giliran anda berbicara dan tanyakan apa dan siapa yang anda cari dengan jelas dan singkat mulai dari nama orangnya dan jabatan atau departemennya dan sebutkan juga nama anda dan dari mana.
  6. Jangan pernah menebak anda berbicara dengan siapa atau orang yang sudah anda kenal dengan menyebutkan nama orang itu, karena bisa saja orang itu tersinggung. Sebaiknya tanyakan dengan siapa anda berbicara jika tadi anda tidak jelas mendengar suara atau nama yang disebutkan oleh penerima telpon.
  7. Jika sudah mau mengakhiri percakapan jangan lupa bilang terimakasih dan anda harus menutup telpon karena anda yang menelpon.
Nah mungkin hanya itu tips emosi menelpon kali ini, akriko ingatkan sekali lagi, jika tulisan ini tidak penting tolong jangan di baca, dan jika kamu sudah mahir mari berbagi disini, sekian dan terimakasih.


Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Sedikit Tips dan Etika Menelpon"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih