Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Kabel RCA dan Apa Fungsinya?

Akriko.com - Halo Brosis, Jumpa lagi dengan saya kali ini saya akan memberikan informasi tentang apa itu kabel RCA dan apa fungsinya dalam dunia elektronik.

Sebelum lanjut ada baiknya kamu bisa baca dulu tulisan saya sebelumnya tentang apa itu Line in dan apa fungsinya pada Tape atau Speaker aktif, karena tulisan kali ini juga masih ada kaitanya dengan tulisan tersebut.

Sebenarnya apa itu kabel RCA dan apa itu RCA kabel RCA adalah kepanjangan dari istilah Radio Corporation of America. Kabel ini sebenarnya merupakan jenis kabel konvensional untuk keperluan pengiriman sinyal. Khususnya sinyal analog yang ada pada beragam perangkat elektronik.

Pertamakali dikenalkan, teknologi RCA dulunya baru digunakan untuk keperluan koneksi internal. Namun seiring perkembangan zaman, kini penggunaan kabel RCA sudah lebih luas lagi.

Seperti penjelasan di atas bahwa kabel RCA ini dipakai untuk menyambungkan perangkat elektronik satu ke perangkat elektronik lainnya. Sebagai contoh saya akan berikan penjelasan yang singkat dari jenis kabel RCA ini dan apa fungsinya.

Secara umum yang saya tahu ada tiga jenis kabel RCA apa saja itu dan untuk apa saja fungsinya, silakan simak di bawah ini.

Pertama kabel RCA 2.1 (dua satu) biasanya kabel RCA ini memiliki dua ujung RCA warna merah dan putih dan satu ujung jack audio 3,5 mm tipe TRS. Biasanya kabel ini dipakai untuk menyambungkan perangkat yang hanya mengeluarkan audio (suara saja) untuk disambungkan ke tape / aktif speaker. Misalnya untuk menyambungkan suara HP ke speaker aktif, maka ujung jack kabel 3,5 mm dipasang pada lubang audi jack pada HP dan ujung RCA disambungkan pada Line in pada speaker aktif.

Kedua Kabel RCA 3.1 (tiga satu) biasanya kabel RCA ini memiliki tiga ujung RCA warna merah, putih dan kuning dan satu ujung jack audio 3,5 mm tipe TRRS. Biasanya kabel ini dipakai untuk menyambungkan perangkat yang mengeluarkan output berupa audio visual (suara dan gambar) untuk disambungkan ke tape / aktif speaker. Misalnya untuk menyambungkan STB ke TV bisa memakai kabel ini. Dari STB kita sambungkan jack 3,5 mm dan pada TV kita pasang RCA sesuai warna pada line AV.

Ketiga ada juga kabel RCA 3.3 (tiga tiga) kabel RCA ini kedua ujungnya memakai cuk RCA dengan warna merah, kuning dan putih. Kabel ini biasanya dipakai untuk menyambungkan perangkat yang memiliki output audio Visual, misalnya untuk memasangkan perangkat VCA/DVD pada TV yakni dengan menyambungkan output pada DVD ke TV dan disambungkan ke line AV pada TV sesuai dengan warna cuknya.

Nah itulah informasi singkat tentang apa itu kabel RCA dan apa fungsinya pada perangkat elektronik, semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Apa itu Kabel RCA dan Apa Fungsinya?"