Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Kabel Audio Splitter dan Apa Fungsinya?

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan informasi tentang kabel yakni kabel Audio Splitter yang mungkin kamu belum tahu apa itu audio splitter dan apa fungsinya dalam hidup yang serba digital dan online.



Awalnya saya juga tidak tahu apa itu kabel audio splitter dan apa fungsinya, nah kisah ini berawal pada tahun 2017 lalu ketika saya baru memulai membuat konten di Youtube untuk channel saya Umah Video dan Oto Made,  dimana saat itu saya bermasalah dengan kwalitas audio / suara pada video saya.

Nah setelah saya mencari solusi dan saran, maka saya dianjurkan untuk membeli sebuah mic yakni mic Condensor BM800. Singkat cerita saya pun membeli mic BM800 secara online dan setelah datang saya langsung coba pasang pada HP, namun ternyata suara tidak masuk / tidak terekam.

Nah awalnya kan pakai kamera bawaan, mungkin tidak support pakai external mic, maka saya coba memakai aplikasi Open Camera. Setelah di coba ternyata hasilnya sama, suara yang saya ucapkan tidak masuk /tidak terekam.

Nah jadilah saya bingung apakah mic yang baru saya beli ini rusak atau apa? akhirnya saya bertanya lagi disebuah forum di facebook, pertanyaan saya waktu itu "Rekam video pakai HP dengan mic BM800 kok suaranya tidak masuk, kira-kira masalahnya dimana ya?"

Akhirnya ada yang menjawab pertanyaan saya, kalau untuk HP mic BM800 tidak bisa langsung dicolokkan ke HP, tapi harus pakai alat bantu yakni kabel Audio Splitter. Nah langsung saja saya mencari informasi lebih detail tentang kabel Audio Splitter ini, dimana belinya dan berapa harganya.

Setelah berhasil mendapatkan informasi, karna kebelet pingin punya pada hari itu juga, akhirnya saya membeli sebuah kabel Audio Splitter secara online pakai bantuan Gojek / GoShop yang ongkirnya melebihi harga barangnya 😆.

Setelah itu saya jadi paham, apa itu kabel audio Splitter dan apa fungsinya, nah silakan simak di bawah ini. Namun sebelum lanjut, kamu bisa juga baca tulisan saya yang berjudul apa itu TS, TRS dan TRRS pada Microphone? karena akan berpengaruh banyak tentang kabel ini.

Jadi kabel Audio Splitter adalah kabel berfungsi untuk menyatukan colokan pada headphone yang biasanya ada 2 (mic & audio) menjadi 1 colokan (Jack Male 3.5mm) sehingga bisa digunakan untuk handphone (fungsi mic dan audio jadi berfungsi).

Kenapa mic BM800 tidak bisa langsung dipakai pada HP? nah itu ada pengaruhnya dengan cuk dari mic tersebut. Cuk mic BM800 memakai cuk tipe TRS. Sementara cuk yang diperlukan oleh HP adalah cuk / audio jack tipe TRRS, maka dari itu / oleh sebab itu kita perlu kabel audio splitter yang punya jack audio TRRS sama seperti cuk headset HP.

Gambar di bawah ini adalah gambar beberapa jenis cuk mic / audio jack


Gambar di bawah ini adalah gambar beberapa jenis dari kabel audio splitter yang ada di pasaran.


Saran saya, belilah kabel audio splitter yang kabelnya panjang atau lubang untuk mic an earphonenya terpisah seperti pada gambar paling kanan. Dimana saat kita memasukan cuk mic yang agak besar dan tidak mentok dengan cuk earphone.

Biasanya dalam rekaman suara, kabel ini sangat berguna untuk memisahkan jalur suara musik dan vokal sehingga kita bisa mendengar musik dan juga merekam vokal. Saya biasa memakai alat ini jika ingin mengcover lagu lewat HP dengan memakai aplikasi Bandlab.

Nah itulah cerita kali ini tentang pengertian dari kabel Audio Splitter dan apa fungsinya, semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas atau ingin menambahkan informasi, silakan tulis pada kolom komentar, terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Apa itu Kabel Audio Splitter dan Apa Fungsinya?"