Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutup Polis Asuransi Bali Dwipa Proteksi Investama dari Equity Indonesia

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya kali ini saya akan menceritakan sedikit cerita tentang penutupan salah satu polis Asuransi Bali Dwipa Proteksi Investama dari Equity Indonesia.

Tutup Polis Asuransi Bali Dwipa Proteksi Investama dari Equity Indonesia


Sebelumnya saya sudah sempat menulis juga tentang asuransi Equity Indonesia ini pada tulisan saya sebelumnya dengan judul Pengalaman Tarik Dana Sebagian Asuransi Bali Dwipa Proteksi Investama dari Equity Indonesia.

Pada tulisan itu saya menceritakan tentang pengalaman saya dan prosedur menarik sebagian dana investasi / Balance Fund yang ada pada Asuransi Bali Dwipa Proteksi Investama dari Equity Indonesia. Mengapa judulnya tarik dana sebagian? Iya karena tidak semua dana bisa ditarik. Misalnya ada dana 4,3 juta, maka yang bisa di tarik hanya 3 juta saja.

Setelah itu saya putuskan untuk menutup salah satu polis yang saya pegang, karena alasan kesulitan dana karena memegang dua polis saat ini saya rasa agak teralu berat, meski sudah hampir jalan setengah perjalanan karena pembayaran premi ini selama lima tahun saja.

Selain itu ada juga alasan lain kenapa saya menutup salah satu polis saya yakni karena adanya BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja mandiri (BPU) yang preminya jauh lebih murah dan juga ada jaminan hari tua (JHT) selain juga kita dapat jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan Jaminan kematian (JKM).

Tidak tahu apakah keputusan ini benar atau salah, ini benar-benar pertaruhan meninggalkan yang sudah jalan dan mengganti dengan yang baru yakni BPJS TK. Yang jelas saya tidak bisa konsultasi ke agen karena saya minta nomornya tidak dikasih oleh pihak Equity Indonesia.

Baiklah saya tidak akan berlama-lama lagi, bagaimana cara menutup polis dari Asuransi Equity Indonesia, silakan simak caranya di bawah ini.

Pertama saya harus kirim email ke Contact Center Equity, isi emailnya memberikan informasi bahwa kita akan menutup polis dengan alasan kesulitan dana.

Setelah itu akan ada balasan email yang isinya kita disuruh mengisi data diri seperti nama pemegang polis, yang tertanggung dan lain-lain.

Setelah itu ada lagi balasan email yang isinya menanyakan polis mana yang akan di tutup dan saya pun balas dengan menulis nomor polis, pemegang polis dan yang tertanggung pada polis itu.

Setelah itu ada balasan lagi yang isinya kalau saat ini polis ditutup maka nilai investasinya masih sedikit disarankan untuk penutupan polis d tahun keempat. Lalu saya balas, saya tidak bisa menunggu sampai tahun ke empat, saya mau tutup polis tahun ini.

Selanjutnya datang lagi balasan email dari pihak equity yang isinya memberikan syarat penutupan polis, pada email itu juga ada lampiran berupa file PDF yakni Formulir Batal Polis/Nilai Tunai yang ditandatangani pemegang polis dan Formulir Pencabutan Autodebet Rekening BPD.

Jadi syarat yang harus ada saat akan menutup polis asuransi Equity Indonesia adalah sebagai berikut.
1. Formulir Batal Polis/Nilai Tunai yang ditandatangani pemegang polis.
2. Formulir Pencabutan Autodebet Rekening BPD
3. Buku Polis Asli
4. Copy KTP/SIM/Paspor Pemegang Polis yang masih aktif
5. Copy Rekening tabungan halaman depan.

Selanjutnya, kedua formulir itu saya unduh dan saya print, kemudian diisi sesuai dengan apa yang diminta, setelah itu kedua formulir itu saya foto dan dikirim kembali via email ke pihak Equity Indonesia, termasuk juga foto polis, KTP dan rekening Bank.

Selanjutnya untuk penutupan polis Asuransi akan di proses setelah Formulir asli beserta kelengkapan dokumen telah diterima oleh pihak Equity Indonesia. Lalu saya pun menunggu balasan, namun tidak ada balasan. Proses pengiriman email dari tanggal 13 April -19 April 2023. Karena libur Lebaran jadi tidak ada balasan email sejak itu.

Meski tidak ada balasan email maka saya langsung kirim dokumen aslinya seperti Formulir Batal Polis/Nilai Tunai yang ditandatangani pemegang polis, Formulir Pencabutan Autodebet Rekening BPD serta satu Bendel dokumen polis yang akan saya tutup. Saya kirim melalui J&T pada tanggal 1 Mei 2023.

Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya dokumen diterima oleh pihak Equity Indonesia pada tanggal 5 mei 2023 pada tanggal yang sama pada sore harinya saya mendapat telpon dari pihak Equity Indonesia yang mengatakan kalau dokumen sudah diterima.

Seperti biasa mereka bertanya tentang nama saya, tanggal lahir saya dan alamat untuk memastikan yang menerima telpon adalah pemegang polis dan juga yang mengajukan penutupan polis. Saat ditelpon juga masih menyarankan untuk menutup polisnya pada tahun keempat, namun saya jawab juga karena kesulitan dana saya tidak bisa menunggu sampai tahun keempat.

Akhirnya dia pun menjawab dan mengiyakan pengajuan saya untuk menutup polis dan proses penutupan polis ini memerlukan waktu sampai tujuh hari kerja. Selanjutnya saya tinggal tunggu saja untuk hasilnya yakni sisa dana investasi masuk ke rekening dan pembatalan auto debet untuk satu polis pada BPD Bali.

Update 15 Mei 2023

Beberapa kali saya cek mutasi rekening yang saya pakai untuk menerima dana dari Equity sampai hari Jumat 12 Mei 2023, ternyata belum juga ada dana masuk ke rekening. Per hari ini Senin 15 Mei 2023 saya coba cek lagi mutasi rekening, ternyata sorenya  sekitar pukul 17.00 WITA sudah ada masuk dana dari Equity Indonesia.

Nah itulah cara menutup polis atau berhenti ikut asuransi Bali Dwipa Proteksi Investama dari Equity life Indonesia

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Tutup Polis Asuransi Bali Dwipa Proteksi Investama dari Equity Indonesia"