Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Tarik Sebagian Dana Asuransi Bali Dwipa Proteksi Investama dari Equity Indonesia

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya menarik sebagian dana nasabah di salah satu perusahaan asuransi swasta di Indonesia karena sudah memenuhi syarat untu bisa di tarik.

Pengalaman Tarik Sebagian Dana Asuransi Bali Dwipa Proteksi Investama dari Equity Indonesia


Pada tahun 2020 lalu tepatnya bulan september saya didatangi oleh seorang agen penjual asuransi dari Equity yang merupakan kerja sama dengan bank BPD, sebenarnya saya kurang tertarik untuk ikut asuransi swasta, namun karena preminya menarik jadi saya putuskan untuk ikut.

Kata agennya sih ini asuransi jiwa namanya Asuransi Bali Dwipa Proteksi Investama dari Equity dimana kita bayar premi selama lima tahun saja dan setelah dua tahun jika ada dana maka dana bisa di tarik.

Nah saat ini saya sudah bergabung sebagai nasabah Equity Indonesia sudah lebih dari 2 tahun, maka mengingat perkataan agennya, maka saya cek saldo saya melalui aplikasi My eLife dari Equity ternyata sudah ada saldo yang lumayan.

Saldo ini adalah saldo tabungan, karena dalam premi yang dibayarkan ada dana untuk unit link yang saldonya bisa berubah tergantung harga pasar.

Setelah itu pada tanggal 6 Maret 2023, saya menghubungi kantor Equity melalui email untuk menanyakan nama dan nomor HP agen penjual yang menawarkan saya asuransi Equity pada saat itu. Namun pihak Equity cuma memberikan nama saja dan tidak mau memberikan nomor HP karena alasan privasi.

Nah pihak equity pun bilang, kalau ada pertanyaan seputar polis, maka langsung saja hubungi customer service Equity, via telpon, WA atau via email. Saya pun jadi bingung, di asuransi sebelah warna merah jika kita ada pertanyaan tentang polis, maka kita hubungi agen penjualnya, lah ini kok gak dikasi nomor HP.

Oleh sebab itu saya pun lagsung bertanya perihal menarik dana yang ada setelah dua tahun sebagai pemegang polis. Setelah itu ada balasan, saya disuruh mengisi formulir yang dikirim oleh pihak Equity, kirim foto KTP dan juga foto bagian depan buku rekening.

Disana juga tertulis kalau dana tidak boleh di tarik semuanya, harus sisakan Rp1.000.000,- dengan alasan supaya premi tetap aktif. Jadi jika punya saldo 3 juta, cuma bisa di tarik dua juta saja.

Tanpa basa-basi saya pun langsung unduh file formulir itu yang jumlahnya dua halaman dan langsung saya print, kemudian saya isi, awalnya saya bingung seperti apa cara mengisinya, ternyata setelah formulirnya dibaca dengan teliti, akhirnya saya pun bisa mengisinya.

Setelah formulir terisi, maka langsung saya foto dan saya kirim balik ke pihak Equity bersama dengan foto KTP dan foto buku rekening. Saya berharap tidak ada kesalahan saat mengisi formulir itu.

Setelah itu pada tanggal 7 Maret 2023, ada balasan dari pihak Equity, yang isinya kalau formulir yang saya kirim sudah benar, namun untuk memproses penarikan dana ini, diperlukan formulir asli yang ditanda tangan oleh pemegang polis.

Jadi formulir yang sudah diisi tadi dan sudah dikirim via email, maka harus dikirim lagi via jasa pengiriman. Akhirnya per hari ini Rabu, 8 Maret 2023 formulir asli yang dimaksud saya kirim via J&T karena kebetulan ada agen J&T di kampung saya.

Untuk selanjutnya nanti akan saya update pada tulisan berikutnya, atau saya akan tambahkan nanti disini.

Update 16 Maret 2023

Setelah menunggu sekian hari, akhirnya pada tanggal 15 maret 2023 ada telpon masuk dari pihak Equity yang mengatakan bahwa formulir asli sudah diterima oleh pihak Equity Indonesia yang berkantor di Tanah Abang Jakarta Pusat. Setelah itu dia juga bertanya tentang tanggal lahir saya, alamat saya, jumlah dana yang di tarik untuk mengkonfirmasi bahwa benar saya sendiri sebagai pemegang polis yang menarik dana tersebut. 

Update 28 Maret 2023

Setelah menunggu sekian hari, pihak Equity nelpon lagi pada tanggal 28 maret 2023 yang mengatakan bahwa dana yang saya miliki tidak cukup untuk di tarik sejumlah sesuai dengan dana yang saya ajukan karena nilai investasinya turun. 

Oleh sebab itu pihak equity meminta saya untuk menurunkan jumlah dana yang di tarik supaya jumlah dana yang tersisa tidak mepet dengan saldo minimal yang ada. Jika tidak dikurangi takutnya nilainya turun lagi dan proses pengajuan penarikan dana sebagian bisa tertunda lagi.

Update 6 April 2023

Per hari ini tanggal 6 April 2023 sekitar pukul 10 pagi saya iseng melihat saldo Balanced Fund saya pada aplikasi My eLife, setelah saya cek terlihat di sana per tanggal 4 April 2023 saldo saya sudah berkurang untuk masing-masing polis. Nah saya pun langsung cek mutasi saldo pada rekening bank saya. Namun belum ada dana masuk dari pihak Equity.

Setelah sore sekitar pukul 18.00 Wita saya kembali mengecek mutasi rekening, ternyata sudah ada dana masuk sebesar dana yang saya ajukan pada waktu itu.

Update 7 April 2023

Pada hari ini saya menerima notifikasi berupa SMS kalau dana yang saya tarik sudah masuk / di transfer ke rekening. Selain itu pada aplikasi My eLife juga ada pemberitahuan tentang penarikan dana yang diajukan sudah sukses dan dana sudah di transfer ke rekening.

Nah itulah pengalaman saya mengajukan penarikan dana sebagian pada asuransi Equity, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang juga menjadi nasabah Equity indonesia dan tidak menemui kendala dalam hal menarik sebagian dana yang ada pada Asuransi Equity Indonesia, Terima kasih.

Saya juga menutup salah satu polis saya yang sudah saya tulis juga disini dengan judul Tutup Polis Asuransi Bali Dwipa Proteksi Investama dari Equity Indonesia 

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Pengalaman Tarik Sebagian Dana Asuransi Bali Dwipa Proteksi Investama dari Equity Indonesia"