Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ganti Data Peserta Lewat WhatsApp Pandawa BPJS Kesehatan

Akriko.com -  Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang mengubah data data peserta BPJS Kesehatan via WhatsApp Pandawa.



Sebelumnya saya sudah pakai aplikasi JKN Mobile dan mudah sekali memakai aplikasi ini, salah satunya bisa untuk mengubah kelas layanan BPJS Kesehatan yang sudah pernah saya tulis sebelumnya disini dengan judul Cara Naik dan Turun Kelas Layanan BPJS Kesehatan via JKN Mobile.

Sekarang giliran saya mau mengubah data anak saya yang baru lahir, seperti biasa pihak rumah sakit membantu mendaftarkan anak yang baru lahir ke BPJS Kesehatan, dengan nama Bayi dari Ibu tersebut dan nomornya kepesertaannya sudah pasti.

Nah kalau orang Bali itukan saat Bayi baru lahir biasanya belum punya nama, nah setelah acara tiga bulanan barulah punya nama yang pasti dan juga baru bisa urus data kelahiran seperti Akte kelahiran dan KIA termasuk mengganti KK juga karena ada penambahan anggota keluarga.

Setelah semuanya selesai saya berencana mengubah data anak saya via JKN Mobile, namun selalu gagal dengan alasan NIK anak tidak sesuai dengan KK Ibu. Saya pun mencoba mencari cara lain yakni via WhatsApp Pandawa.

Dulu saya pernah pakai pandawa ini namun masih jelek susah memakainya, namun sekarang layanan Pandawa BPJS Kesehatan sudah semakin baik. Nah jika kamu mau memakai layanan Pandawa BPJS Kesehatan kamu bisa memakai nomor resmi BPJS Kesehatan di 08118165165 yang akunnya sudah pakai centang Hijau.

Pastikan kamu membuka layanan ini pada saat jam kerja yakni hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 - 15.00 Waktu setempat, nah jika diluar jam kerja maka tidak bisa dilayani. Jika saat jam kerja maka akan mendapat layanan.

Jika kamu ingin memakai layanan ini maka kamu tinggal Ketik Pandawa, nanti akan ada balasan untuk membuka link yang isinya menu layanan yang akan kamu pilih. Jika sudah pilih maka akan muncul formulir yang harus kamu isi dengan benar dan lengkap.

Pengalaman saya, biasanya membuka link itu sangat lama, mungkin karena banyak orang yang mengakses, namun pasti akan terbuka link itu, kamu cuma perlu sabar saja, dan perlu juga diingat kalau umur link itu cuma satu jam saja, jika sudah lewat dari satu jam maka link tersebut sudah tidak bisa dipakai.

Setelah kamu berhasil mengisi formulir dengan benar dan formulir sudah terkirim, maka kamu akan mendapat tiket transaksi kalau kamu sudah menggunakan layanan Pandawa. Selain itu berisi juga pesan kalau pemrosesan data memerlukan waktu 2 hari kerja.

Tapi pengalaman saya, pernah gagal mengirim data formulir, ternyata tidak ada balasan apapun, tapi mendapat tiket transaksi, hal ini disebabkan karena formulir yang saya isi sudah kadaluwarsa atau lebih dari satu jam.

Selanjutnya saya meminta link yang baru, dan saya buka dan masih agak susah bukanya, setelah berhasil mengisi formulir tersebut saya mendapat tiket. Selang beberapa menit kurang lebih 10 menit ada balasan lagi via WA bahwa permintaan perubahan data yang saya minta sudah berhasil.

Saya pun langsung mengecek perubahan data itu via JKN mobile dan ternyata memang sudah berubah nama anak saya yang awalnya Bayi yang di ikuti nama ibu, sekarang sudah menjadi nama anak saya sendiri.

Nah itulah pengalaman saya mengubah data peserta BPJS Kesehatan melalui WhatsApp Pandawa, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Ganti Data Peserta Lewat WhatsApp Pandawa BPJS Kesehatan"