Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memakai Speaker PMA 9310 untuk Berkaraoke

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan informasi atau tutorial tentang cara memakai speaker Polytron PMA 9310 untuk berkaraoke.



PMA merupakan singkatan dari Polytron Multimedia Audio, Spiker PMA 9310 merupakan spiker PMA dari Polytron yang memiliki kelah paling rendah di antara spiker PMA yang ada.

Fitur-fitur yang ada pada PMA 9310 ini bisa dibilang terbatas karena tidak sekomplit PMA yang berada di atasnya, oleh sebab itu harganya lebih terjangkau.

PMA 9310 hanya memiliki fitur Bluetooth, Aux in, line in, USB, SD Card, Volume, Bass, Trebel dan tanpa Echo, radio dan paling parah adalah tidak memiliki lubang mic sehingga tidak bisa dijadikan sebagai pengeras suara.

Meski banyak kekurangan tapi kita bisa mengakali spiker PMA 9310 ini supaya bisa dipakai sebagai pengeras suara atau untuk berkaraoke.

Seperti apa cara memakai speaker PMA 9310 untuk bisa dipakai berkaraoke atau sebagai pengeras suara, silakan simak caranya di bawah ini.

Pertama kita perlu alat bantu yang namanya Soundcard, nah soundcard ini nanti kita pakai untuk input suara musik dan juga suara mic. Beli lah soundcard yang agak bagus beli yang bermerk misalnya Soundcard V8 dari Taffware, silakan beli di link ini. 

Selain itu kita juga perlu mic, usahakan mic wireless supaya kabelnya tidak mengganggu dan juga bisa di pakai dari jarak yang agak jauh, misalnya pakai mic Advance 101 kamu bisa beli melalui link ini.

Selanjutnya bagaimana kita merangkai Soundcard ini supaya suaranya bisa masuk ke spiker PMA 9310.

Pertama sambungkan soundcard ke spiker pilih salah satu Earphone speaker atau headset pada soundcard kemudian sambung memakai kabel aux jika disambungkan ke lubang aux pada spiker atau kabel rca 2.1 jika disambungkan ke line in spiker, pilih menu yang sesuai pada spiker.

Setelah itu pasang mic pada soundcard, gunakan mic dinamic atau kondensor, tergantung jenis mic yang dipakai dan juga besar cuk micnya apakah 3.5 mm atau 6.5 mm. Jika mic kamu recivernya memakai USB, maka USB masukkan pada USB slot pada spiker.

Setelah merangkai selesai, hidupkan spiker pilih menu line in atau aux, sesuai dengan kabel yg dipakai, Selanjutnya hidupkan juga soundcard dan atur volume mic dan juga echo pada soundcard, atur juga volume pada spiker supaya mendapat suara yang tepat.

Jika suara mic sudah masuk ke spiker, sekarang kita coba sambungkan suara musik lewat HP ke soundcard. Caranya, hidupkan bluetooth pada soundcard dengan cara tekan tombol power agak lama, setelah itu hidupkan bluetooth pada HP, setelah itu sambungkan Bt HP dengan soundcard.



Setelah berhasil terkoneksi, silakan atur volume musik pada soundcard, supaya tidak terlalu timpang atau beda jauh antara suara musik dengan suara vokal dari mic, jadi disini kita bisa atur atau seimbangkan suara musik dan vokal supaya jadi seimbang.

Setelah itu silakan coba untuk berbicara di depan mic atau langsung coba berkaraoke memakai spiker PMA 9310 ini yang sudah ditambahkan alat Soundcard.

Jadi seperti itulah cara memakai Speaker Polytron PMA 9310 supaya bisa berkaraoke, semoga bermanfaat dan terima kasih.



Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Cara Memakai Speaker PMA 9310 untuk Berkaraoke"