Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyak yang Belum Tahu, Apa itu Lubang Aux dan Lubang Mic pada Tape / Aktif Spiker

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan informasi seputar barang elektronik yang ada fitur aux dan mic yang masih ada yang belum tau fungsi dan bedanya.

Saat ini hampir kebanyakan barang elektronik seperti tape atau aktif spiker sudah berisi 2 lubang ini yakni lubang mic dan juga Aux bahkan ada perangkat yang memiliki lubang mic lebih dari satu.

Saat ini dua fitue itu memang sangat penting terutama fitur lubang mic, karena banyak hal yang bisa dilakukan jika tape atau spiker udah berisi lubang mic ini, misalnya untuk berkaraoke atau sekedar sebagai pengeras suara saat ada acara.

Fitur lubang mic dan aux  saat ini menjadi hal yang wajib pada perangkat elektronik seperti tape dan spiker. Namun masih ada juga spiker yang tidak ada lubang mic yang ada cuma lubang Aux saja, sehingga banyak yang masih keliru menafsirkan fungsi lubang Aux itu apa.

Kabel / Cuk Mic Dinamic 6,5 mm

Nah kali ini saya akan memberikan penjelasan singkat tentang apa itu fungsi lubang Aux dan juga mic pada perangkat tape atau aktif spiker? Silakan simak di bawah ini.

Lubang mic Condensor 3,5mm dan Lubang Mic dinamic 6,5mm

Pertama lubang mic, biasanya diatas lubang itu sudah ada tulisan mic / microphone yang berfungsi untuk memasukan cuk mic pada lubang itu. Biasanya lubang mic ini ada dua ukuran pada umumnya lubang mic besarnya 6.5 mm untuk cuk dinamic dan ada juga lubang mic 3.5 mm biasanya mic kondensor banyak yang pakai ukuran ini. Jadi lubang mic berfungsi untuk memasukkan cuk mic. Saya pikir sudah banyak yang paham dengan fungsi lubang mic ini.

Kabel Aux in 3,5 mm

Selanjutnya ada lubang Aux pada spiker aktif selain ada lubang mic biasanya juga ada lubang untuk Aux, fungsi aux ini untuk memasukkan suara pada spiker memakai kabel aux. Selain itu pada tape biasanya bisa ada dua Aux yakni Aux in dan aux out. Aux in fungsinya sama seperti penjelasan diatas. Lubang aux in biasanya juga terdapat pada headunit / tape mobil. Terlebih pada tape mobil selain bluetooth fitur aux in juga wajib adanya saat ini.

Kabel RCA 2.1 untuk aux in /Aux out

Sedangkan aux out berfungsi untuk mengeluarkan suara tape untuk disambungkan ke perangkat lain seperti aktif spiker biasanya disambungkan memakai kabel RCA 2.2 atau 2.1 tergantung model jenis lubang aux masing-masing perangkat.

Lubang Aux out memakai RCA

Lubang aux ini terutama aux in pada spiker tidak bisa dipakai untuk colokan mic karena fungsinya sudah berbeda, jadi jika spikermu tidak ada lubang mic dan cuma ada lubang aux saja, maka spiker itu tidak bisa memakai mic dan pastinya tidak bisa dipakai untuk karaoke.

Nah itu lah penjelasan singkat tentang fungsi dan kegunaan dari lubang mic dan aux pada spiker aktif, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Banyak yang Belum Tahu, Apa itu Lubang Aux dan Lubang Mic pada Tape / Aktif Spiker"