Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Mastering Gratis untuk HP Android

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan informasi tentang satu aplikasi untuk mastering pada HP Android dan ini aplikasinya gratis dan bahkan tidak ada iklannya. Selama ini saya membuat musik tidak pernah isi mastering.

Aplikasi Mastering Gratis untuk HP Android


Sejak dua tahun terkahir ini saya mulai suka membuat musik dengan aplikasi Android yakni aplikasi FL Studio mobile dan juga aplikasi Chordbot, kedua aplikasi itu merupakan aplikasi berbayar. Kedua aplikasi itu bagi saya sangat mudah untuk dipakai pada HP.

Sebelumnya setelah selesai membuat musik untuk lagu ciptaan saya, biasanya langsung dipublish saja di akun media sosial saya seperti Youtube dan Facebook tanpa mastering.  Karena saat ini saya sudah menemukan aplikasi untuk mastering maka mulai saat ini musik yang saya buat akan selalu saya mastering memakai aplikasi ini yakni aplikasi Bandlab.

Ternyata mastering itu penting, mungkin bagi mereka yang sudah berkcimpung di dunia musik, maka sudah pasti apa itu mastering. Nah bagi kamu yang baru mulai terjun di dunia rekaman musik maka kamu perlu tahu apa itu Mastering dan apa gunanya dari mastering ini.

Mastering musik adalah tahap terakhir dalam produksi rekaman musik di mana seseorang (biasanya seorang mastering engineer) melakukan serangkaian pengolahan audio terhadap rekaman yang sudah selesai direkam dan dicampur, untuk memperbaiki kualitas suara, memperbaiki kesalahan teknis, dan menyesuaikan level suara agar sesuai dengan standar industri.

Tujuan utama dari mastering musik adalah untuk mencapai kualitas suara terbaik yang mungkin, agar rekaman dapat didengarkan dengan baik di berbagai media dan perangkat, seperti radio, televisi, streaming online, atau CD. Selain itu, mastering juga dilakukan untuk memastikan keselarasan antara semua trek dalam album, agar terdengar sebagai satu kesatuan yang utuh. Proses mastering melibatkan teknik-teknik seperti equalization, kompresi, limiting, dan pengaturan level suara.

Nah kali ini saya akan memabahas sedikit sebuah aplikasi Mastering untuk HP yakni aplikasi Bandlab, kamu bisa unduh aplikasi ini secara gratis di Playstore. Nah seperti apa cara memakai aplikasi Bandlab ini untuk mastering, silakan simak caranya di bawah ini.

Pertama pastikan kamu sudah punya aplikasi Bandlab pada HP kamu dan buatlah akun juga supaya bisa memakai aplikasi ini dan pastinya kamu juga sudah punya musik yang akan di mastering. Setelah itu silakan buka aplikasi Bandlab.


Selanjutnya pilih menu tanda + pada bagian bawah, kemudian silakan scroll paling bawah, lalu pilih menu Mastering, lalu akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.


Setelah itu silakan tap logo tanda plus (+) dalam lingkaran untuk memasukkan musik yang akan di mastering memakai aplikasi Bandlab ini. Silakan pilih file musik dari HP kamu


Setelah itu file/musik akan otomasis diunggah ke aplikasi Bandlab ini dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Kita tidak bisa banyak mengedit, karena sudah ada 4 pilihan jenis hasil mastering, kamu bisa coba salah satu dan mana yang paling cocok. Kamu juga bisa membedakan hasil suara sebelum dan sesudah di mastering dengan memilih menu Original / Mastered.


Jika sudah selesai memilih jenis mastering yang disediakan, silakan pilih menu Add To Library, nanti file musik yang sudah di mastering akan disimpan di aplikasi Bandlab, silakan tunggu sampai proses selesai yang ditunjukkan oleh tanda centang hijau.


Silakan tap pada file tersebut untuk bisa melihat atau mendengarkan serta menyimpan file musik yang sudah di mastering pada memori HP kamu. Silakan pilih menu tanda panah ke bawah untuk menyimpan musik hasil mastering, silakan pilih audio atau video sesuai kebutuhan.

Aplikasi Mastering Gratis untuk HP Android

Selain bisa dipakai pada HP dengan mengunduh aplikasinya, Bandlab juga bisa dibuka dibrowser secara online, silakan klik websitenya https://www.bandlab.com/mastering

Nah itulah cara mastering musik secara gratis pada HP kamu dengan memakai aplikasi Bandlab, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Aplikasi Mastering Gratis untuk HP Android"