Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jasa Instalasi Listrik di Singaraja

Akriko.com - Halo brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang jasa instalasi listrik yang mungkin saat ini sedang kamu perlukan untuk memasang instalasi listrik di rumah baik untuk perbaikan atau untuk pasang instalasi dari awal.

Seperti diketahui listrik merupakan kebutuhan utama saat ini, jika tidak ada listrik maka kita tidak bisa melakukan aktifitas dan menonton hiburan, karena saat ini hampir semua peralatan harus menggunakan tenaga listrik untuk bisa menyala seperti TV, Kulkas, Tape, magic jar dan lain-lain.

Listrik biasanya dipasang di suatu tempat yang memang memerlukan daya listrik salah satunya adalah rumah, perkantoran, sekolah, pabrik dan lain-lain. Nah tempat-tempat itu hampir semua memerlukan instalasi listrik.

Listrik yang kita pakai adalah listrik dari PLN yang harus kita amprah dulu dan kemudian kita harus menyiapkan instalasi dulu sebelum bisa disambungkan listrik dari PLN tersebut.

Selanjutnya jika ingin pasang instalasi listrik maka apa saja yang harus diperlukan supaya bisa memasang instalasi listrik pada sebuah bangunan, jika kamu ingin pasang sendiri maka kamu harus siapkan beberapa bahan dan alat sepert di bawah ini.
  1. Kabel, merupakan alat yang paling utama supaya bisa merangkai instalasi listrik pada sebuah bangunan, kabel ini berfungsi untuk menyambungkan arus listrik dari satu titik ke titik yang lainnya.
  2. Pipa, merupakan alat yang dipakai untuk bungkus kabel instalasi, terutama instalasi kabel yang tertanam pada tembok, seperti kabel sakelar atau label stop kontak.
  3. Sakelar, merupakan alat untuk pemutus dan penyambung arus ke lampu, sakelar ini juga ada beberapa jenis, ada sakelar tempel, tanam, ada juga sakelar gantung.
  4. Stop kontak, merupakan alat yang dipakai untuk menempel daya listrik, kita masukkan cuk alat yang pakai listrik disana supaya bisa menghidupkan alat tersebut.
  5. MCB,  salah satu komponen penting yang tidak boleh kamu lewatkan saat memasang instalasi listrik pada sebuah bangunan yaitu Miniature Circuit Breaker (MCB). Komponen ini memiliki fungsi untuk sistem proteksi arus listrik dalam mengantisipasi beban berlebih. Dengan MCB, risiko-risiko arus pendek hingga korsleting bisa diatasi. Semakin besar daya listrik, maka MCB yang dipasang harus lebih dari satu. Tujuannya agar apabila ada kerusakan minor, tidak menjalar ke instalasi lainnya. Jika pasang MCB maka sekalian juga dengan Box / Boks MCB.
  6. Embodus (kotak sambungan) dan Tedus alat ini berfungsi untuk menyambungkan pipa kabel dan juga rumah untuk sakelar atau stop kontak yang dipasang dengan cara ditanam pada tembok.
  7. Isolasi adalah alat untuk membungkus sambungan kabel supaya arus listrik tidak keluar atau mengalir pada bagian bangunan seperti tembok atau seng, jika ini terjadi maka ini bisa sangat berbahaya. Atau bisa juga dibilang untuk membungkus sambungan kabel supaya arus listrik tidak bocor.
  8. Paku klem kabel juga harus ada, terutama saat pasang kabel instalasi yang tidak pakai pipa atau berada diatas tembok, paku klem ini berfungsi untuk menahan kabel supaya tidak gerak kesana-kemari. Ukuran paku klem kabel ini besarnya menyesuaikan dengan diameter kabel yang dipakai.
Alat-alat itu tentu harus sudah siap sebelum instalasi dipasang, jika belum punya tentu harus beli di toko alat listrik yang juga biasanya ada langsung jasa instalasinya. Jika alat dan bahan sudah tersedia atau sebelum membeli bahan atau alat diatas, ada baiknya kita ketahui dulu seperti apa bangunan yang akan kita pasang instalasi listrik, misalnya luas bangunan, berapa kamar dan berapa titik pemasangan yang akan dipasang, supaya tidak kekurangan alat atau kelebihan terlalu banyak alat.

Misalnya jika rumah dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 dapur dan 1 kamar tamu dan 1 kanopi. Jika semua itu akan dipasang lampu maka kita perlu 6 saklar, fiting lampu, jika semua kamar perlu stop kontak maka kita juga perlu 6 stop kontak. Selain itu kita juga harus perhitungkan berapa panjang kabel yang diperlukan, pipa, tedus, embodus, klem dan lain-lain. Apa lagi saat ini banyak yang perlu colokan untuk bisa isi daya HP, bisa jadi satu kamar memerlukan dua tempat colokan / Stop kontak karena itu sudah seperti kebutuhan Primer.

Jika semua itu sudah siap maka kita bisa mulai instalasi, misalnya bobok tembok untuk tempat saklar atau stop kontak. Pasang fiting lampu, Pasang kabel arus utama dan jangan lupa MCB juga. Setelah itu mulai pasang kabel untuk lampu, saklar, stop kontak dan lain-lain.

Jika rasa semua itu sulit untuk kamu kerjakan maka kamu tidak usah pusing, serahkan semua pekerjaan itu pada kami yang sudah buka jasa instalasi listrik. Kamu cukup siapkan dana saja untuk instalasi yang akan kamu pasang pada bangunan kamu dan kita akan hitung berapa biaya yang diperlukan sesuai dengan jumlah titik pemasangan instalasi.

Kami yang akan mengerjakan instalasi listrik yang ada pada bangunan kamu. Untuk masalah biaya biasanya biaya pasang instalasi listrik ini berdasarkan pertitik. Jumlah biaya per titik ini bisa macam-macam bisa dipengaruhi oleh banyak faktor.

Saat ini kami menerima instalasi listrik rumah tangga saja, bagi yang memerlukan jasa instalasi listrik rumah tangga di wilayah Tamblang dan sekitarnya, bisa menghubungi saya di kontak WA ini (Klik saja link itu)

Nah berikut ini biaya pasang instalasi listrik termasuk komponennya.

Jasa Instalasi

Perkiraan Biaya (Termasuk Komponennya)

Instalasi MCBRp235 ribu/titik
Kabel UtamaRp70-90 ribu/meter
Lampu IndoorRp100 ribu/titik
Stop KontakRp100-200 ribu/titik
Lampu OutdoorRp120-200 ribu/titik


Note: Harga sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Posting Komentar untuk "Jasa Instalasi Listrik di Singaraja"