Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Headset, Headphone, Earphone dan ada Bedanya?

Akriko.com - Halo Brosis jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang salah satu barang yang sering kita lihat bahkan sering kita pakai saat mendengarkan musik atau main game online lewat HP yakni Headset, Headphone, Earphone. Nah ketiga benda itu memang sering dipakai saat menelpon dan lain-lain.

Apa itu Headset, Headphone, Earphone dan ada Bedanya?
Selama ini mungkin banyak yang masih bingung atau asal sebut saja untuk ketiga benda itu yang jelas-jelas sudah berbeda dari segi nama, bentuk dan juga kegunaannya meskipun sepintas ketiganya memiliki fungsi yang sama yakni mendengarkan suara musik atau main game untuk didengarkan oleh diri sendiri saja karena suara keluar dari benda itu tidak besar atau cukup untuk diri sendiri saja.

Mungkin bagi kamu yang sudah kenal dengan tiga nama itu maka sudah tahu fungsi dari masing-masing benda dengan beda sebutan itu. Bagi kamu yang bekerja dalam dunia audio visual dan juga bekerja sebagai customer service yang harus menerima banyak panggilan mungkin juga memakai salah satu benda itu.

Nah sebenarnya apa sih beda dari ketiga beda itu apa sih yang membedakan Headset, Headphone, Earphone kok memiliki nama yang berbeda padahal sama-sama dipakai pada telinga untuk mendengarkan suara? Nah saat ini saya akan berikan apa perbedaan ketiga benda itu.

Apa itu Headset, Headphone, Earphone dan ada Bedanya?

  1. Headset,merupakan gabungan antara fungsi mendengarkan audio dan berbicara atau berkomunikasi. Headset biasanya digunakan untuk melakukan panggilan video atau aktivitas main game dengan komunikasi tanpa gangguan sekitar dengan dilengkapi dengan microphone sebagai inputnya. Jadi pada Headset ada dua alat yakni sepaker untuk mendengarkan dan microphone untuk input suara. Headset ini biasanya dipakai untuk menerima telpon dan main game dan lain-lain. Dari segi bentuknya agak besar dan kalau dipakai menempel pada telinga.
    Apa itu Headset, Headphone, Earphone dan ada Bedanya?
  2. Headphone, merupakan alat yang mirip dengan headset, sama-sama memiliki dua speaker untuk ditempelkan pada telinga kiri dan kanan, namun headphone ini hanya berfungsi untuk mendengarkan audio saja. Artinya tidak ada bagian microphone pada headphone yang artinya tidak bisa input suara. Jadi Headphone ini hanya bisa dipakai untuk mendengarkan musik saja dan tidak bisa untuk menelpon.
    Apa itu Headset, Headphone, Earphone dan ada Bedanya?
  3. Earphone, merupakan alat yang memiliki fungsi yang sama dengan headset namun bentuknya lebih kecil dan cara pakainya juga beda. Headset ditempel di telinga, sementara Earphone dimasukkan ke lubang telinga karena speakernya kecil. Alat yang ada pada paket pembelian HP itu namanya earphone untuk mendengarkan musik dan juga bisa dipakai untuk menelpon.
Nah itulah perbedaan antara Headset, Headphone, Earphone jadi kalau di kemudian hari kamu ingin membeli salah satu alat itu jangan sampai salah sebut dan jangan sampai salah beli sehingga tidak sesuai dengan fungsinya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Apa itu Headset, Headphone, Earphone dan ada Bedanya?"