Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pada Meteran Listrik Token Terlihat Tulisan Periksa, itu Artinya

Akriko.com - Beberapa waktu lalu ada seorang pelanggan membeli token listrik, namun saat sudah diinput selalu gagal bahkan sudah dicoba beberapa kali masih gagal. Setelah itu dia datang ke warung untuk menanyakan nomor token yang dikasih apakah sudah benar atau ada yang salah.

Setelah dicek nomor token benar, akhirnya dicoba untuk diinput lagi, namun gagal lagi dan akhirnya yang beli token listrik tadi meminta saya untuk memasukkan tokennya,namun setelah saya masukkan gagal juga.

Setelah itu saya cek ternyata di layar Kwh ada tulisan Periksa dan saya pun tanya ke pemilik sambungan listrik, apakah tulisan itu sudah ada sebelum dimasukkannya token? Dia pun menjawab kalau tulisan Periksa pada layar KWH itu sudah ada sejak lama.

Saya pun mulai bingung apa sebenarnya arti dari tulisan Periksa pada layar Kwh listrik prabayar milik teman saya itu. Akhirnya saya mencari informasi bagaimana cara mengatasi masalah tulisan periksa pada layar Kwh listrik token.

Nah dengan mencari informasi kesana kemari akhirnya saya mendapat jawaban apa arti tulisan Periksa pada Kwh / meteran listrik token. Penyebab adalah karena adanya masalah pada Instalasi listrik di rumah konsumen. Masalah yang terjadi biasanya adalah Arus bocor.

Meteran Prabayar mempunyai sensor yang dapat menghitung perbandingan arus antara Phasa dan Netral. Jika arus yang masuk berbeda dengan arus yang keluar pada meteran, berarti telah terjadi arus bocor pada Instalasi. Itulah penyebab munculnya tulisan Periksa pada display agar konsumen dapat segera melapor ke Petugas PLN.

Selain arus bocor, masalah lain yang muncul adalah Ground dan netral yang tidak terpisah. Pada dasarnya kabel Ground dan netral harus disambung sebelum masuk ke KWH meter dan harus terpisah Setelah keluar dari meteran.  Ini menyebabkan sensor pada KWH meter tetap membaca adanya arus masukan.

Nah jika ada tulisan Periksa pada meteran listrik prabayar maka konsumen tidak akan bisa memasukkan token listrik yang mereka beli sampai tulisan Periksa itu hilang.

Lalu bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan tulisan Periksa pada meteran listrik token? Cara satu-satunya adalah silakan menghubungi pihak PLN, karena untuk memperbaiki meteran listrik yang berisi tulisan periksa hanya bisa diperbaiki oleh pihak PLN itu sendiri, selain orang PLN tidak bisa memperbaiki meteran listrik yang ada tulisan Periksa.

Nah itulah info kali ini tentang meteran listrik prabayar yang ada tulisan Periksa, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Pada Meteran Listrik Token Terlihat Tulisan Periksa, itu Artinya"