Cara Mengubah URL Blog Menjadi QR Code / Barcode

Halo Brosis, salam sejahtera dari saya bagi mereka yang tak pernah menyerah dalam menjalani hidup ini meski dalam keadaan sulit sekalipun. Baiklah kata-kata itu sebenarnya untuk saya yang lagi malas. Seperti judul yang saya buat di atas, bahwa kali ini saya akan membuat tulisan tentang Cara Mengubah URL Blog Menjadi QR Code / Barcode.

Cara Mengubah URL Blog Menjadi QR Code / Barcode

Nah sebelum lanjut sebenarnya apa itu QR Code / Barcode, nah bagi yang sudah tahu mungkin tidak akan penasaran lagi dengan pengertian QR Code ini, nah bagi kamu yang belum tahu apa itu QR Code, berikut adalah pengertian dari QR Code.

QR Code merupakan  kode matriks atau barcode dua dimensi yang berasal dari kata “Quick Response”, dimana isi kode dapat diuraikan dengan cepat dan tepat. QR Code dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah perusahaan Jepang yang dipublikasikan di tahun 1994.

QR Code memiliki dua jenis, yaitu Static QR Code dan Dynamic QR Code. Ternyata, Static QR Code adalah QR Code yang berisi tautan ke halaman web yang tetap. Penggunaan Static QR Code menyebabkan konten QR Code tidak dapat diubah. Sedangkan, Dynamic QR Code adalah QR Code berisi sebuah URL singkat yang kemudian dialihkan ke halaman web yang lain.

Kenapa saya tertarik untuk membahas QR Code ini, karena beberapa waktu yang lalu saya sempat berkunjung ke suatu tempat, dimana disana ada papan informasi yang berisi QR Code dan ketika kode itu di scan dengan HP maka kode itu akan mengarahkan pada link atau tautan tang langsung terbuka yang berisi informasi tentang tempat itu. Salah satu contohnya adalah yang ada di Tukad Bindu dan di beberapa tempat keramaian yang ada di kota Denpasar.

Selain itu ketika kamu masuk ke tempat belanja atau tempat makan, sudah disediakan sistem pembayaran non tunai, banyak cara pembayaran yang dilakukan hanya dengan scan QR Code saja, seperti saat melakukan pembayaran non tunai dengan Gopay, Ovo, dan lain-lain, sangat mudah untuk melakukan pembayaran hanya dengan scan QR Code saja.

Zaman sekarang setiap ada papan informasi atau produk, hampir semua sudah berisi QR Code ini, contohnya seperti yang saya sudah jelaskan di atas dan contoh lain adalah ketika kita belanja di toko modern maka kasir hanya mengarahkan QR Code barang yang kita beli ke mesin pembaca QR Code maka nama dan harga barang sudah terlihat di mesin kasir.

Oleh sebab itu saya menjadi penasaran seperti apa cara membuat QR Code untuk bisa di scan dari HP dan berisi informasi URL / Link yang bisa langsung mengarahkan ke halaman web yang di maksud. Ternyata caranya sangat mudah, kita hanya perlu mencari web / aplikasi di Android yang bisa mengconvert link / URL menjadi dalam bentuk QR Code.

Baiklah seperti apa cara mengubah URL tulisan di blog menjadi QR Code, silakan simak caranya di bawah ini.

  1. Kali ini saya memilih web yang sudah banyak dipakai untuk membuat QR Code, silakan klik saja https://qrcode.kaywa.com/ jika sudah terbuka silakan masukkan url yang akan di ubah menjadi QR Code.
  2. Silkan pilih URL, kemudian masukkan link blog / tulisan pada kolom yang ada.
  3. Setelah itu silakan pilih static untuk versi gratis, sedangkan untuk yang dynamic itu berbayar.
  4. Jika sudah selesai silakan klik Generate, setelah itu di samping kanan akan muncul QR Code dari link yang kita masukkan tadi.
  5. Setelah itu silakan simpan QR Code tadi dengan klik tulisan Download.
Selain dengan cara di atas, kita juga bisa membuat QR Code dengan memakai aplikasi yang bisa diunduh di Play Store yakni dengan aplikasi QRCode, caranya hampir sama dengan di atas, baiklah saya akan jelaskan cara membuat QR Code dengan aplikasi QRCode pada Android, silakan simak di bawah ini.
  1. Jika belum punya aplikasinya, silakan unduh dulu aplikasi gratis QRCode di play store.
  2. Jika sudah, silakan buka aplikasi QRCode kemudian cari menu di bawah yakni Generate (tanda plus).
  3. Kemudian apa yang akan di Generate, Text, URL, Email,Telp,Kontak dan lain-lain. Karena disini akan membuat QR Code URL maka yang di pilih adalah URL.
  4. Setelah itu masukkan / paste Link / URL dari Blog yang akan dibuatkan QR Code.
  5. Setelah itu silakan tap tombol Generate, Setelah itu akan muncul QR Code dari URL yang sudah dimasukkan tadi.
  6. Silakan simpan QR Code tersebut dengan tap tombol Save, atau bisa juga dengan screen shot (SS) layar HP kamu.
Nah itulah cara mudah membuat QR Code  dengan bantuan web dan aplikasi, jika sudah selesai membuat QR Code maka kode itu bisa di cetak dan bisa ditempel di suatu tempat, jika ada orang yang menscan kode QR itu maka akan langsung di arahkan ke alamat web yang dimaksud. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 
Made Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengubah URL Blog Menjadi QR Code / Barcode"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel