Cara Posting Jualan di Marketplace Facebook Lite

Halo Brosis, kembali lagi bersama saya untuk sedikit tips. Kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang cara posting jualan di marketplace Facebook Lite. Selama ini mungkin masih banyak yang belum paham betul tentang cara posting jualan di marketplace menggunakan aplikasi facebook lite.

Cara Posting Jualan di Marketplace Facebook Lite

Sebenarnya caranya hampir sama jika menggunakan aplikasi facebook biasa, bahkan menurut saya posting jualan di facebook lite lebih gampang karena formnya terlihat sederhana dan mudah untuk dipahami untuk bisa posting jualan di marketplace facebook.

Saya rasa media marketplace ini adalah media yang ampuh untuk meningkatkan penjualan, sudah gratis dan pengguna facebook makin hari semakin banyak. Sekarang bagaimana kita memaksimalkan postingan barang yang akan kita jual di marketplace facebook supaya barang kita bisa diketahui oleh calon pembeli di Facebook.

Saya sendiri baru beberapa hari ini mencoba berjualan baju online dengan memakai marketplace facebook dan baju yang saya jual sudah ada yang laku. Nah kali ini saya akan memberikan tips untuk membuat postingan jualan yang bagus dan benar di marketplace facebook lite, seperti apa caranya silakan simak caranya di bawah ini.

Pertama seperti biasa kita buka aplikasi facebook lite kemudian kita buka marketplace, setelah itu kita pilih menu Jual. Setelah itu akan muncul formulir yang harus diisi dengan lengkap dan bagus seperti apa isi formulirnya dan bagaimana mengisinya, berikut penjelasannya.

  1. Paling atas ada kolom Kategori, kolom kategori ini kita bisa memilihnya di menu drop down yang sudah ada dan kategori ini akan memudahkan orang menemukan barang yang kita jual, misalnya kita jual makanan, maka pilihlah kategori makanan, jangan sampai salah pilih kategori postingan jualan. Jika salah pilih maka ketika orang mencari barang berdasarkan kategori maka barang yang kita jual tidak akan muncul. Misalnya kita jual makanan tapi kita masukkan kedalam kendaraan.
  2. Kolom kedua adalah Apa yang Anda jual? kolom ini merupakan judul postingan yang akan muncul di pencarian. Jadi buatlah judul yang singkat dan jelas yang bisa mewakili apa yang kamu jual. Misalnya kita menjual Donat, maka kita bisa jelaskan pada kolom ini dengan singkat, misalnya Jual Donat Aneka Rasa. Jadi dengan demikian pembeli sudah paham kalau jenis donat yang dijual ada beberapa rasa / toping.
  3. Selanjutnya kolom berikutnya adalah Harga (Rp) barang yang dijual dalam Rupiah. Silakan masukkan harga makanan yang dijual, bisa masukkan harga satuan dari makanan yang dijual supaya orang tidak kaget saat melihat harga donat. Misalnya harga satuan per donat adalah Rp 5.000 maka masukkan harganya seperti itu. Atau bisa juga kolom ini dikosongkan dengan mengaktifkan fitur Hubungi Penjual, nanti pada kolom harga tidak ada angka namun akan berisi tulisan Hubungi Penjual. Fitur ini berguna bagi penjual yang menjual barangnya dengan banyak item dan berbeda harga. 
  4. Kolom selanjutnya adalah kolom Lokasi, kolom ini juga sangat penting karena ketika orang mencari barang yang dijual berdasarkan lokasi maka barang kita akan muncul jika sudah memberikan lokasi yang tepat. Juga akan memudahkan pembeli untuk mengetahui lokasi barang yang akan ditawar atau dibeli. Jika menurutnya kejauhan mungkin dia malas untuk menawar dan jika jaraknya dekat, kemungkinan pembeli akan tertarik untuk menawar dan juga membeli produk yang kita jual. Jadi usahakan memberikan lokasi yang jelas atas produk yang kita jual.
  5. Kelima adalah kolom Keterangan, nah disinilah kita menjelaskan dengan detail isi kolom satu sampai empat di atas, seperti apa produk yang kita jual dan juga cara pelayanan dan transaksinya. Sebagai contoh saya akan membuat keterangan dari sebuah produk dengan contoh diatas yakni menjual donat. Jual donat aneka rasa, ada toping, kacang, greentea, mocha, coklat, vanila dan lain-lain, untuk harganya semua sama yakni Rp 5.000 jika membeli 1 lusin cukup bayar Rp 50.000 saja. Lokasinya di Jalan Trijata no. 30 Denpasar Bali, bisa COD sekitar Denpasar, jika diluar Denpasar akan dikirim via Gojek/Grab dengan biaya kirim ditanggung pembeli, untuk tanya-tanya bisa juga hubungi via WA nomor 081338328205, terimakasih kakak. Nah karena dimarketplace komunikasi antara penjual dan pembeli hanya lewat Messenger, maka sebagai alternatif, kita bisa menambahkan nomor telpon/WA kita di kolom keterangan ini. Disini juga kamu bisa jelaskan bahwa selama iklan masih tayang maka produk masih tetap ada, supaya calon pembeli tidak ragu untuk memesan produk yang kita jual. Selain itu pada keterangan ini jangan memakai copy paste, artinya sebelumnya kita sudah pernah posting, selanjutnya kita posting lagi dengan kata-kata yang sama seperti postingan sebelumnya dan juga dengan foto yang sama nah inilah yang menyebabkan postingan kita ditolak di marketplace.
  6. Selanjutnya yang terakhir adalah kolom unggah / Tambahkan foto, disini kita bisa menambahkan foto dari produk yang kita jual, berapa jenis produk yang kita jual maka sebanyak itulah foto yang kita unggah disini supaya bisa mewakili setiap jenis produk yang kita jual. Disarankan untuk memakai foto produk yang langsung difoto dari ponsel kamu, jangan memakai foto studio apa lagi foto yang comot dari tempat lain. Jika sudah memakai foto asli maka kemungkinan akan lolos sangat besar dibandingkan memakai foto studio. 
  7. Jika sudah selesai mengisi semua kolom diatas maka saatnya pilih untuk Kirim, nah jika sudah berhasil mengirim postingan  maka kemungkinan akan ditinjau dulu oleh pihak facebook, jika tidak ada yang melanggar maka postingan akan segera terbit dan jika ada yang melanggar maka postingan tidak akan terbit.
Kekurangan saat kita unggah postingan jualan di marketplace facebook lite adalah kita tidak bisa menambahkan Tag, jadi postingan yang kita unggah di Facebook lite tidak bisa ditambahkan Tag. Selain seperti yang sudah saya jelaskan di atas, maka silakan pelajari lagi tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dijual di Marketplace Facebook.

Kadang meskipun sudah kita jelaskan panjang lebar di kolom keterangan, tapi masih saja ada calon pembeli yang bertanya hal yang sama yang sudah ada jawabannya di kolom keterangan, namun sebagai penjual yang baik, kita tentu harus tetap menjawab setiap pertanyaan dari calon pembeli. Nah itulah sedikit penjelasan dari saya tentang cara benar unggah jualan di marketplace facebook lite, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Posting Jualan di Marketplace Facebook Lite"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel