Motor Nmax Tiba-tiba Oleng dan bagian depan Bunyi Klotok-klotok

Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya kali ini saya akan bercerita sedikit tentang Yamaha Nmax non ABS yang tiba-tiba oleng saat dibawa dan pada bagian depan bunyi klotok-klotok yang membuat motor sangat tidak nyaman untuk dikendarai karena olengnya sangat terasa dan itu sangat bahaya jika dibawa dalam jangka waktu lama dan juga ngebut.

Motor Nmax Tiba-tiba Oleng dan bagian depan Bunyi Klotok-klotok

Sebenarnya motor Nmax ini seperti biasa dibawa oleh istri saya untuk kerja. Nah pada hari Jumat 31 Mei 2019 istri saya bilang ke saya kalau motor bagian depan bunyi klotok-klotok dan oleng saat di bawa di jalan raya. Katanya motornya mendadak kayak gitu.

Saya pun tidak tahu apa penyebabnya, saya juga sempat mencoba membawa motornya dan ternyata benar parah olengnya dan bunyi klotok-klotoknya juga parah. Akhirnya saya cek apa kira-kira penyebabnya, awalnya saya kira shocknya bocor, namun tidak ada tanda shock bocor. Kemudian saya cek juga remnya saya kira karena kampas remnya yang sudah habis.

Nah karena tidak ada tanda kerusakan pada bagian yang saya periksa, maka saya pun untuk membawa motor ini ke bengkel resmi Yamaha terdekat di jalan WR Supratman  pada hari Sabtu 1 Juni 2019 pagi-pagi supaya tidak antre lama di bengkel.

Setelah saya sampai di Beres dan saya bilang keluhannya seperti diatas, maka langsung di cek oleh mekaniknya, tanpa ditest ride, mekanik hanya mengecek ban depan saja dan langsung tahu apa masalahnya. Mekanik bilang penyebab oleng itu adalah karena bearing / laher sudah rontok, jadi harus diganti.

Tanpa basa-basi saya pun langsung suruh mekanik untuk mengganti bearing roda depan. Harga bearing / laher depan Yamaha Nmax adalah Rp 37.000 kali dua sama dengan Rp 74.000 dan ada ongkos pasang sebesar Rp 20.000 jadi biaya yang saya keluarkan adalah Rp 94.000 saja.

Setelah menunggu sekitar 20 menit akhirnya motor selesai di perbaiki dan ketika saya coba, motor sudah kembali normal tanpa oleng dan klotok-klotok lagi. Mekanik pun sempat menjelaskan bawah bearing itu ada kaitannya dengan Ban, jika ban sudah habis sebelah maka bisa mempengaruhi bearing, jadi disarankan untuk ganti dengan ban baru supaya tekanan ban menjadi seimbang.

Nah itulah sedikit cerita saya saat mengalami masalah pada bagian depan Yamaha NMax ketika bearing / lahernya bermasalah, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Motor Nmax Tiba-tiba Oleng dan bagian depan Bunyi Klotok-klotok"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel