Backsound Video Youtube Tiba-tiba Ada yang Klaim

Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan bercerita sedikit tentang kejadian beberapa hari terakhir ini tentang channel Youtube saya dimana ada beberapa musik backsound video saya diklaim oleh pihak tertentu dan tidak bisa dimonetisasi karena sudah dimonetisasi oleh penggugat yang punya hak cipta atas musik tersebut. Meskipun ada iklan yang muncul pada video saya itu, namun uangnya masuk ke pemilik hak cipta.

Backsound Video Youtube Tiba-tiba Ada yang Klaim

Sebelumnya video tersebut aman-aman saja, sudah hampir setahun saya memakai musik itu pada video-video saya di Youtube dan selama itu juga tidak ada masalah karena musik itu saya unduh dari channel Youtube  Audio Library — Music for content creators yang katanya musiknya itu free copyright dan bebas digunakan.

Namun sejak beberapa hari ini saya mendapat notifikasi melalui email bahwa musik yang saya pakai pada video memiliki hak cipta dan pemilik hak cipta sudah mengklaimnya sehingga video saya tidak bisa dimoentisasi, namun jangan khawatir video masih tetap tayang dan tidak perlu melakukan apa-apa.

Ada dua judul musik yang diklaim yakni Morning Sun dan The Land of Happiness oleh HAAWK for a 3rd party kurang lebih ada enam video saya yang berisi musik tersebut sehingga monetisasinya menjadi mati dan logo dolarnya menjadi warna hitam yang dicoret garis miring yang artinya tidak bisa menghasilkan lagi.

Awalnya saya pasrah saja ketika video saya tidak bisa dimonetisasi, karena musiknya ada yang klaim. Namun setelah itu saya punya ide bagaimana kalau musiknya dihapus saja, karena ada opsi seperti itu di Youtube ketika musik yang kita pakai ada yang klaim. Namun yang saya takutkan ketika musiknya saya ganti, suara saya pada video itu hilang karena itu video tutorial, kan aneh kalau suaranya hilang.

Nah akhirnya saya melakukan eksperimen, yang pertama adalah saya coba dulu hilangkan musik pada video saya yang kena klaim hak cipta yang viewnya masih sedikit. Eksperimen kali ini saya hanya hapus musiknya tanpa mengganti musiknya. Apa yang terjadi, ternyata yang hilang hanya musik yang kena hak cipta saja, sedangkan suara saya masih tersedia.

Percobaan kedua adalah dengan cara menghapus musik yang kena hak cipta dan mengganti dengan musik gratis tanpa hak cipta dari Youtube. Apa yang terjadi, ternyata musiknya yang kena hak cipta memang hilang, namun ketika saya tambahkan musik dari Youtube ternyata suara saya juga hilang artinya video hanya berisi musik dari Youtube dan suara saya pada video itu juga hilang sehingga tutorialnya tanpa suara.

Jadi dengan dua eksperimen tersebut saya pun putuskan untuk memakai cara yang pertama pada beberapa video saya yang kena hak cipta, jadi saya biarkan video saya tanpa musik asalkan suara saya pada video tutorial itu masih ada. Dengan demikian video saya bisa dimonetisasi lagi dan terbukti lambang dolar kembali berwarna hijau setelah musiknya saya hapus.

Nah itulah cerita saya kali ini tentang video youtube saya yang musiknya yang kena hak cipta dan bagaimana saya memperbaiki video tersebut supaya kembali bisa dimonetisasi, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Backsound Video Youtube Tiba-tiba Ada yang Klaim"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel